Cara Membatalkan Tiket Kereta untuk yang Batal Mudik Karena Corona - Wabah Corona mengguncang dunia, termasuk Indonesia. Karena wabah ini, sektor perekonomian melemah dan kita diwajibkan untuk menjaga jarak aman. Bahkan per pertengahan April bulan lalu, Presiden sudah menetapkan keputusan untuk melarang mudik, dengan tujuan mengurangi penyebaran Covid-19.

Menanggapi hal itu, pihak kereta api yang diwakili oleh Kepala Humas PT. KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan, calon penumpang bisa melakukan pembatalan tiket yang akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan melalui online KAI Access.

Cara membatalkan tiket kereta ini bisa terbilang cukup mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi KAI Access yang bisa diunduh dari gawai masing-masing. Bagi yang masih kesulitan dalam mengakses, berikut tutorial yang bisa dijadikan acuan.

Sumber: virustraveling.com

1. Download aplikasi KAI Access di Google Play atau App Store.

Sumber: brilio.net

Untuk memastikan keberhasilan mengunduh, kamu perlu mengecek memori internal maupun eksternal di gawai. Pastikan memorinya cukup. Lalu tak kalah pentingnya adalah sinyal. Jaringan yang baik dapat mempermudah proses pengunduhan.

2. Buat akun.

Cara ini khusus untuk yang sama sekali belum memakai KAI Access. Kamu harus mendaftar terlebih dahulu supaya dapat melaju ke proses selanjutnya. Isi dan ikuti petunjuk yang sudah tersedia di sana.

3. Masuk ke menu My Trips.

Sumber: keretaapikita.com

Setelah berhasil membuat akun atau yang sudah punya akun, sekarang kliklah menu My Trips. Pada menu ini, pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan.

Tiket yang kamu beli melalui channel eksternal, seperti Traveloka, Tokopedia, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, dan lainnya juga bisa dibatalkan melalui KAI Access, tentumya dengan memasukkan kode booking terlebih dahulu.

4. Masuk menu E-Ticket.

Pada menu E-Ticket, klik pembatalan. Tombol ini bisa dipilih jika kode booking berstatus LUNAS/PAID dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

5. Pilih nama penumpang.

Sumber: keretaapikita.com

Setelahnya pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket kereta api. Baca halaman syarat dan ketentuan, dan centang untuk setuju.

Isi juga akun bank dengan benar untuk refund tiket kereta api dan masuklah ke proses selanjutnya. Harap diingat, nama pemilik akun bank yang diisikan haruslah sama dengan nama salah satu penumpang. Ini adalah salah satu cara cancel tiket kereta api yang wajib diketahui banyak calon penumpang.

6. Konfirmasi pembatalan tiket.

Sumber: keretaapikita.com

Jika seluruh data yang diminta sudah diisi dengan benar, klik tombol konfirmasi. Kemudian, pembatalan tiket KA-mu akan diproses.

7. Tunggu pengembalian dana.

Sekarang tinggal satu hal yang harus kamu lakukan, yakni menunggu proses pengembalian dana. Tunggulah dengan syabar karena pengembalian dana tiket ini membutuhkan waktu sekitar 30 hari. Tidak lama, kok. Setidaknya ada kepastian, daripada hubunganmu ma doi yang selalu digantung terus~

Baca Juga: 7 Hal untuk Dilakukan Jika Tidak Mudik Lebaran

Cukup mudah, kan?

Nah, sudah membaca step by step dari 1 sampai 7, tapi tetap tidak mengerti? Atau jadi gini, kapasitas gawai tidak mencukupi sehingga untuk mengunduh aplikasinya saja tidak bisa? Tenang saja, kamu bisa melakukan refund tiket kereta di stasiun yang ditunjuk. Cek website kereta api untuk melihat stasiun apa saja itu.

Di zaman yang sudah kian maju gini, kita harus membiasakan diri dengan teknologi. Salah satunya KAI Access ini, selain karena prosedurnya mudah untuk diikuti, kita juga tidak perlu mengantre. Ingat, kita sedang berperang dengan Covid-19. Menjaga jarak adalah salah satu upaya untuk memutus rantainya.

Jadi, biasakanlah ya, gaes. Buka pikiranmu selebar-lebarnya untuk menerima hal baru ini. Salah satu kemudahan pun, juga diberikan Cabaca, khusus untuk kalian. Pakai aplikasi Cabaca yang ada di Play Store untuk baca novel dengan beragam genre, mulai dari cerita romance hingga cerita yang menegangkan. [Lisma]

Download novel Indonesia GRATIS hanya di Cabaca!