Membaca novel adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu luang atau bahkan menjadi sarana refreshing bagi sebagian orang. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa aja, gak peduli tua-muda, dan di mana saja. Di era serba-digital seperti sekarang, kegiatan membaca novel semakin terfasilitasi. Tidak perlu bawa buku yang berat-berat, cukup bawa satu ponsel, kita bisa baca novel favorit, bahkan baca novel gratis!

Nah, Cabaca membawa alternatif baru bagi pecinta buku Indonesia, khususnya novel. Hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di Play Store, Cabaca menyediakan bacaan novel Indonesia dari berbagai macam genre, mulai dari romance, komedi, horor, misteri, dan masih banyak lagi.

Aplikasi baca novel ini juga memungkinkan kita untuk baca novel Indonesia gratis. Di aplikasi Cabaca terdapat sebuah mekanisme yang membuat penggunanya harus melakukan aktivitas untuk mendapatkan kerang. Kerang adalah semacam poin atau rewardyang dapat digunakan sebagai alat tukar untuk membaca bab demi bab dalam sebuah novel. Semakin aktif pembaca, semakin banyak kerang yang diperoleh, semakin banyak pula novel yang bisa dibaca gratis.

baca novel gratis di Cabaca

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kerang Gratis di Cabaca

Kerang di Cabaca dapat diperoleh dengan berbagai cara. Saat membuat akun di Cabaca pun, kita sudah otomatis dapat kerang sebagai ‘modal’ untuk baca novel gratis. Tetapi gak hanya itu, ada banyak cara untuk mendapatkan kerang. Misalnya, dengan memberi komentar pada setiap bab dari novel yang dibaca. Atau bisa juga dengan memberikan review setelah membaca novel Indonesia yang ada di sana. Kita juga bisa mendapatkan kerang gratis dengan membagikan kode kepada teman-teman. Jadi, kalau punya klub baca buku, akan sangat menguntungkan, bukan?

Selain itu, kerang di Cabaca itu juga nantinya yang akan menjadi sumber penghasilan bagi penulisnya lho! Iyap, penulis di Cabaca akan mendapatkan honor dari setiap bab yang dibeli pembaca dengan kerang. Itulah mengapa di Cabaca selalu ada seleksi naskah layaknya di penerbitan. Bisa dibilang, mekanisme ini diciptakan untuk menjadi win-win solution bagi pembaca dan penulis. Pembaca bisa baca novel kesukaannya secara cuma-cuma, penulis bisa mendapatkan masukan sembari me-monetize karyanya. Mekanisme semacam ini tentu berbeda dengan aplikasi baca novel serupa, seperti Wattpad, Sweek, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Menjadi Penulis Resmi di Cabaca

Begitulah sekilas tentang Cabaca. Kalau kamu suka baca dan tertarik untuk nyobain baca novel gratis di Cabaca, yuk download aplikasi Cabaca di Play Store.

Kunjungi Cabaca.id untuk baca novel Indonesia yang kamu suka!

Baca lebih mudah dengan Download Aplikasi Cabaca di sini