Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Cepat-Zaman sudah canggih. Segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan praktis. Salah satu hal yang mulai berubah itu adalah formulir atau yang biasa dikenal dengan form.

Cara Membuat Google Form dengan Mudah dan Cepat

Berikut adalah penjelasan mengenai google form termasuk cara membuat google form dengan mudah dan cepat!

Apa Itu Google Form?

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu google form, kan? Sebagaimana penjelasan pada paragraf sebelumnya, form merupakan formulir, sedangkan Google adalah layanan yang menyediakan pembuatan formulir secara digital.

Dengan memakai google form, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak waktu. Google form nantinya juga bisa disebarkan lewat sosial media untuk kemudian responden akan mengisinya. Sisi positifnya lagi, google form tidak memerlukan biaya untuk pembuatannya, alias gratis.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penerjemah yang Harus Dicoba Selain Google Translate

Langkah-Langkah Membuat Google Form

Berikut ini adalah langkah membuat google form yang kamu perlu tahu:

1.  Buka Google Drive. Lalu klik "New" atau "Baru" di sebelah kanan atas.

2.  Lalu akan ada layanan pilihan Google. Pilih Google Form atau Google Formulir.

3.   Kamu akan diarahkan ke lembar kerja baru. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan judul dan deskripsi formulir.

4.   Lalu tambahkan juga pertanyaan yang ingin kamu ajukan kepada responden. Kamu juga bisa mengaktifkan tombol Wajib Diisi supaya responden tidak melewatkan pertanyaan tersebut.

5.   Setelah menuliskan pertanyaan, kamu bisa memilih opsi jawaban untuk pertanyaan tersebut. Macam-macam fitur google form untuk opsi jawaban ini terdiri dari banyak jenis, seperti: pilihan ganda (multiple choices), kotak centang (checkboxes), skala linear (linear scale) dan sebagainya.

6.   Periksa seluruh pertanyaan dan opsi jawaban sekali lagi. Apabila sudah dirasa benar, kamu bisa menekan tombol Send yang berada di bagian kanan atas.

7.   Tada, sebuah google form pun sudah selesai kamu buat. Sekarang kamu bisa membagikan tautan tersebut kepada responden atau menyebarkannya via sosial media.

Cara Membuat Google Form untuk Ujian

Google Form juga bisa digunakan untuk ujian, loh. Caranya pun sangat mudah. Kalian hanya perlu membuat formulir seperti cara di atas. Lalu cara terakhir adalah dengan mengklik tombol Setting.

Selanjutnya silahkan cari tombol Quizzes --> Make this a Quiz. Kemudian klik Save.

Cara Mengedit Google Form

Lalu bagaimana jika Google Form-nya sudah terlanjur dibagikan lalu ada bagian yang mau direvisi. Kamu tidak perlu khawatir loh! Kabar baiknya, Google Form bisa diedit kapan saja, kok. Adapun caranya adalah sebagaimana berikut:

  1. Masuk ke akun tempat Google Form dibuat.
  2. Klik bagian pojok kanan bawah yang ada di Google Form. Tombol ini hanya muncul kalau kamu admin yang membuat formulir, ya.
  3. Selanjutnya kamu bisa langsung edit saja apa yang ingin diedit.
  4. Habis itu tekan selesai atau Send.

Dalam menu edit ini, kamu tidak hanya bisa mengedit pertanyaan. Namun, kamu juga menambahkan gambar, video, menambahkan lampiran dokumen ataupun mengubah tampilan Google Form favoritmu.

Baca Juga: 15 Novel tentang Kehidupan Kampus yang Perlu Dibaca Sebelum Ospek

Memilih Lokasi Penyimpanan Tanggapan Google Form

Tanggapan respoden adalah yang kita inginkan. Untuk mengumpulkan tanggapan, kamu bisa menggunakan Google Spreadsheet. Caranya adalah lihat di bagian kiri atas. Cari bagian "Tanggapan", klik "Ringkasan". Lalu cari "Lainnya".

Ada dua cara menyimpan tanggapan, yaitu buat spreadsheet baru atau memilih spreadsheet yang ada. Apa pun itu, keduanya sama baiknya.

Itulah beberapa cara untuk membuat google form yang perlu kamu tahu. Tentunya membuaat google form yang banyak terkadang bisa membuatmu pusing, bukan?Namun kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menghibur diri  sambil membaca novel-novel dari Cabaca.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lolos kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini. [Lisma]

Install aplikasi Cabaca untuk baca novel gratis

Kamu bisa membaca novel-novel tentang kampus dan mahasiswa ini loh!