Apa Saja yang Dilakukan Saat Ospek Online? Berikut Tipsnya!

Apa Saja yang Dilakukan Saat Ospek Online-Bagi kamu yang sebentar lagi menjadi peserta ospek online maupun menjadi panitia ospek online, tentu ada banyak hal  yang bisa mulai kamu persiapkan dari sekarang, bukan?

Berhubung pandemi belum sepenuhnya berakhir, beberapa universitas membuat kebijakan dengan ospek online. Apa yang dilakukan saat ospek online? Kalau hari tanpa pandemi, biasanya para mahasiswa akan memakai pakaian pernak-pernik ke universitas, model rambut harus seragam, makan bersama penuh aturan dan sebagainya.

Namun, di online ini, ospek ngapain aja, sih? Tentunya hal di atas tidak akan dilakukan. Kebanyakan kita akan pengenalan lingkungan kampus via zoom atau google meet saja.

Tips Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat  Ospek Online

Berikut adalah beberapa hal  yang bisa kamu lakukan saat ospek online:

1.      Pasang Jadwal di Tempat Terlihat

Salah satu penyebab yang kadang membuat senior ngamuk adalah terlambat. Maka dari itulah, usahakan untuk masuk ke akun tepat waktu. Buatlah jadwal dan letakan pada tempat strategis.

Jangan sampai kamu dimarahi senior hanya gara-gara terlambat masuk room zoom atau meet kamu yah!

2.      Cek Kuota Internetmu

Bagaimana rasanya sedang enak mengikuti ospek, terus internet tiba-tiba mati? Tentu hal ini akan sangat mengganggu utamanya saat kamu sedang mendengarkan materi. Oleh karena itu kamu bisa mempersiapkan paket kuota terbaikmu. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa membeli kuota promo.

3.      Kerjakan Tugas dari Senior

Tugas biasanya diberikan sebagai perkenalan sebelum memasuki dunia perkuliahan. Sebisa mungkin kerjakan tugasnya supaya senior tidak ada alasan untuk memarahimu, ya.

Biasanya tugas dari senior juga tidak terlalu sulit kok! Jadi kamu tidak perlu khawatir ya!

4.      Mute Mikrofon

Apabila tidak ada  instruksi menyalakan mikrofon, sebaiknya buat default speaker kamu mati. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal  yang sekiranya akan mengganggu kegiatan kamu selama ospek online tersebut.

5.      Tidak Mematikan Video

Berbeda dengan default mikrofon yang  harus mati, sebaiknya  tetap  nyalakan video kamu meski tidak ada instruksi dari senior. Meski begitu, memang biasanya senior akan tetap menyuruhmu untuk menyalakan kamera.

Baca Juga: 5 Tugas Ospek yang Seharusnya Ada di Kampus Indonesia

6.      Berpakaian Sopan

Meskipun meeting di lakukan di rumah, kamu tetaplah harus berpakaian sopan. Walau begitu, biasanya cara berpakaian juga akan masuk dalam peraturan ospek. Pastikan kamu untuk memerhatikan  dan mengikuti aturan berpakaian dengan seksama ya!

7.      Cepat Memberikan Respon

Seperti halnya sebuah bicara langsung, begitu pula dengan bicara via virtual. Sebisa mungkin kamu harus memberikan respon cepat. Hal ini supaya mood senior tetap baik dan mereka tidak punya alasan untuk memarahimu.

Oleh karena itu, pastikan dirimu selalu standby  dan fokus ya!

8.      Sedang-sedang Saja

Sedang-sedang di sini maksudnya, dalam ospek nanti kamu tidak perlu terlalu aktif atau terlalu pendiam. Kalau kamu sangat aktif, senior akan mengenali dirimu. Akibatnya, apa-apa namamu yang akan dipanggil duluan. Kecuali jika kamu memang ingin di-notice senior yah!

9.      Berkata Sopan

Kalau kamu sedang sangat marah dengan seseorang ataupun senior, usahakan untuk bisa merendam emosimu sendiri, ya. Bicaralah dengan sopan santun. Kamu juga bisa menggunakan standar sopan secara umumm yah! Misalnya dengan tetap menggunakan bahasa yang baik dan "aman".

10.  Tidak Perlu Pedulikan Kata Menyakitkan

Apa yang orang lain katakan, pikirkan maupun tindakannya adalah diluar kendali kita. Jadi, tidak perlu kamu pedulikan segala kata menyakitkan. Masukan saja ke telinga kanan dan keluarkan ke telinga kiri.

Baca Juga: 15 Novel tentang Kehidupan Kampus yang Perlu Dibaca Sebelum Ospek

Itulah beberapa  tips hal yang bisa kamu lakukan saat  ospek online.  Kira-kira, apa kamu sudah siap ospek online?  Sambil mempersiapkan ospek online kamu juga bisa membaca novel-novel Cabaca tentang kehidupan di kampus disini.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lolos kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini. [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca