Saat ini kegiatan literasi seperti membaca buku menjadi salah satu kegiatan menarik karena sudah banyak komunitas literasi yang mewadahinya. Salah satunya adalah komunitas Buku Berjalan bisa menjadi pilihan tepat jika kamu ingin tergabung dalam komunitas buku yang aktif dan inklusif.

Mengenal Komunitas Buku Berjalan

Forum Buku Berjalan Indonesia atau yang biasa disebut Buku Berjalan (BB) adalah komunitas sekaligus platform yang berfokus menyebarkan semangat dan kecintaan pada membaca buku dan literasi baca tulis. Komunitas ini lahir pada 24 April 2020.

Hingga saat ini komunitas Buku Berjalan masih aktif mengadakan kegiatan baca buku maupun aktivitas literasi lainnya. Melalui platform Instagram dan blog, secara berkala Buku Berjalan berbagi informasi, motivasi dan inspirasi seputar dunia buku dan literasi baca tulis.

Nama Buku Berjalan diambil dari tekad agar manfaat buku yang kita miliki terus "berjalan" lewat beragam kegiatan yang diadakan oleh Buku Berjalan seperti Bicara Buku, Tukar Buku, Ulas Buku dan lain sebagainya.

Baca Juga: 11 Kafe Buku Di Jabodetabek, Jam Buka dan Alamat  Lengkapnya!

Keanggotaan Buku Berjalan

Saat ini, kegiatan Buku Berjalan bersifat daring secara terpusat, namun ke depannya jika kondisi sudah memungkinkan, akan dibuat regional agar lebih fokus mengembangkan budaya membaca dan memaksimalkan manfaat buku milik anggota.

Ada sekitar 51 anggota di Whatsapp Groupa yang tersebar di Jabodetabek, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Jawa Barat, Banten, Jogja, Jawa Timur, dan lain-lain.

Kegiatan dan Program Buku Berjalan

Beberapa kegiatan dan program yang diadakan antara lain:

1. Bicara Buku

Bicara Buku merupakan kegiatan berbagi ulasan atau pesan dari buku yang dibaca oleh anggota melalui platform WhatsApp Group, sepekan sekali.

2. Ulas Buku

Ulas Buku merupakan kegiatan mengulas minimal satu buku yang sudah dibaca dalam sebulan ke sosial media Instagram dengan tagar #ulasbukuberjalan

3. Kelas Buku

Kelas Buku merupakan kegiatan berbagi ilmu seputar dunia baca tulis oleh narasumber mumpuni secara virtual, dilakukan dua bulan sekali.

4. Temu Buku

Temu Buku merupakan kegiatan saling berbagi isi bacaan melalui platform Zoom.

5. Donasi Buku

Donasi Buku merupakan kegiatan berbagi buku-buku hasil decluttering yang masih layak baca untuk didonasikan ke TBM mitra Buku Berjalan.

6. Tukar Buku

Tukar Buku merupakan kampanye saling tukar pinjam, tukar miliki ataupun hibah personal antar sobat buku yang dilaksanakan melalui Instagram @tukarbuku_berjalan dan WhatsApp.

Tagline dan Goal Buku Berjalan

Komunitas Buku Berjalan memiliki main tagline #JalaninBukumu, Buku Berjalan mengajak masyarakat untuk menumbuhkan dan mengkonsistensikan kebiasaan membaca buku serta membuat manfaat buku yang kita miliki terus berjalan dengan:

  1. Mengulas buku bacaan di sosial media
  2. Meminjamkan buku yang dimiliki
  3. Mendonasikan atau menghibahkan buku

Hal yang perlu digarisbawahi adalah bahwasanya Buku Berjalan tidak akan mewajibkan atau menyuruh anggotanya untuk menjadi bookstagrammer. Namun, melalui komunitas ini diharapkan sesama anggota akan saling belajar & saling menyemangati untuk mengkonsistensikan budaya membaca.

Baca Juga: 5 Kegiatan Komunitas Buku Yang Menarik Untuk Kamu Ikuti

Jika kamu juga suka membaca novel, maka Cabaca bisa menjadi platform terbaik untukmu. Mengapa harus Cabaca?

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lolos kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini

Baca novel Indonesia di Cabaca