Cara Daftar Prakerja 2022 dan Persyaratannya – Tahun 2021 lalu gelombang prakerja ditutup dengan 22 gelombang. Namun, kamu tidak perlu khawatir, menurut Airlangga Hartarto, selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, menyatakan bahwa pendaftaran prakerja gelombang 23 akan diumumkan sekitar awal atau akhir Februari.

Dana alokasi yang disiapkan pemerintah sebanyak Rp11 triliun atau setara 4,3% anggaran perlindungan sosial tahun 2022. Masyarakat yang diprioritaskan dalam prakerja adalah pekerja/buruh yang dirumahkan atau pelaku usaha mikro kecil yang terdampak ekonomi selama pandemi Covid-19. Sementara untuk orang yang sudah bekerja, karyawan, dan korban PHK, dapat mendaftar asalkan memenuhi persyaratan.

Kalau kamu tidak tahu apa itu prakerja, berikut penjelasannya. Prakerja adalah program dari Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan masyarakat Indonesia. Biasanya dalam bentuk bantuan biaya yang bisa dipakai dalam menjalani kursus.

Photo by Olga Serjantu / Unsplash

Persyaratan Prakerja 2022

Sebelum mendaftarkan diri, simak dulu persyaratan pendaftaran Prakerja.

  1. Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak menempuh pendidikan formal, seperti universitas dan semacamnya.
  3. Kamu haruslah memenuhi persyaratan orang yang menerima prakerja (sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, pekerja/buruh yang dirumahkan), pekerja bukan penerima upah atau pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. Tidak menerima bantuan sosial selama pandemi Covid-19.
  5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN atau BUMD.
  6. Dalam satu KK hanya bisa menjadi Penerima Kartu Prakerja maksimal dua NIK, tidak boleh lebih.

Baca Juga: Tips Agar Lolos Tes CPNS, Cobain Dulu

Cara Daftar Prakerja 2022

Untuk mendaftarkan diri bisa masuk ke www.prakerja.go.id, tapi saat ini masih belum buka, ya. Nanti kalau sudah dibuka gelombang ke-23, pemerintah akan memberikan pengumuman. Namun, kamu bisa mempelajari cara daftar prakerja 2022 mulai sekarang supaya kamu tidak kaget dengan cara kerja websitenya. Kamu juga bisa daftar prakerja 2022 lewat ponsel kamu.

  1. Masuk ke website www.prakerja.go.id
  2. Masukkan data diri, email, NIK, Nomor KK, dan Nomor HP aktif ke kolom yang disediakan.
  3. Pastikan nama lengkap dan ibu kandung sesuai.
    Kalau tidak sesuai, kamu bisa menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537 atau WhatsAap/SMS 08118005373 atau email [email protected].
  4. Unggah kartu KTP dan pastikan sesuai ketentuan supaya verifikasi KTP berjalan lancar.
  5. Unggah foto yang diambil langsung dari kamera HP.
  6. Pastikan segalanya sesuai datamu. Kemudian klik "Kirim".
  7. Masukan kode OTP yang dikirim via SMS ke HP-mu. Lalu tekan "Oke"
  8. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  9. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan gelombang. Tekan "Ya, Gabung".
  10. Tahap pendaftaran pun selesai. Tunggu sampai pendaftaranmu dievaluasi.
  11. Kalau kamu lolos, kamu akan menerima pemberitahuan lewat SMS dan email, tapi kalau belum, kamu bisa mengikuti gelombang berikutnya.

Baca Juga: Apa itu Resume? Ini Bedanya Resume dan CV

Sembari menunggu Prakerja dibuka, kamu bisa membaca novel-novel keren aplikasi Cabaca. Siapa tahu, tahun 2022 ini kamu bisa menjadi penulisnya dan mendapat penghasilan tambahan. Jadi, gak perlu lagi tuh terus-terusan daftar Prakerja. Di Cabaca, semua novelnya dikurasi dan masuk dapur editor, loh, jadi tentunya dipilih dari terbaik di antara yang terbaik. Pasang aplikasi baca novel gratis ini di HP kamu yuk! [Lisma]