6 Fakta Mengenai Film KKN di Desa Penari-Apakah kamu sudah menonton KKN di Desa Penari? Pada tanggal 30 April 2022 kemarin, film horor ini tayang perdana di bioskop. Mungkin banyak yang belum tahu, apa sih ide cerita dari film ini?

Kompas.com

Sinopsis Singkat Film KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari bercerita tentang kejadian mistis yang dialami enam mahasiswa KKN. Mereka adalah Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton dan Wahyu. Sebenarnya, mereka sudah diingatkan oleh Kepala Desa untuk tidak melanggar aturan yang ada, tapi salah satu dari mereka melanggarnya dan terjadilah peristiwa naas yang menimpa mereka.

Film ini diangkat dari kisah nyata loh! Cerita mengenai KKN Desa Penari mulai viral dari sebuah thread di Twitter.

Setelah membaca sinopsis Film KKN Desa Penari, apakah kamu tertarik untuk menontonnya? Film ini mendatangkan banyak sekali spekulasi, salah satunya adalah di mana KKN Desa Penari asli?

Baca Juga: 10 Film yang Diangkat dari Novel dan Laris Manis!

6 Fakta Tentang Film KKN Desa Penari

Walaupun banyak spekulasi yang bermunculan mengenai KKN Desa Penari, berikut adalah beberapa fakta tentang film KKN Desa Penari yang harus kamu ketahui!

1.  Ide Cerita Desa Penari

Ide cerita dari film ini terinspirasi dari thread KKN Desa Penari yang viral di aplikasi Twitter. Penulisnya menyamarkan diri sendiri dengan sebutan SimpleMan. Dia mengunggah ceritanya dalam dua versi, yaitu Widya dan Nur.

Cerita horor tersebut awalnya tidak ingin dikisahkan penulis, tapi karena dia berpikir cerita ini akan memberikan pelajaran, maka dia pun memberanikan diri untuk bercerita.

SimpleMan mengatakan kalau kisah ini adalah cerita nyata yang terjadi bertahun-tahun lalu.

2. Misteri Nama Desa

Desa tempat kejadian perkara membuat semua orang penasaran. Indonesia bagian manakah tepatnya? Pada awal cerita, SimpleMan yang menuliskan inisial B. Dan sampai saat ini, dia tidak kunjung mengungkapkan letak desa tersebut.

Walaupun ketika diundang di Youtube Raditya Dika, penulis akun SimpleMan tersebut mengakui ada  salah satu tebakan netizen yang benar. KIra-kira mana tebakan yang benar?

3. Dibalik Film KKN Desa Penari

Karena kisah dari SimpleMan viral, akhirnya MD Pictures mengangkatnya menjadi film. MD menggandeng Lele Laila dan Gerald Mamahit sebagai penulis skenario, sedangkan sutradaranya adalah Awi Suryadi.

Sekaligus juga dibintangi oleh aktor maupun aktris ternama seperti Tissa Biani, Adinda Thomas, Achmad Megantara, Aghniny Haque, Calvin Jeremy, Fajar Nugraha dan Kiki Narendra.

Baca Juga: 7 Thread Horor di Twitter yang Viral dan Nyeremin

4. Biaya Produksi Miliaran

Manoj Punjabi, selaku produser KKN di Desa Penari mengungkapkan bahwa biaya produksi film ini memakan dana puluhan miliar. Mereka juga mengeluarkan biaya tambahan setelah produksi.

Terlebih lagi, ada banyak sekali tantangan dalam pembuatannya, yaitu set hutan mengalangi lengser. Jika sudah seperti ini, tentu filmnya harus bagus, kan?

5. Mundurnya Jadwal Tayang

Film ini sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2019, tapi karena covid yang melanda, Film KKN di Desa Penari mengalami kemunduran jadwal tayang, yakni di tanggal 19 Maret 2020 dan 24 Februari 2022. Setelah penantian panjang, akhirnya banyak orang yang berbondong-bondong untuk melihat film ini.

6. Tembus 2 Juta Penonton dalam Waktu 6 Hari

Dengan adanya ide cerita yang menarik dan totalitas pemain maupun pembuat film, banyak orang yang penasaran dengan KKN Desa Penari. Hanya dalam waktu 6 hari, KKN Desa Penari tembus 2 juta penonton.

Imbas dari itu adalah sosial media dipenuhi dengan pengalaman setelah menonton film. Termasuk juga konten kreatif yang menirukan tarian dari Badarawuhi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Novel Horor Terseram di Cabaca

Cerita horor memang banyak sekali peminatnya. Begitu pula dengan novel horor Indonesia. Cabaca sendiri menyediakan kolom genre horor khusus pembaca. Sudah ada puluhan judul yang kami punya.

Mulai dari horor dosmetik sampai yang berlatarkan luar negeri. Yuk, install aplikasi Cabaca untuk nenikmati kisah-kisah horor menegangkan. Kamu juga bisa membuka website cabaca disini.

Baca novel Indonesia di Cabaca