Aplikasi Menulis Novel Berbayar dan Cara Daftarnya!

Aplikasi Menulis Novel Berbayar dan Cara Daftarnya!-Apakah kamu seorang penulis dan masih bingung bagaimana mendapatkan uang dari menulis? Maka kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.

Banyak para penulis yang kesulitan untuk “menguangkan” tulisannya karena gagal berkali-kali untuk lolos penerbitan mayor. Padahal saat ini banyak platform atau aplikasi menulis online yang bisa kamu coba loh!

Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

Cara mendapatkan uang dari menulis novel ada banyak! Sudah muncul beberapa aplikasi novel online yang menghasilkan uang untuk para penulisnya, bahkan untuk penulis pemula sekalipun. Berikut adalah beberapa aplikasi menulis cerita yang terbukti membayar uang untuk penulisnya:

1. Cabaca

Cabaca merupakan salah satu platform kepenulisan novel yang memiliki bayaran penulis sangat tinggi. Cara pengajuannya juga mudah loh! Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Download aplikasi Cabaca (khusus android) atau buka website Cabaca.id lalu buatlah akunmu. Download disini
  2. Verifikasi akunmu melalui link yang secara otomatis dikirimkan ke email kamu setelah registrasi
  3. Setelah itu, kamu tinggal masuk ke aplikasi Cabaca atau website Cabaca.id lalu klik tombol plus (+) di bagian tengah bawah beranda
  4. Selanjutnya, kamu tinggal menulis cerita kamu

Untuk bisa mengajukan ceritamu ke editor agar naskahmu termonetisasi, kamu harus mengupload setidaknya 3 bab dulu ya! Selanjutnya kamu tinggal klik fitur “Ajukan Editor”. Selanjutnya editor akan menghubungi lolos atau tidaknya naskahmu maksimal 3 bulan setelah pengajuan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya para penulis platform atau aplikasi novel online bisa menghasilkan hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Oleh karena itu jangan ragu untuk menuliskan cerita kamu di platform menulis online yah!

Adapun di Cabaca sendiri kamu bisa mendapatkan penghasilan royalti yang tinggi dengan level-level tertentu. Ada beberapa tingkatan persentase royalti penulis dengan nama-nama unik, sebagaimana berikut:

  1. Bintang Laut (30%)
  2. Udang (35%)
  3. Penyu (40%)
  4. Kepiting (45%)
  5. Kuda Laut (50%)
  6. Paus (55%)
  7. Gurita (60%)

Berikut adalah simulasi pengahsilan yang kamu dapatkan jika menulis di Cabaca:

Seorang penulis masuk Kelas BINTANG LAUT dengan naskah yang terdiri dari 35 bab. Bab 1 sampai bab 3 naskahnya mendapatkan honor sebesar Rp 250 ribu (karena dibeli putus oleh Cabaca). Lalu Bab 4-10 dibeli oleh masing-masing seribu pengguna di Cabaca, disusul dengan Bab 10-20 masing-masing 2 ribu pengguna di Cabaca, serta bab 20-35 dari naskahnya masing-masing stabil terjual di angka 2 ribu. Berapakah pendapatan penulis tersebut?

Honor Bab 1-3 : = Rp 250.000

Royalti Bab 4-10 : 30% x Rp 2.000 x 7 bab x 1000 = Rp 4.200.000

Royalti Bab 11-20 : 30% x Rp2.000 x 10 bab x 2.000 = Rp 12.000.000

Royalti Bab 21-35 : 30% x Rp2.000 x 15 bab x 2.000 = Rp 18.000.000

TOTAL PENDAPATAN PENULIS TERSEBUT SEBESAR 34.200.000*)

*Belum dipotong pajak PPh 15.

Tentunya penghasilan itu akan naik seiring dengan banyaknya jumlah bab yang terbaca dari penulis tersebut. Perlu diketahui bahwasanya jumlah harga per bab di Cabaca adalah 2000 rupiah untuk kelas Bintang Laut, sedangkan di kelas Gurita sebesar 5000 rupiah dengan harga beli putus bab 1-3 mencapai 1 juta rupiah. Jika kamu mencari platform menulis yang dibayar pastikan untuk mencoba Cabaca ya!

2. Wattpad

Wattpad merupakan salah satu platform membaca atau mengirim karya tulisan secara online. Sebenarnya, selain novel banyak penulis yang juga menuliskan artikel, puisi, maupun cerpen dalam platform ini. Hingga saat ini Wattpad  telah diinstall oleh jutaan orang dari seluruh dunia.

Maka tak heran jika aplikasi ini sering banyak diperbincangkan. Hingga saat ini wattpad telah menghasilkan banyak sekali karya dari para penulisnya. Kamu juga bisa menulis di Wattpad loh! Kamu hanya perlu membuat akun di aplikasinya dan memulai untuk menulis disana. Kamu juga tak perlu khawatir di Wattpad tulisanmu juga bisa dimonetisasi kok!

3. Joylada

Joy Lada merupakan aplikasi novel online yang bisa menghasilkan uang. Caranya adalah dengan kamu berkontribusi untuk menjadi penulis didalamnya. Joy Lada juga bisa kamu download baik dari android maupun IoS. Cara menulis di platform ini juga cukup mudah.

Kamu hanya perlu membuat akun, lalu ikuti semua alur registrasi yang tersedia. Jika akun sudah aktif, akmu bsia mulai menulis disana. Uniknya aplikasi ini memiliki fitur Gift yang bisa pembaca berikan kepada penulis favorit mereka loh.

Saat mendaftarkan diri sebagai penulis Joy Lada kamu akan diminta mengisi data diri seperti Nama Lengkap, tanggal lahir, nomor handphone, alamat email serta No KTP atau NIK.

3. Novelme

Aplikasi menulis berbayar selanjutnya adalah NovelMe. Pada awal launching, aplikasi ini sebenarnya gratis, hanya saja sejak Juli 2019 mulai banyak novel-novel berbayar.

Untuk menulis di Novelme, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bisa mendapatkan uang dari karya kamu melalui koin yang dibayarkan pembaca pada setiap bab nya. Sayangnya untuk bisa mendapatkan bayaran dari aplikasi ini, kamu harus jadi penulis kontrak dulu. Oleh karena itu, rajinlah menulis di aplikasi ini.

4. Noveltoon

Noveltoon merupakan salah satu platform menulis yang menghasilkan uang dan memiliki level-level fee untuk penulis. Semakin tinggi level kamu tentunya fee yang kamu dapatkan bisa makin tinggi.

Uniknya akan ada aturan pendapatan minimum untuk para penulis dengan level 8-10 yang mana karya mereka masih on going. Tentunya kamu perlu berusaha keras agar level penulis mu bisa naik kelas ya!

5. GoodNovel

Aplikasi Penghasil uang dari menulis novel online berbayar selanjutnya adalah GodsNovel. Di aplikasi ini, para penulis diharuskan menuliskan minimal 5.000 kata saat pengajuan kontrak. Adapun jumlah babnya terdiri dari 6-12 bab, tergantung panjang kata untuk setiap babnya.

Tentunya setiap novel baru akan diperiksa oleh editor terlebih dahulu.Pastikan kamu bisa menulis  secara konsisten di platform ini jika ingin menjadi penulis berbayar ya!

6. Dreame

Platform menulis online selanjutnya adalah Dreame. Jika kamu ingin memperoleh bayaran dari Dreame, ada beberapa hal yang harus kamu tahu:

  • Milikilah viewers Wattpad paling sedikit 100K, agar proses tanda tangan kontrak mu lebih mudah.
  • Jika kamu belum memiliki viewers, maka naskahmu akan diseleksi oleh pihak Dreame. Adapun proses seleksi ini bisa mencapai 1-2 bulan.
  • Ajaklah para pembaca untuk memberikan like pada ceritamu. Makin banyak like yang kamu dapatkan, maka kesempatanmu untuk mendapatkan koin makin tinggi.

Baca Juga: Cara Menjadi Penulis Novel Online dengan Bayaran Fantastis!

7. Storial

Jika ingin mendapatkan royalti dari aplikasi ini, maka kamu harus mengumpulkan minimal 500 pembaca terlebih dahulu. Cara  menjadi penulis di Storial juga cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat akun di sana lalu menuliskan ceritamu di fitur yang sudah disediakan disana.

Jika ingin mendapatkan royalti dari Storial, kamu harus mengikuti program Storial Premium Chapter terlebih dahulu ya! Jika sudah, maka tulisanmu bisa termonetisasi loh.

8. WeRead

WeRead  merupakan salah satu aplikasi baca tulis novel yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari uang dari sana. Walaupun pada aplikasi ini banyak novel berbahasa inggris, namun ada juga beberapa novel bahasa indonesia yang bisa kamu temukan.

Caranya ada 2 tahap. Pertama kamu harus membuat akun di WeRead terlebih dahulu.  Selanjutnya, jika kamu ingin menjadis eorang penulis di aplikasi ini maka kamu bisa melakukan register lagi di Halaman Penulis. Jika sudah, kamu tinggal menulis karya deh.

Untuk mendaftarkan diri menjadi penulis eksklusif di WeRead, tulisanmu harus lebih dari 20.000 kata terlebih dahulu ya!

9. Innovel

Dari sekian banyak platform baca tulis novel online, Innovel adalah aplikasi yang unik karena hanya berkonsentrasi pada 2 genre yakni Adult dan Teenage. Innovel juga bisa membuatmu menjadi penulis berbayar loh! Bahkan, di aplikasi ini kamu bisa melihat bayaran harianmu.

Cara  menjadi penulis di aplikasi ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mendownload dan membuat akun di aplikasinya. Selanjutnya kamu tinggal mendaftarkan dirimu sebagai seorang penulis di fitur yang tersedia.

10. WebNovel

Ingin menulis dapat uang? Cobalah untuk menulis di Web Novel. Salah satu kelebihan dari aplikasi baca tulis novel online ini adalah genre novelnya yang banyak.

Sehingga pembaca tidak mudah bosan dengan cerita-cerita yang ada. Kamu bisa mendaftarkan dirimu sebagai seorang penulis disini. Bahkan Web Novel juga menyediakan fitur target menulis yang bisa kamu atur sendiri loh!

11. KBM (Komunitas Bisa Menulis)

Aplikasi menulis yang menghasilkan uang selanjutnya adalah KBM. KBM merupakan salah satu aplikasi menulis yang terkenal dengan audience ibu-ibunya. Aplikasi ini awalnya adalah komunitas kepenulisan yang digawangi oleh Asma Nadia, salah seorang penulis unggulan tanah air.

Kamu bisa mendapatkan bayaran  dari  menulis di aplikasi ini. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur monetize di karya kamu, lalu secara otomatis karya terkunci mulai bab 8, jika ingin membacanya para pengunjung harus membeli koi   terlebih  dahulu.

12. Karyakarsa

Karyakarsa merupakan salah satu platform menulis yang banyak digemari di Indonesia. Sebenarnya banyak karya yang bisa ditampilkan di aplikasi ini,  seperti fotografi, ilustrasi, dll. Di Karyakarsa kamu tentunya bisa menulis novel online dibayar ya!

Namun, kamu juga  bisa menjadi seorang penulis berbayar disini. Cara menjadi penulis disini juga cukup mudah! Kamu hanya perlu mendownload aplikasinya lalu membuat akun disana. Kemudian kamu bisa mendaftarkan diri sebagai kreator lalu mulai menulis deh!

Tips Menulis di Aplikasi Online Berbayar

Tak jarang banyak penulis tertipu aplikasi-aplikasi menulis online berbayar loh! Oleh karena itu pastikan kamu mengikuti tips-tips berikut ini agar terhindar dari penipuan atau  hal-hal yang tidak diinginkan lainnya:

1. Lihat Ulasan Aplikasi di Google Playstore  atau App Store

Setiap aplikasi biasanya memiliki review di playstore atau app store.  Sebelum menginstall  cobalah untuk membaca ulasan-ulasannya terlebih dahulu ya! Jika ulasannya didominasi oleh komentar positif dan memiliki rating aplikasi yang bagus, biasanya apliaksi itu cukup aman dan terpercaya untuk kamu gunakan.

2. Cobalah Kontak Salah Satu Penulis dari Aplikasi Tersebut

Cobalah untuk mendaftarkan diri di aplikasi tersebut sebagai pengguna biasa. Lalu, kamu bisa mengontak salah satu penulis disana dan cobalah tanyakan mengenai pembayaran dan sistematika penulis di aplikasi tersebut,

3. Coba Menulis Disana

Tak ada cara yang lebih akurat kecuali  mencobanya sendiri. Kamu bisa mencoba untuk menuliskan naskahmu di aplikasi tersebut. Lalu cobalah untuk mengikuti semua sistematika yang ada. Biasanya aplikasi yang bagus akan tetap memberikan kontrak penulis untuk para kontrbutor penulisnya.

Baca Juga: 7 Pertanyaan yang Bisa Membantumu Bikin Plot yang Lebih Baik

Itulah beberapa aplikasi menulis novel online yang memungkinkan kamu untuk dibayar tinggi. Kira-kira aplikasi mana yang ingin kamu coba untuk menulis?