Sudah download aplikasi Cabaca? Kalau sudah, apakah sudah dapat kerang? Sudah tahu cara mendapatkan kerang gratis? Ehm, tunggu sebentar. Sudah tahu, apakah itu kerang? Apa fungsi kerang pada aplikasi baca novel Indonesia yang satu ini?

Kerang adalah semacam koin/poin dalam aplikasi Cabaca. Fungsinya untuk menjadi alat tukar saat akan membaca bab demi bab dari novel yang ingin dibaca. Jumlah kerang yang dibutuhkan untuk baca satu babnya berbeda-beda. Tergantung promosi juga kadang-kadang. Biasanya sih dibutuhkan 20 kerang. Dengan kerang, kita bisa baca novel yang mana saja sepuasnya. Nah, ada beberapa cara mendapatkan kerang gratis di Cabaca.

1.      Buat Akun

Saat membuat akun di Cabaca, baik dengan email maupun dengan akun Facebook, kita otomatis akan diberi modal kerang. Jumlahnya (sampai saat post ini di-publish) adalah 100 kerang. Jumlah ini dapat berubah-ubah sewaktu-waktu, tapi cukup kok buat baca sekitar 5 bab dari buku yang kita sukai. Kalau sedang ada promosi, kita malah bisa baca buku di Cabaca sampai tamat.

2.      Ajak Teman dan Bagi Kode

Cara kedua untuk mendapatkan kerang gratis adalah dengan mengajak teman dan membagikan kode. Dengan cara ini, kita diharuskan membuat kode unik dan membagikannya kepada (calon) pengguna lain agar mendapatkan kerang gratis. Bagaimana caranya?

Pertama, buka dulu tab Profil, kemudian klik pilihan Ajak Teman. Setiap pengguna bisa memasukkan kode unik dari teman untuk mendapatkan 50 kerang gratis. Input kode unik dari teman ini hanya bisa digunakan 1 kali. Artinya, pengguna hanya bisa memasukkan kode unik dari teman sebanyak 1 kali dan setelah itu, kotak input kode dari teman tidak akan muncul lagi.

Selanjutnya, setiap pengguna bisa mendapatkan bonus 50 kerang dengan membuat kode unik sendiri. Kode unik merupakan kode yang hanya dimiliki seorang pengguna. Biasanya berupa kombinasi huruf dan angka. Pengguna bisa mengedit atau membuat kode uniknya sendiri sebanyak 1 kali. Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu dan buatlah kode unik yang menunjukkan kekhasan masing-masing, misal dari username atau paduan nama dan angka.

Setelah membuat kode unik, setiap pengguna bisa membagikannya kepada teman-teman di media sosial, terutama yang belum punya akun di Cabaca. Dengan cara ini, pengguna yang membuat kode unik dan membagikannya, serta pengguna yang memakai atau memasukkan kode tersebut, masing-masing mendapatkan bonus 50 kerang.

3.      Komentar pada Tiap Bab

Cara ini merupakan cara paling mudah untuk baca novel gratis di Cabaca. Selain pembaca jadi senang, penulis bukunya pun turut senang. Komentar yang ditinggalkan dapat menjadi masukan tersendiri untuk penulis. Win-win solution kan? Di Cabaca, setiap kali meninggalkan komentar pada bab yang sudah dibaca, kitaakan langsung mendapatkan bonus kerang. Caranya, klik kolom komentar yang terdapat pada akhir bab. Tuliskan komentar, lalu kirim. Secara otomatis kamu akan mendapat 3 kerang.

Kerang gratis ini akan diberikan setiap kali kamu meninggalkan komentar pada bab yang berbeda. Dengan cara ini, kita berkesempatan menerima kerang gratis maksimal 15 kerang setiap harinya. Atau dengan kata lain, setiap pengguna bisa mendapatkan kerang gratis dengan meninggalkan komentar pada 5 bab berbeda per harinya. Jika meninggalkan komentar lebih dari 5 kali, pengguna tetap dapat meninggalkan komentar, tetapi tidak berhak menerima kerang gratis. Pemberian kerang gratis setelah berkomentar pada 5 bab berbeda akan dilanjutkan keesokan harinya.

4.      Rating Buku

Kalau kita sudah selesai membaca sebuah buku di Cabaca, kita biasanya akan menuliskan review dan memberi rating. Setiap pengguna yang memberi rating pada judul buku yang sudah dibaca akan langsung mendapatkan 20 kerang. Langkahnya adalah klik kolom Rating Yuk yang terdapat pada akhir setiap bab. Klik dan berikan bintang sesuai dengan pendapat kamu. Semakin banyak bintang yang kamu berikan, semakin menunjukkan bahwa kamu menyukai buku tersebut. Jangan lupa, kamu juga harus menuliskan review singkat mengenai buku itu. Kalau sudah, klik Kirim, maka secara otomatis kamu akan mendapat 20 kerang.

Akan tetapi, pemberian kerang gratis ini hanya berlaku satu kali, pada saat pertama kali memberi rating saja. Kerang gratis tidak akan diberikan pada saat kita mengubah ataupun mengedit rating (jumlah bintangnya atau pun mengubah review-nya). Dengan cara ini, setiap pengguna dapat menerima 20 kerang gratis yang dapat digunakan untuk membaca bab pada buku yang sama atau buku yang berbeda.

5.      Cara Lain Mendapatkan Kerang Gratis

Selain keempat cara di atas, ada banyak cara untuk bisa baca novel secara gratis di Cabaca. Sudah banyak fasilitas dan fitur yang ditawarkan. Kalau diperhatikan, pada Profil ada yang namanya Level Baca. Level Baca merupakan penanda atau badge yang menunjukkan bahwa kamu sudah banyak membaca novel di Cabaca. Perhitungannya adalah per bab. Jika ingin mencapai suatu level, maka kita harus membaca bab dalam jumlah tertentu.

Selain itu, ada banyak bonus kerang juga yang diberikan Cabaca. Misalnya, pada Kerang Kaget. Kadang, setiap meng-klik satu judul novel, kita akan melihat pop up. Ini artinya, pada buku tersebut ada sejumlah kerang tersembunyi yang dapat digunakan untuk membaca bab dalam buku tersebut atau bahkan buku lain. Akan tetapi, bonus ini tidak teratur. Hari ini bisa muncul di buku A, besok bisa muncul di buku B, dan seterusnya.

Sama-sama tidak teratur, Cabaca juga menawarkan Peti Harta Karun. Setiap ada momen spesial, entah ada perayaan hari besar, hari penting, bahkan hari ulang tahunmu, Peti Harta Karun ini biasanya menyimpan sejumlah kerang. Biasanya nominalnya cukup besar lho! Untuk mendapatkan baik Kerang Kaget maupun Peti Harta Karun, kita harus rajin-rajin buka Cabaca baik via website maupun aplikasi.

Rajin buka Peti Harta Karun ya!

Sebenarnya selain bersabar dan melakukan aktivitas untuk mendapatkan kerang gratis, kita juga bisa lho langsung beli kerang alias top up. Metode yang satu ini kayaknya bakalan cocok untuk yang emang silent reader dan males komentar, maunya baca doang hehehe. Untuk yang satu ini, akan dibahas dalam tulisan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Top Up Kerang di Cabaca

Ternyata ada banyak sekali cara kan, untuk baca novel gratis di Cabaca? Aktif dan rajin membuka Cabaca adalah kuncinya. Makanya, yuk unduh aplikasi Cabaca di Play Store.

Buka Cabaca.id untuk baca novel favoritmu dari berbagai genre!

Lebih mudah baca dengan Download Aplikasi Cabaca di sini

Aplikasi Cabaca tersedia di Play Store.