Cara Menambahkan Musik di Story IG

Cara Menambahkan Musik di Story IG – Siapa di sini yang suka musik? Tahukah kamu kalau Hari Musik Nasional ditetapkan pada tanggal 9 Maret? Tanggal tersebut sengaja dipilih karena merupakan kelahiran Pak Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu kebangsaan Republik Indonesia "Indonesia Raya".

Musik merupakan hal yang sangat disukai banyak orang. Dan sebagai aplikasi media sosial yang hits dan memiliki jutaan pengguna, Instagram (IG) pun membuat fitur baru, yakni bisa menambahkan musik ke story IG. Fitur Instagram Music sudah ada sejak Juni tahun lalu, tapi masih ada saja yang kudet dan belum tahu caranya menyisipkan potongan lagu ke story IG.

Baca Juga : Tiga Fitur Instagram Dirilis Diakhir 2021

Cara Menambahkan Musik di Story IG

Berikut adalah cara menambahkan musik di story IG. Langkah di bawah juga merupakan cara buat story IG ada lirik lagu.

  1. Seperti biasa, bukalah aplikasi Instagram. Tekan 'Your Story' untuk membuat stories foto atau video.
  2. Setelah mengambil foto atau video, masuk ke tab "Stiker". Carilah ikon stiker "Music".
  3. Pilih lagu yang nantinya akan kamu gunakan dalam story. Kamu bisa melakukan pencarian juga di kolom yang sudah disediakan.
  4. Atur durasi lagu sesuai foto atau video kamu. Perlu diingat untuk menambahkan musik ke story IG, durasinya hanya 15 detik saja.
  5. Kamu juga bisa mengatur tampilan liriknya sesuai selera.
  6. Apabila tidak ada perubahan lagi, kamu cukup tekan "Post". Foto atau video kamu pun kini punya musik.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penerjemah yang Harus Dicoba Selain Google Translate

Cara Menambahkan Musik di Story IG Tanpa Lirik

Lirik lagu kadang menutupi foto atau videomu sehingga terkesan tidak artistik. Namun, kamu tidak perlu khawatir, hal demikian bisa diakali. Inilah cara menambahkan musik di story IG tanpa lirik:.

  1. Lakukan cara satu sampai lima seperti di atas. Kalau sudah selesai, jangan terburu-buru menekan.
  2. Tekan lirik lagu dengan mencubitnya. Kecilkan semampumu.
  3. Geser tulisan tersebut ke sisi kiri atas atau kanan atas atau kiri bawah atau kanan bawah ponselmu. Usahakan tulisanmu tidak tampak dari layar utama.
  4. Langkah terakhir, yakni cukup menekan "Post".

Bagaimana? Story IG kamu sudah tidak ada liriknya lagi, kan? Kini konten storiesmu terlihat semua.

Musik di story IG kebanyakan memang sudah disediakan oleh aplikasi bersangkutan, tapi bagaimana kalau kamu ingin menambahkan lagu yang tidak ada di sana?

Cara menambahkan lagu yang tidak ada di Instagram music tidak bisa secara langsung di aplikasi IG, melainkan kamu bisa menggunakan aplikasi edit video lain, seperti CapCut, VN Editor, Inshot, VivaVideoEditor, KineMaster, dan sebagainya.

Kamu bisa mengedit video kamu dengan aplikasi tersebut. Setelah selesai mengedit, tekan tombol berbagi ke stories IG. Kalaupun tidak ada, kamu bisa menyimpan video editanmu untuk kemudian kamu taruh ke stories IG tanpa perlu ditambah efek lain.

Meskipun demikian, cara ini terbilang memakan banyak waktu karena kamu harus mengeditnya terlebih dahulu. Namun, demi mendapatkan konten sesuai keinginan kamu pasti mau bersabar, kan?

Baca Juga: 10 Booktube Indonesia yang Menarik untuk Di-subscribe

Selain IG, sebagai aplikasi baca novel online Indonesia, Cabaca juga senantiasa melakukan pengembangan di aplikasinya. Kira-kira fitur apalagi ya, yang perlu ditambahkan ke aplikasi Cabaca? Baca novel gratis? Download aplikasi Cabaca di Play Store sekarang. [Lisma]