Apakah kamu sering baca novel gratis di Cabaca dan tertarik ingin menjadi penulisnya? Kalau iya, kamu mungkin perlu tahu cara menjadi penulis resmi di Cabaca berikut ini.

1.      Punya Naskah

Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang calon penulis adalah punya naskah atau tulisan. Bagaimana bisa seseorang dikatakan penulis kalau tidak menulis? Mengutip perkataaan salah satu penulis Cabaca, Fitri Gita Cinta, “Kalau kamu kepengen jadi penulis, menulislah! Pembaca enggak bisa baca niatmu.”

Tentunya, kamu harus menyiapkan karyamu terlebih dahulu. Beruntunglah kamu, sebab Cabaca tidak mengharuskan seorang calon penulis menuliskan karyanya sampai ending saat akan mengirimkan karyanya ke Cabaca. Kamu boleh hanya punya enam modal untuk join penulis Cabaca, yaitu:

-          Niat

-          Komitmen

-          Premis

-          Sinopsis

-          Outline

-          Bab 1-3

Mantap kan? Tak punya kesemua modal di atas? Mungkin kamu gak akan kuat, biar Dilan aja.

2.      Punya Akun di Cabaca

Belum punya akun di Cabaca? Ckckck, gimana sih. Katanya mau jadi penulis Cabaca. Gimana bisa kamu sok-sokan mau kirim naskah ke Cabaca kalau sama sekali belum punya akun atau malah belum pernah buka Cabaca.id?

Ada beberapa hal yang membuat hal ini jadi penting untuk kamu yang berniat jadi penulis di Cabaca. Pertama, formulir pendaftaran penulis memang dapat dilihat pada aplikasi maupun website Cabaca. Mau gak mau ya harus buka. Kedua, setelah bikin akun, nantinya akunmu inilah yang akan diubah menjadi akun official Cabaca, lengkap dengan badge dan kelas penulisnya. Ketiga, kamu dapat mempelajari novel-novel apa saja di Cabaca yang disukai pembacanya, bisa dari genre maupun dari tipe tulisannya. Baca aja dulu semua novel yang ada di sana, pahami dulu karakteristik pembacanya. Cara ini niscaya akan menguntungkanmu.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kerang Gratis di Cabaca

3.      Mendaftarkan Karya dan Ikut Seleksi Naskah Reguler

Nah, kalau poin 1 dan 2 sudah ada di tanganmu, segera saja kirim naskahmu. Caranya adalah sebagai berikut.

1)      Buka akun Cabacamu.

2)      Pada bagian Profil, pilih Karya. Nanti akan muncul tampilan seperti ini.

Daftarkan karyamu di Cabaca dan bersiaplah jadi penulis resminya!

3)      Lalu, klik Daftarin Karya.

4)      Nanti kamu akan redirect ke sebuah Google Form. Isi aja semuanya selengkap mungkin (data diri, sinopsis, dan bab 1-3 naskahmu) dan klik Kirim.

5)      Done! Biasanya akan ada email yang memberitahukan bahwa naskahmu telah masuk.

Apa yang perlu kamu lakukan setelah mengirimkan naskah? Tentu saja, berdoa dan menulis naskah baru, hehehe. Karena memang Cabaca saat ini bukanlah platform menulis bebas. Artinya, ada seleksi, kontrak terbit, serta honor/royalti untuk para penulis yang lolos. Sistemnya lebih mirip dengan penerbitan mayor.

Yang jadi pertanyaan lain adalah berapa lama harus menunggu seleksi naskah dari tim redaksi Cabaca? Biasanya butuh waktu sekitar 2-3 bulan, sesuai dengan banyaknya antrean naskah masuk. Oleh karena itu, daripada kamu sibuk menunggu, lebih baik menulis naskah baru lagi bukan?

4.      Ikut Kompetisi, Lomba Menulis, atau Kontes Cerita Cabaca

Selain mengikuti seleksi naskah reguler, kamu juga bisa mengikuti lomba menulis yang diadakan Cabaca atau biasa disebut dengan Kontes Cerita Cabaca. Ada banyak keuntungan kalau mengikuti dan menang challenge dari Cabaca. Biasanya setiap ada kompetisi atau challenge, pemenangnya akan otomatis jadi penulis resmi Cabaca dan akan ditawari kontrak. Tak hanya itu, ada banyak hadiah menggiurkan yang dapat diraih, seperti sertifikat, laptop, gadget, uang tunai, dan masih banyak lagi.

Sejauh ini, sudah cukup banyak Kontes Cerita Cabaca yang diadakan, antara lain:

·         Kontes Cerita Horor (diadakan pada Maret-April 2018)

·         K-Pop Fanfiction Challenge (diadakan pada April-Mei 2018)

·         Kontes Gombal Receh (diadakan pada Agustus-September 2018)

·         Kontes Semerdu Ceritaku (deadline 11 Maret 2019)

Sekarang sudah ada bayangan kan tentang gimana cara menjadi penulis resmi di Cabaca? Segera persiapkan diri dan naskahmu, lalu kirim ke Cabaca. Good luck!

Jangan lupa #BacaAjaDulu novel favoritmu dari berbagai genre di Cabaca.id

Unduh Aplikasi Cabaca supaya baca novel gratis di sini