Niat Puasa Syawal dan Tata Caranya-Pernah tidak sih, teman-teman melihat orang yang berpuasa di bulan Syawal? Kenapa mereka berpuasa setelah satu bulan penuh sudah berpuasa saat Ramadan?

Apa Itu Puasa Syawal?

Puasa Syawal merupakan puasa sunnah yang dikerjakan di bulan Syawal, dengan catatan tidak mempunyai tanggungan puasa wajib, baik itu qadha puasa Ramadan atau puasa nazar. Bagi umat Muslim yang mempunyai utang selama bulan Ramadan karena uzur, hukumnya menjadi makruh.

Jumlah puasa Syawal hanya enam hari. Dimulai dari tanggal 2 Syawal dan diakhiri tanggal 7 Syawal. Kamu boleh mengerjakan ibadah ini secara berurutan maupun tidak.

Baca Juga : 7 Hal Yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Buka Puasa

Bagaimana Niat Puasa Syawal?

detik.net

Niat puasa syawal adalah Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnatis Syawwali lillahi ta'ala. Artinya: Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT.

Mengutip NU Online, tata cara puasa syawal jelaskan bahwa niat puasa syawal tidak harus dibaca ketika malam hari. Ketika pagi hari, kamu boleh meniatkan. Asal dengan catatan sehabis subuh kamu belum makan atau minum.

Mungkin teman-teman bertanya-tanya, bagaimana cara melaksanakan puasa syawal? Caranya tetaplah sama dengan puasa-puasa lain. Kamu harus berpuasa dari Subuh sampai terbenamnya matahari (Magrib).

Keutamaan Puasa Syawal

Banyak orang yang berpuasa karena menginginkan keutamaan dari puasa Syawal. Berikut merupakan keutamaan yang Insha Allah akan kamu dapatkan jika berpuasa syawal:

1.   Mendekatkan Diri kepada Allah

Dengan berpuasa akan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis Qudsi:

"Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu)." Kemudian Rasulullah melanjutkan, "Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi." (HR. Muslim)

2.   Mencegah Gangguan Pencernaan

Umumnya ketika selesai Ramadan, kebiasaan makan akan kembali menjadi tiga kali sehari. Dan beberapa orang sering memakan kue tanpa terkontrol. Dengan berpuasa Syawal akan menjadi transisi dan membiasakan diri dalam makan. Sehingga pencernaan pun tidak terganggu.

3.   Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian dari University Southern California menjelaskan bahwa puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dengan menahan rasa lapar, akan memicu sel-sel induk dalam tubuh untuk memproduksi sel darah putih baru.

Sel darah putih ini dapat menghindarkan dari infeksi karena melindungi tubuh dari berbagai ancaman virus dan bakteri.

Baca Juga : Sambut Ramadan, Apa Saja Keutamaan Salat Tarawih?

4.   Mendapatkan Pahala

Pahala berpuasa di bulan Syawal sangat banyak. Jika Allah menghendaki, jumlah pahala puasa Syawal bisa setara dengan satu tahun penuh. Pahala puasa Syawal menjadi penyempurna puasa Ramadan. Alangkah berpuasa tidak hanya mengharapkan pahala semata, tapi juga berlandaskan cinta terhadap Allah SWT.

Nah, saat berpuasa syawal, sembari ngabuburit, kamu bisa membaca novel. Membaca memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya yakni dapat menjadi penghibur dan memberikan wawasan. Kini, membaca novel tidak perlu susah lagi.

Kamu hanya perlu instal Cabaca di Google Play. Mengapa harus Cabaca? Berbbed dengan platform novel digital yang lain, seluruh novel di Cabaca sudah terkurasi loh! Kamu akan merasakan perbedaan novel terkurasi jike belum pernah membacanya. Pasti lebih nagih!

Mau baca versi web? Bisa kesini ya! Manfaatkanlah Jam Baca Nasional untuk bisa membaca  secara gratis!

Baca Juga : [Flash Sale] Promo Indahnya Ramadan Novel Cabaca Diskon Hingga 75%

Baca novel Indonesia di Cabaca