18 Hobi yang Bisa Jadi Peluang Bisnis, Pasti Cuan!

18 Hobi yang Bisa Jadi Peluang Bisnis-Setiap orang mempunyai hobi masing-masing. Ada yang suka menyanyi, memasak, menulis, melukis dan sebagainya. Hobi ini pulalah yang membuat hidup seseorang lebih berwarna dan bermakna.

Bisakah hobi menjadi uanng? Jawabannya tentu bisa dong. Siapa sih tidak ingin mendapatkan uang dari hobi yang sangat dia sukai. Jadi, bagaimana cara mengubah hobi menjadi bisnis?

Daftar Hobi yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Hobi apa saja yang bisa menjadi peluang bisnis? Ada banyak sekali tentunya. Berikut merupakan ulasannya untukmu:

1. Merajut

Merajut erat kaitannya dengan fashion. Kalau kamu pandai merajut, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu untuk membuat aneka rajutan. Memasuki area bisnis fashion, tentulah kamu harus mengikuti perkembangan fashion yang terus berubah-ubah.

2. Otomotif

Peluang cuan dari hobi otomotif dari tahun ke tahun, mengalami peningkatan. Kamu bisa memanfaatkan pengetahuanmu seputar otomotif dengan membuka bisnis. Dalam bisnis itu, kamu bisa menjual spare part kendaraan, oli, jasa servis dan sebagainya.

3. Desain Grafis

Kita memasuki era digitalisasi yang mana desain grafis mengambil peranan penting. Kalau kamu bisa mengoperasikan software desain, kamu bisa menjadikannya sebagai bisnis. Kamu bisa menawarkan jasa desain kepada brand yang membutuhkan.

4. Kerajinan Tangan

Hal yang tidak bisa digantikan oleh mesin adalah kreativitas manusia. Salah satu yang dibutuhkan dalam kerajinan tangan, yakni kreativitas tidak terbatas. Kalau kamu hobi membuat kerajinan tangan, kamu bisa menjual buah karyamu lewat marketplace.

5. Memelihara Hewan

Apakah kamu pencinta hewan? Kamu bisa membuka bisnis dari hobimu tersebut. Kamu bisa membuka pet shop, salon hewan atau penitipan hewan. Kamu merasa bahagia dan mendapatkan uang.

6. Menulis

Apakah menulis dapat mendatangkan uang? Tentu saja! Ingat, kita memasuki masa digitalisasi, yang mana butuh tulisan sebagai konten. Banyak sekali aplikasi yang membutuhkan tulisan untuk dijual, salah satunya aplikasi Cabaca.

Dengan menulis di Cabaca, kamu bisa mendapatkan uang setiap bulannya. Kamu pun bisa menulis sesuka hati. Cabaca merupakan aplikasi penyedia novel yang ditulis oleh penulis Indonesia. Seluruh novel premiumnya harus melalui tahap kurasi terlebih dahulu.

7. Musik

Musik merupakan hobi yang menguntungkan. Kamu bisa menjual kaos band resmi atau CD musik original. Apabila kamu bisa menciptakan musik maupun lagu, kamu bisa menjadi freelance sound engineer. Kamu juga bisa menaruh musik ciptaanmu di aplikasi, seperti spotify.

Baca juga: 12 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang dan Cara Daftarnya!

8. Membaca

Membaca apakah bisa mendatangkan uang? Bisa dong. Ada yang namanya peresensi. Kamu bisa menuliskan resensi atau review atas novel yang sudah kamu baca dan mengirimkannya ke media massa atau website yang menerima resensi sebuah buku.

Kalau kamu masih sangat pemula, kamu bisa menuliskan resensi bukumu di media sosial pribadi, blog dan sebagainya. Siapa tahu pembacamu banyak. Lalu kamu dikontak penerbit untuk meresensi buku mereka. Biasanya kamu juga akan dibayar untuk jasa itu.

Kamu juga bisa meresensi novel-novel kece di Cabaca loh.

9. Bercocok Tanam

Hobi yang bisa jadi peluang bisnis selanjutnya adalah bercocok tanam. Kamu bisa menanam buah, sayuran, umbi-umbian atau tanaman hias, lalu menjualnya. Bercocok tanam juga bisa untuk healing, loh.

10.  Fashion

Jika kamu pandai mix and match pakaian, kamu bisa menjadikannya ladang bisnis. Kamu bisa membuka outlet pakaian. Kamu juga bisa menciptakan desain fashion dan menjualnya ke perusahaan pakaian ternama.

11.  Fotografi

Hobi fotografi juga bisa kamu jadikan bisnis. Kamu bisa membuka jasa fotografi, seperti foto produk makanan atau foto model. Lakukan dengan konsisten ya, supaya portofoliomu semakin bertambah.

12.  Memasak

Sebenarnya tidak semua orang pandai dan suka memasak. Namun, kalau kamu punya hobi ini harus dimanfaatkan. Kamu bisa membuka usaha katering, restoran, food frozen, atau food truck.

13.  Nonton

Nonton pun bisa menjadi bisnis asalkan kamu tahu bagaimana cara mengembangkannya. Kamu bisa membuka penyewaan DVD yang menyediakan film-film ori. Ingat, jangan bajakan, ya.

14.  Travelling

Hobi jalan-jalan bisa kamu jadikan bisnis dengan membuka agen travelling. Jenis travel-nya pun bisa bervariasi. Kamu bisa bekerja sama dengan pemilik tempat wisata, rental, outing maupun pendakian gunung.

15.  Olahraga

Di zaman yang masih bangkit dari serangan covid, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menciptakan bisnis baru. Kamu bisa memilih cabang olahraga yang seperti kamu sukai. Kamu bisa membuka persewaan futsal, toko perlengkapan khusus alat-alat olahraga dan sebagainya.

16.  Pencinta Batu

Hobimu mengoleksi batu? Itu bisa menjadi ladang bisnis. Kamu bisa melakukan jual beli atau memberikan tips dalam merawat batu mulia atau akik. Apalagi kalau kamu sudah paham jenis-jenis batu dan asal usulnya, trntu itu bisa menjadi nilai tambah untuk memperlancar usahamu

17.  Kolektor

Menjadi kolektor juga bisa mendapatkan uang. Kamu bisa membeli suatu barang di hari ini dan menjualnya beberapa tahun ke depan. Kolektor banyak sekali jenisnya, seperti kolektor koin lama, fileteli, mobil antik, sepeda / motor antik, buku lama, keris dan benda tua lainnya.

18.  Melukis atau Menggambar

Tidak semua orang bisa melukis atau menggambar. Kamu bisa memanfaatkan hobimu ini untuk mendatangkan uang. Ikuti pameran, jual hasil lukisan, perbanyak jejaring, dan perlahan kamu bsia mendapatkan klein dari sana.

Baca juga: 8 Tips Menulis Ala Ika Natassa, Penulis Wajib Tahu!

Itulah beberapa hobi yang bisa jadi peluang bisnis untukmu. Oh iya, jika kamu memiliki ketertarikan terhadap dunia tulis utamanya menulis novel, kamu bisa menerbitkan karyamu di Cabaca!