Berapa Harga Ginjal di Pasar Gelap? Mengapa Lebih Mahal?

Berapa Harga Ginjal di Pasar Gelap? – Kamu lagi butuh duit buat nikah atau biaya hidup atau buat berhedon-hedon ria? Jangan khawatir, di dalam tubuhmu ada aset berharga, yakni organ. Salah satunya adalah ginjal. Harga ginjal di pasar gelap bisa mencapai 2,7 milliar. Harga ini jauh lebih mahal dari jantung, hati, maupun organ lain.

Berapa Harga Ginjal di Pasar Gelap?

Jokes tentang menjual ginjal untuk membeli barang impian udah sering kamu dengar kan? Namun, ternyata jokes ini gak main-main loh sobat cabaca. Uang yang diterima oleh pendonor ginjal ilegal ternyata bisa mencapai Rp50-60 juta rupiah jika dilansir dari haveocscope.com.

Apa kamu maish berpikir angka ini kurang besar?

Ternyata, harga ginjal di pasar gelap lebih mahal lagi! Kamu bahkan harus merogoh kocek sebesar Rp2,7 miliar untuk tiap ginjalnya. Meski terlihat besar dan menguntungkan, jangan sekali-kali untuk mencobanya, ya!

Baca Juga : 8 Fungsi Ginjal Untuk Manusia

Mengapa Ginjal Lebih Mahal?

Entahlah ya, tidak ada yang benar-benar kita ketahui  di dunia ini. Namun, berdasarkan hasil riset dan melihat pendapat banyak ahli, mengapa ginjal lebih mahal karena ginjal bisa diambil dari orang yang masih hidup dan orang yang kehilangan satu ginjalnya tetap dapat melanjutkan kehidupan.

Kok bisa gitu, ya?

Manusia bisa hidup dengan satu ginjal karena ginjal sangat istimewa. Tuhan menciptakan dua ginjal pada diri masnusia, yakni kiri dan kanan. Kalau misalnya bisa hidup dengan satu ginjal, mengapa Tuhan harus menciptakan dua ginjal untuk dititipkan dalam tubuh manusia? Supaya apa? Apakah benar agar dapat dijual?

Dalam dunia medis, terdapat istilah Displasia Ginjal. Para penderita displasia biasanya terlahir dengan dua ginjal, tapi yang satunya tidak berfungsi dengan baik. Penderita displasia dapat hidup normal dan sehat hanya dengan keterbatasannya itu.

Mungkin dari sanalah, penjual ginjal ilegal terinspirasi untuk mencari organ manusia untuk dijual kembali.

Meskipun demikian, selalu ada risiko dari upaya ilegal. Secara umum, ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring darah, membuang limbah tubuh, mengendalikan keseimbangan air, mengatur tingkat garam dalam darah, mengatur sel darah merah, dan sebagainya.

Dari fungsi di atas, dapat diketahui bahwa ginjal teramat berharga untuk hidup manusia. Tanpa ginjal, tubuhmu tidak bisa menjaga kestabilan darah, sehingga kamu akan sakit-sakitan dan kemungkinan terburuknya kamu akan meninggal. Nah, ginjal ini adalah organ vital yang retan sekali rusak, seperti terkena tumor, kanker maupun cedera akibat kecelakaan.

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Gejala Omicron, Tetap Waspada Yuk!

Hidup dengan Satu Ginjal

Kalau kamu hidup hanya dengan satu ginjal dan mengalami sakit di atas, akan ada kemungkinan umurmu tidak akan lama lagi. Apa tidak sayang, tuh? Ginjal tidak tumbuh sendiri kayak rambut.

Jadi, bagi kamu yang ingin menjual ginjal, lebih baik dipikir masak-masak. Belum lagi ketika berada di proses operasi, bisa jadi operasi mengalami kendala dan kamu akan kembali ke pangkuan Tuhan. Kamu bakalan tidak melihat senyum Oppa yang begitu manis karena menjual ginjal.

Barangkali kamu mungkin bertanya-tanya, emang siapa sih yang mau membeli ginjal di era modernisasi kayak gini?

Eits, pembelinya itu banyak sekali. Biasanya yang membeli adalah orang-orang kaya yang sedang sakit. Mereka butuh transplantasi ginjal secepatnya untuk bertahan hidup.

Penjualan ginjal seperti ini tergolong ilegal dan tidak diizinkan oleh rumah sakit maupun ranah kesehatan. Namun, namanya orang yang mampu secara finansial, pasti akan selalu mencari jalan untuk menyelamatkan nyawa mereka sendiri.

Jadi, menjual ginjal cukup dijadikan bahan candaan saja, tidak untuk dipikirkan terlalu berlebihan, apalagi untuk dilakukan walaupun harga ginjal memang tidak sedikit.

Baca Juga: Apa itu Binary Option? Tips Terhindar dari Investasi Mirip Judi

Memang mencari pekerjaan sangat sulit, sedangkan kebutuhan ekonomi terus meningkat. Kita semua barangkali merasakan itu. Namun, daripada menjual organ tubuh, lebih baik mengusahakan mencari dua income atau lebih supaya kalau kamu kehilangan pekerjaan utama, kamu masih punya pegangan.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menjadi penulis. Kamu bisa menerbitkan tulisanmu di platform berbayar seperti Cabaca. Cari tahu info kirim naskah di sini ya. Jangan lupa download dulu aplikasi Cabaca di ponselmu. [Lisma]