Cara Dapat Obat Gratis Khusus Pasien Isoman Covid-19 – Kita sedang menghadapi gelombang kedua dari ganasnya Covid-19. Banyak rumah sakit yang juga penuh. Untuk kamu yang sedang positif Covid-19 atau tidak sengaja berhubungan dengan orang yang positif Covid-19 atau memiliki gejala sakit (demam, batuk, pilek dan nyeri tenggorokan), lebih baik mulai isoman.

Isoman adalah singkatan dari isolasi mandiri. Artinya, kamu hanya berdiam diri di rumah sembari mengobati sakitmu. Isoman ini hanya dianjurkan untuk OTG (Orang Tanpa Gejala) atau pasien bergejala ringan. Namun, kalau kamu mengalami gejala berat, seperti sesak napas, lebih baik ke rumah sakit terdekat.

Tujuan dari isoman adalah agar tidak menularkan kepada orang lain. Kamu tidak perlu malu, karena ini bukan aib. Dengan isoman kamu sudah peduli dengan keluarga, orang yang kamu sayangi dan semua orang di sekitarmu. Kamu telah menyelamatkan banyak orang.

Untuk yang isoman, pemerintah memberikan obat gratis Covid selama tujuh hari. Pemerintah menyediakan tiga jenis paket obat, sesuai kondisi yang diderita pasien.

Obat yang diberikan terdiri dari multivitamin seperti C, D, E dan Zinc, obat azitromisin 500mg, obat oseltamiver 75 mg, dan parasetamol tab 500 mg.

Cara dapat obat Covid gratis sangat mudah. Yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Tes PCR/Swab Antigen

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan tes di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementriaan Kesehatan. Di Indonesia sendiri ada 742 lab. Cari lokasi paling dekat dari tempat tinggalmu.

2. Menerima Pesan dari Kemenkes RI

Kalau kamu terbukti Covid-19, kamu akan mendapatkan pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau secara otomatis).

3. Cek NIK

Apabila masih ragu, kamu bisa mengunjungi website Isoman Kemenkes masukan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Jika namamu tertera di sana, artinya kamu sudah bisa menerima layanan obat gratis.

4. Konsultasi Daring

Setelah itu, kamu bisa melakukan konsultasi daring dengan dokter di platform layanan telemedisin. Pilih menu konsultasi dan masukan kode voucher "isoman" di aplikasi itu untuk mendapatkan layanan secara gratis.

Photo by Li Lin / Unsplash

5. Terangkan Dirimu Sebagai Pasien Program Kementerian Kesehatan

Katakan kepada dokter kalau kamu adalah pasien isoman program Kementerian Kesehatan. Jangan lupa tuliskan keluhan dan gejala yang sedang kamu rasakan.

Baca Juga: 8 Peluang Bisnis Saat Wabah Corona

6. Resep Digital

Dokter selanjutnya akan memberikan resep sesuai gejala yang kamu rasakan. Dari resep inilah, kamu akan mendapatkan salah satu dari tiga jenis paket obat.

7. Tebus Obat

Tebus obat ini gratis. Untuk mendapatkannya, dokter terlebih dahulu memastikan apakah kamu termasuk pasien yang harus melakukan isoman atau tidak. Apabila iya, kamu bisa mendapatkannya secara cuma-cuma.

8. Isi Formulir

Langkah terakhir, kamu bisa mengisi formulir pemesanan obat pada menu Tebus Resep yang ada di situs Isoman Kemenkes. Caranya yakni dengan menggunggah resep digital berformat .jpg yang dikeluarkan platform tersebut, lalu menggugah KTP dan alamat pengiriman.

9. Obat Dikirim ke Rumah

Sekarang kamu tinggal menunggu obat itu sampai di rumahmu.

Baca juga: Cara Daftar Vaksin Covid-19 yang Wajib Kamu Tahu!

Itulah cara dapat obat gratis Covid-19 yang bisa kamu coba. Sembari isoman, mari menghibur diri sendiri dengan hal lucu dan menyenangkan. Tinggalkan pikiran cemas dan mulai baca buku saja, seperti novel-novel yang ada di aplikasi Cabaca, aplikasi baca novel online. Semoga kita semua senantiasa sehat. [Lisma]