Cara Menyimpan Rendang agar Tahan 2 Minggu, Anak Kos Harus Tahu!

Cara Menyimpan Rendang agar Tahan 2 Minggu, Anak Kos Harus Tahu!-Pencinta rendang, ayo merapat! Ada tips cara menyimpan rendang agar tahan 2 mingguan buat kamu loh! Rendang merupakan makanan khas Indonesia. Bumbu yang sempurna dibalut dengan daging sapi segar.

Umumnya rendang dimasak dengan porsi besar karena proses memasaknya yang memang tidak mudah serta butuh banyak waktu. Akibatnya, rendang pun tidak habis dalam satu waktu. Supaya bisa awet, kamu perlu mengetahui teknik penyimpanannya.

Cara Menyimpan Rendang agar Tahan 2 Minggu

Berikut merupakan cara penyimpanan rendang agar tahan lama:

1.    Masa Rendang Selama 8 Jam

Cara pertama agar rendangmu bisa tahan lama adalah memaksanya kurang lebih 8 jam. Waktu demikian, akan membuat daging benar-benar matang dan bumbu meresap sempurna. Aduh, siang bolong mikirin rendang jadi laper nih.

2.    Pastikan Rendang Sudah Dingin Baru Simpan di Kulkas

Teman, sebelum memasukan rendang ke kulkas, kamu harus pastikan rendang itu terlebih dahulu. Apakah sudah benar-benar dingin ataukah masih agak panas. Kalau masih panas, lebih baik jangan masukan ya. Soalnya rentan basi. Kamu bisa membuat rendang cepat dingin dengan cara mengipasinya.

3.    Masukan Rendang ke Wadah Kedap Udara atau Plastik

Packaging untuk rendang tidak boleh sembarangan. Pilihlah wadah kedap udara. Atau kalau kamu tidak punya, kamu bisa menggunakan plastik. Rekomendasi plastiknya sih, pakai plastik vakum saja.

Namun, kalau kamu tidak punya, jangan khawatir. Pakai plastik biasa pun tidak masalah. Pokoknya plastik berisi rendang harus tertutup rapat.

4.    Kemas Rendang dalam Porsi Kecil

Hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah jumlah porsi dalam satu wadah. Usahakan tidak menyimpan rendang dalam satu wadah, tapi pisahkan menjadi bagian kecil-kecil.

Kenapa harus mengemasnya dalam porsi kecil? Itu supaya kamu mudah memanaskannya. Selain itu, porsi kecil akan memudahkanmu dalam menata isi kulkas.

Baca juga: 15 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu!

5.    Kreasikan Rendang Menjadi Makanan Lain

Tahuka kamu bahwa rendang bisa dikreasikan menjadi apa saja? Bentar, mari kita berpikir sejenak. Menurut informasi yang beredar, cara supaya rendang tahan lama adalah dengan mengkreasikannya menjadi hidangan lain.

Hal ini juga bermanfaat agar kamu tidak bosan memakannya. Olahan yang bisa kamu pilih adalah oseng daging rendang, pull beef sandwich atau daging suwir kering.

6.    Taruh Rendang di Freezer

Rendang tahan berapa lama di freezer? Jawabannya adalah 2 bulan. Sangat tahan lama untuk kamu makhluk-makhluk Tuhan yang masak rendangnya kebanyakan.

Umumnya kalau kamu taruh di kulkas, rendang hanya tahan selama 2 minggu saja. Namun, jika kamu menaruh di freezer, kamu bisa mempertahankan rendang itu selama 2 bulan. Anak kos pasti bahagia karena bisa sangat berhemat.

7.    Jadikan Rendang Kering

Selain rendang basah, rendang juga bisa dijadikan rendang kering. Rendang kering tahan berapa lama? Tahan lama sekali apabila dibandingkan dengan rendang yang ditaruh di freezer. Rendang kering bisa bertahan selama 3 bulan. Nah ini bertambah hemat lagi.

Baca juga: 10 Tips Makan Hemat dan Murah Untuk Anak Kos

Sekian tips penyimpanan rendang ala Micin. Daripada melamun tidak jelas, kini saatnya kita membaca buku saja di Cabaca. Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lulus kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini