Apa Saja Keutamaan Salat Tarawih?-Beberapa hari lagi kita akan menyambut kedatangan Ramadan. Kita akan terkantuk-kantuk ketika sahur, berpuasa dari terbit sampai tenggelamnya matahari.

Lalu saat magrib menjelang, kita akan cepat-cepat berbuka, setelah berleha-leha menikmati kehidupan, kita akan menunaikan salat tarawih dan dilanjutkan dengan tadarus. Dan siklus pun terus berlanjut sampai sebulan lamanya.

Baca Juga : 6 Ide Outfit Lebaran Tahun 2022
cdn-2.tstatic.net

Dalam bulan Ramadan ini, pahala dikuncurkan bagaikan hujan. Ibadah-ibadah yang ada pun terasa ngangenin, salah satunya tarawih. Muslim Cabucin pasti tahu kan pengertian salat tarawih?

Salat tarawih adalah ibadah yang hanya ada di bulan Ramadan. Hukumnya sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan, tapi kalau ditinggalkan tidak akan mendapat dosa.

Waktu pengerjaannya setelah isya dan sebelum witir. Salat tarawih dapat terdiri dari 8 rakaat atau 20 rakaat. Kamu dapat mengerjakan salat tarawih sendiri maupun berjamaah. Meskipun demikian keutamaan salat tarawih bersama imam jauh lebih besar daripada sendirian.

Baca Juga : Jadwal Imsakiyah 1443 H/2022 Lengkap 35 Kota Seluruh Indonesia

Apa Saja Keutamaan Salat Tarawih?

Hadist tentang keutamaan salat tarawih sangat banyak. Beberapa di antaranya menjelaskan bahwa keutamaan salat tarawih adalah sebagai berikut:

1.   Diampuni Dosa

www.islampos.com

Siapa yang tidak ingin dosanya diampuni? Dengan salat tarawih, akan menghapus dosa-dosa yang telah kamu lakukan.

Sebuah riwayat dari Ali bin Abi Tholib Radhiallahu Anhu, bahwa sesungguhnya Ali berkata: Nabi SAW ditanya tentang keutamaan Tarawih di Bulan Ramadan.

Maka Nabi SAW menjawab: “Pada malam pertama keluarlah dosa orang mukmin (yang melakukan Tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia.”

2.   Banyaknya Pahala yang akan Didapatkan

bincangsyariah.com

Selain menghapus dosa, amalan salat tarawih akan membuat manusia seperti Micin yang hobinya menghalu ini, mendapatkan pahala yang sangat banyak. Pahala itu dapat terdiri dari:

  • Mendapat pahala seperti orang yang salat di Masjidil Haram
  • Dihilangkan dari siksa kubur
  • Dapat pahala 40 tahun
  • Derajatnya diangkat 1000
  • Mendapat pahala 1000 ibadah haji
  • Hajat dikabulkan
  • Mendapat pertolongan dari Allah
  • Mendapat balasan surga
Baca Juga : Tata Cara Salat Witir Lengkap, Niat dan Bacaannya

3.   Lailatul Qadar

www.islamweb.net

Lailatul Qadar adalah malam istimewa di bulan Ramadan. Kalau kamu mendapatkan Lailatul Qadar, dosamu yang terdahulu akan diampuni. Hanya Allah yang tahu pasti kapan malam Lailatul Qadar akan turun.

Namun, berdasarkan hadits disebutkan bahwa malam istimewa ini biasanya muncul 10 hari terakhir menjelang akhir Ramadan.

Perbanyak amalan di bulan Ramadan, termasuk tidak meninggalkan salat tarawih. Semoga kita selalu mendapatkan keberuntungan dan pertolonganNya.

4.   Istimewa bagi Rasulullah

static.republika.co.id

Selagi Rasulullah hidup, salat tarawih dikerjakan oleh beliau dengan diikuti oleh banyak umat muslim. Bagi Rasulullah salat tarawih sangat istimewa.

Suatu hari di pagi hari selesai salat Subuh, Rasulullah pernah berkata, “amma ba’du. Sesungguhnya aku tahu kemampuan kalian. Akan tetapi aku ragu bila salat tarawih itu diwajibkan atas kalian, dan kalian tidak mengerjakannya.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim).

Kalau Rasulullah saja mengistimewakan salat tarawih, lalu kenapa umatnya masih ogah-ogahan dan nanti-nanti saja? Mari lebih dekatkan diri kepada Tuhan dan mencintai RasulNya sehingga hati menjadi lebih tenteram.

Baca Juga : Niat Puasa Ramadhan Lengkap, Doa Sahur dan Doa Buka Puasa Lengkap dengan Artinya

Itulah keutamaan salat tarawih. Semoga kita mendapatkan banyak ampunan dan pahala di bulan suci nanti.

Untuk menghabiskan waktu gabut di bulan Ramadan, kamu bisa membaca novel di Cabaca. Kamu juga tidak perlu takut akan membaca cerita +++, karena seluruh cerita +++ sudah diberi rating terlebih dahulu. Cerita +++ nanti dibaca setelah Ramadan saja, ya. Hehehehehe [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca