Cara Menjadi Penulis Novel Online dengan Bayaran Fantastis!

Cara Menjadi Penulis Novel Online Dengan Bayaran Fantastis-Saat ini menjadi penulis novel merupakan salah satu profesi yang banyak diidamkan karena memiliki jam kerja yang fleksibel dan bayaran yang fantastis, apalagi jika menjadi penulis novel online.

Berbeda dengan penulis novel cetak, penulis novel online biasanya lebih fleksibel dan mendapatkan royalti yang lebih tinggi karena biaya produksi penerbit yang lebih rendah. Oleh karena itu, jangan ragu untuk masuk dalam industri ini ya! Berikut  adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui untuk menjadi penulis novel online!

Cara Menjadi Penulis Novel Online Pemula

Cara menjadi penulis novel online pemula ternyata tidak sulit loh! Penulis novel online biasanya juga lebih fleksibel jika dibandingkan dengan penulis novel cetak. Hal ini karena banyak platform online yang tidak mewajibkan pengumpulan seluruh bab di awal kontrak.

Biasanya mereka hanya meminta beberapa persen bab terlebih dahulu. Jika kamu adalah seorang  penulis pemula,berikut adalah beberapa langkah menulis novel online yang perlu kamu ketahui:

1. Pastikan Untuk Membuat Basis Pembaca Terlebih Dahulu

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu pertimbangan penerbit untuk menerima penulis  adalah jumlah follower media sosial atau basis pembaca yang telah penulis punya. Tentunya,  hal ini tidak menjadi pertimbangan utama. Namun, penulis yang memiliki jumlah follower banyak biasanya akan lebih dipertimbangkan oleh penerbit

2. Riset Platform yang Memiliki Niche Market Sama Dengan Pembaca

Setiap platform penerbitan online biasanya memiliki niche market tersendiri. Ada yang memiliki niche market  ke novel  romance, ada yang memiliki  niche market ke novel horor, dsb. Cabaca termasuk salah satu platform penerbitan novel terkurasi yang memiliki seluruh irisan niche market tersebut loh!

3. Selesaikan Naskah Novelmu Terlebih Dahulu

Setiap penerbit  biasanya memiliki jumlah minimal bab yang harus kamu selesaikan sebelum pengajuan kontrak. Bahkan, ada beberapa penerbit  yang mewajibkan naskahmu selesai terlebih dahulu.

4. Bedakan Antara Sinopsis dan Blurb

Setiap  penerbit biasanya akan meminta sinopsismu  untuk menyeleksi isi cerita novel, sedangkan blurb akan ditampilkan di cover novel. Nah, tak jarang banyak penulis yang belum bisa membedakan antara sinopsis dan blurb. Akibatnya, penerbit sudah men-skip novelmu duluan! Jadi pastikan sudah mengirim sinopsis dan blurb dengan benar ya!

5. Pastikan Naskah Memiliki Premis yang Unik

Penerbit sangat menyukai premis yang unik dan berbeda. Hal ini karena premis yang mirip-mirip akan membuat banyak pembaca bosan. Meskipun kamu belum memiliki basis pembaca yang banyak, namun jika premis ceritamu menarik, biasanya penerbit akan tetap mempertimbangkannya.

Baca Juga: 8 Tips Menulis Ala Ika Natassa, Penulis Wajib Tahu!

Tips Menjadi Penulis Novel

Sebenarnya tips menjadi penulis novel tidak terlalu banyak dan teknikal, hanya saja jika berhasil menerapkannya pastilah kamu bisa menghasilkan jenis novel yang berkualitas. Berikut adalah tips menjadi penulis novel yang perlu kamu pahami!

1. Sisihkan Waktu Khusus Untuk Menulis

Menulis adalah hal yang membutuhkan fokus. Oleh karena itu, jika kamu tidak memberikan waktu khusus untuk menulis, tentu akan banyak distraksi yang bisa menghancurkan konsentrasi kamu. Pastikan punya hari tetap dalam menulis dan biarkan hari itu menjadi milik naskah kamu, ya!

2. Tulis Hal yang Kamu Suka

Tulislah hal-hal yang benar-benar bikin kamu tertarik saja menulis itu perjalanan panjang jika kamu tidak suka dengan apa yang kamu tulis pasti kamu akan lelah dalam prosesnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir jika genre tulisan yang kamu suka terkesan aneh atau anti-mainstream. Hal ini karena menulis yang kamu suka akan  membuat tulisan aneh itu menjadi bagus dan unik. Asal, kamu tahu market tulisan kamu ya!

3. Banyak Membaca Buku

Jika mau punya tulisan bagus pastikan juga untuk banyak membaca agar tulisanmu kaya akan imajinasi wawasan dan tidak mainstream. Tentu membaca banyak buku akan membantumu untuk berpikir kritis dan out of the box. Dalam buku-buku itu, ada banyak sekali referensi yang bisa kamu ulik atau sekadar memberikan referensi ide padamu.

4. Definisikan Dirimu Sebelum Menulis

What you right become Who You Are jadi pastikan kamu menulis hal yang bagaimana kamu ingin dikenal. Segala  karya akan merepresentasikan pembuatnya. Oleh karena  itu, pastikan kamu mendefinisikan dirimu dengan jelas sebelum menulis yah!

5. Riset Mendalam

Siapa sangka jika riset Novel Harry Potter membutuhkan waktu selama 5 tahun. Menurut jika J. K. Rowling, salah satu penulis terbaik dunia bahwa baik naskah non fiksi maupun fiksi tetap membutuhkan riset mendalam agar tulisan bisa dipertanggungjawabkan.

Pastikan untuk riset dengan matang agar tulisan kamu bisa masuk dan diterima, setidaknya tulisan kamu tidak dianggap mencemari karena riset yang buruk.

6. Hati-hati Menulis Hal yang Kamu Tidak Pahami

Setiap tulisan harus bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai kamu menulis hal yang salah atau merugikan banyak pihak. Oleh karena itu pasti kan kamu benar-benar menulis apa yang memang kamu pahami.

Bukan berarti kamu tidak boleh menulis  hal  yang tidak kamu pahami, ya! Hanya saja menulis  hal yang belum kamu pahami sebelumnya membutuhkan riset yang lebih lama dibandingkan menuliskan hal  yang kamu emmang telah pahami sebelumnya, bukan?

7. Jangan Gunakan Nama Tokoh yang Aneh-Aneh

Pemilihan nama tokoh juga merupakan hal penting. Usahakan menggunakan nama tokoh yang sudah familiar di tengah pembaca, ya. Mengapa begitu? Biar pembaca mudah mengingat tokoh kamu.

Tak hanya itu, menggunakan nama yang familiar juga memudahkan pembaca untuk membuat visualisasi cerita. Dengan begitu pembaca lebih mudah untuk believe dengan cerita yang kamu buat. Kalau menggunakan nama yang nggak familiar, tentu sulit untuk para pembaca memvisualisasikan cerita kamu, bukan?

8. Jangan Takut Menulis Jelek

Tidak ada orang yang mengawali suatu karya langsung bisa sempurna. Tentu semua prosesnya bertahap, bukan? Jangan karena takut tulisanmu jelek atau tidak dibaca orang, lantas kamu malah tidak mau mulai menulis.

Justru saat mulai menulis dan mendapat feedback dari banyak orang, kamu dengan mudah akan mengembangkan dan memperbaiki kualitas cerita kamu.

9. Jangan Terlalu To The Point

Dalam membuat cerita, upayakan untuk tidak terlalu to the point. Maksudnya, kamu tidak perlu menjelaskan maksud narasi secara  gamblang. Cukup berikan deskripsi yang jelas dan menarik,  lalu pembaca dengan mudah akan menyampaikannya.

Cara seperti ini akan lebih mudah menarik pembaca dibanding kamu harus menjelaskan maksud narasi secara langsung.

Platform Menulis Online Bergaji Fantastis

Salah satu platform menulis online dengan bayaran fantastis adalah Cabaca. Berbeda dengan platform kepenulisan lain, Cabaca memberikan bayaran yang tinggi meskipun kamu adalah seorang penulis pemula.

Di Cabaca, 3 bab pertamamu juga akan dibeli putus bahkan jika kamu adalah seorang penulis yang baru pertama kali menerbitkan novel. Kamu juga bisa memperoleh penghasilan hingga jutaan rupiah setiap bulannya dengan menjadi penulis di Cabaca.

Gaji Penulis Novel / Bayaran Penulis Novel Pemula

Setiap penerbit biasanya memiliki rate card khusus untuk setiap penulis. Penulis yang sudah memiliki nama dan pembaca yang banyak biasanya akan dibayar dengan jumlah yang lebih tinggi dibanding penulis pemula.

Cabaca merupakan salah satu platform baca tulis novel digital dengan gaji penulis tertinggi di Indonesia. Setiap penulis berkesempatan mendapatkan royalti hingga 60% dari penjualan bab!

Baca Juga: 7 Pertanyaan yang Bisa Membantumu Bikin Plot yang Lebih Baik

Penghasilan Penulis Novel

Jangan meremehkan penghasilan penulis novel. Ternyata penulis novel memiliki penghasilan yang banyak loh! Kamu bisa mendapatkan jutaan rupiah tiap bulannya. Di Cabaca, bab 1-3 kamu saja bisa dibeli putus hingga yang tertinggi 1 juta rupiah! Harga tersebut belum ditambah dengan pembelian bab-bab selanjutnya oleh pembaca.

Per bab bisa dihargai maksimal hingga Rp5000 untuk setiap kali dibeli pembacamu. Wow, tinggal kalikan saja tuh! Bahkan dengan menulis di Cabaca kamu bisa mendapat gaji berkali lipat lebih tinggi dari UMR!

Tak hanya dari royalti, penulis juga bisa banyak mendapatkan penghasilan dari menjadi pembicara atau saat diajak kerja sama dengan penerbit. Seperti yang sudah diketahui, bahwasanya jaringan atau komunitas penulis sangat kuat. Biasanya saat mengadakan suatu event, mereka  akan mengundang satu sama lain dengan rate card tertentu.

Bayaran Penulis Novel Pemula

Bayaran penulis novel pemula di Cabaca masih terhitung tinggi. Di Cabaca sendiri perhitungannya adalah dari persentase royalti dari bab yang terjual. Ada beberapa tingkatan persentase royalti penulis dengan nama-nama unik, sebagaimana berikut:

  1. Bintang Laut (30%)
  2. Udang (35%)
  3. Penyu (40%)
  4. Kepiting (45%)
  5. Kuda Laut (50%)
  6. Paus (55%)
  7. Gurita (60%)

Saat ini industri kepenulisan semakin berkembang. Menjadi penulis termasuk salah satu profesi dengan bayaran fantastis, dengan waktu dan tempat bekerja yang sangat fleksibel. Bahkan, kamu juga bisa menjadikan profesi penulis sebagai side job loh! Yakin tidak mau mencoba untuk menulis?