Cara Melaporkan Karya, Komentar, dan Pengguna di Cabaca – Jika kamu menemukan komentar, karya, ataupun pengguna di aplikasi Cabaca yang terindikasi telah melakukan pelanggaran, kini kamu dapat melaporkannya kepada Cabaca.

Cabaca adalah aplikasi baca novel online Indonesia. Sebentar lagi, tidak hanya membaca, kamu pun dapat menulis langsung dan mengajukan monetisasi melalui aplikasi anak bangsa yang satu ini. Oleh karena itu, demi mewujudkan ekosistem dan komunitas yang tertib, Cabaca telah membuat Syarat dan Ketentuan Karya serta Kebijakan Komunitas Cabaca.

A. Cara Melaporkan Karya di Cabaca

Karya adalah konten yang diunggah langsung oleh pengguna Cabaca. Meski begitu, jika kamu menemukan Karya yang mengandung pelanggaran, di antaranya mengandung spam atau iklan, pelanggaran hak cipta, atau lain-lain, kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Saat menemukan novel yang menurut pandanganmu terkandung pelanggaran, pilihlah icon Laporkan di pojok kanan atas.

Setelah itu, akan muncul pop up seperti di bawah ini. Kamu bisa memilih jenis pelanggaran yang terdapat dalam Karya tersebut.

Pilih icon (!) di pojok kanan atas Karya.

2. Pilih Lain-lain jika kamu ingin menjabarkan lebih detail pelanggaran yang kamu temukan.

Tuliskan penjelasan singkat mengenai pelanggaran yang terdapat dalam Karya tersebut dan klik Kirim.

Tulis laporan secara manual.

B. Cara Melaporkan Komentar di Cabaca

Ketika membaca sebuah buku atau Karya, pengguna juga turut memberi komentar, baik itu untuk mengapresiasi cerita yang dibacanya maupun hanya menjalankan Misi Kerang untuk mendapatkan Kerang Bonus (gratis). Namun, jika kamu menemukan komentar yang mengandung pelanggaran, dalam sebuah buku atau Karya, kini kamu dapat melaporkannya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Saat membaca novel, kadang kamu akan menemukan komentar yang kurang pantas. Jika menemukannya, kamu dapat pilih tanda titik tiga yang terdapat pada setiap komentar.

Akan muncul pilihan, apakah kamu ingin melaporkan komentarnya atau langsung blokir penggunanya.

Pilih tanda titik tiga di komentar.

2. Setelah pilih Laporkan, akan muncul pop up seperti ini.

Pilih alasan mengapa kamu melaporkan komentar tersebut. Pilih Lain-lain, jika kamu ingin menjabarkan pelanggaran yang terdapat dalam komentar tersebut. Klik Kirim, dan selesai!

Pilih alasan pelaporan komentar.

C. Cara Melaporkan Pengguna di Cabaca

Jika saat membaca buku di Cabaca, kamu menemukan pengguna yang mungkin berkata tidak pantas, baik di Karyamu sendiri maupun di Karya orang lain, kamu juga dapat melaporkannya.

Jika ingin melaporkan pengguna, silakan ikuti langkah di bawah ini.

1. Klik nama pengguna yang kamu ingin laporkan, lalu kamu akan masuk ke profilnya.

Pada pojok kanan atas, pilih tanda titik tiga. Ada pilihan Laporkan atau Blokir seperti berikut ini.

Klik tanda titik tiga pada profil pengguna.

2. Pilih Laporkan, jika terdapat pelanggaran serius yang telah dilakukan pengguna lain.  

Akan muncul pop up di bawah ini. Pilih alasannya, sesuai dengan jenis pelanggaran yang kamu temukan pada pengguna tersebut. Pilih Lain-lain jika kamu ingin menjabarkan lebih detail. Lalu, klik Kirim. Laporanmu pun berhasil terkirim.

Pilih alasannya

Sekarang sudah tahu kan cara melaporkan karya, komentar, maupun pengguna yang tidak mematuhi Kebijakan Komunitas Cabaca. Yuk, ciptakan iklim menulis dan membaca yang baik supaya baca novel gratis pun jadi lebih nyaman. Unduh aplikasi Cabaca di Play Store untuk mendapatkan banyak keuntungan lainnya. [Asya]

Klik untuk cari tahu info lainnya: