Apa itu Resume? Ini Bedanya Resume dan CV – Dalam melamar pekerjaan, terlebih dahulu kita harus mengenalkan diri sendiri sebelum akhirnya diterima ataupun ditolak di perusahaan yang bersangkutan. Seperti yang sudah kamu ketahui, untuk memperkenalkan diri sendiri kita harus mengirimkan surat lamaran.

Biasanya surat lamaran ini bisa terdiri dari resume dan CV, tapi bisa juga salah satu dari dua hal tersebut.

Namun, sudahkah kamu tahu perbedaan resume dan CV? Sekilas kedua hal ini tampak sama, tapi isi dan tujuan penggunaannya berbeda. Berikut perbedaan lebih lengkap mengenai apa itu resume dan apa itu CV.

1. Panjang

Apabila dilihat dari panjang halaman, CV lebih panjang daripada resume. Dalam penulisan CV, kamu bisa menuliskan sebanyak dua atau tiga halaman. Sedangkan untuk resume, lebih baik kamu hanya menuliskan dirimu dalam satu halaman saja.

2. Konten

Konten merupakan isi dari lamaran tersebut. Secara isi, pemakaian resume dan CV sangat berbeda.

CV atau curriculum vitae berisikan informasi lengkap tentang dirimu, mulai dari biodata lahir, riwayat akademik, pekerjaan hingga pencapaian atau prestasi yang kamu miliki. Seluruh informasi ini harus kamu tulis secara runut dan teliti.

Sedangkan untuk resume karena jumlah halamannya lebih sedikit, jadi kamu harus menuliskan hal-hal yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Hal relevan ini juga harus kamu tulis sesingkat mungkin.

Dalam penulisan konten, kamu bisa membuatnya menjadi grafis, tapi usahakan juga tidak memasukkan gambar pelengkap terlalu banyak karena akan membuat resume atau CV-mu terlalu berlebihan dan mengalami pembengkan kapasitas, yang pastinya akan membuatmu kesulitan dalam mengirimnya via email.

Baca Juga: 8 Soft Skill yang Harus Kita Miliki di Era New Normal

Photo by Adnan Elezovic / Unsplash

3. Tujuan Penggunaan

Kebanyakan orang mengira bahwa CV dan resume hanya digunakan untuk melamar pekerjaan saja. Namun, pada dasarnya tidak demikian.

Penggunaan CV lebih luas daripada resume. Hal ini karena CV mempunyai panjang halaman yang banyak dan memuat banyak informasi mengenai penulis CV.

Selain untuk pekerjaan, kamu juga bisa membuat CV untuk kebutuhan lain, seperti untuk mendaftarkan diri ke pendidikan lebih lanjut (universitas atau lainnya). Informasi yang lebih lengkap di CV bisa menjadi gambaran dan pertimbangan bagi pihak bersangkutan untuk menjadikanmu sebagai mahasiswa dan lain sebagainya.

Hal ini berkebalikan dengan resume. Karena isi resume lebih ringkas, maka penggunaannya hanya cocok untuk dijadikan sebagai surat lamaran pekerjaan saja.

Itulah perbedaan mendasar dari resume dan CV. Keduanya sangat penting dalam melamar pekerjaan. Untuk menentukan apakah harus mengirimkan resume atau CV, kamu bisa melihat terlebih dahulu ketentuan serta persyaratan kerja yang diminta oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan menginginkan CV atau resume saja, kamu bisa memilih salah satunya. Namun, jika tidak ada kejelasan, kamu bisa berjaga-jaga dengan mengirimkan keduanya.

Baca Juga: Cara Membuat CV yang Menarik dan Disukai HRD

CV maupun resume merupakan alat ajang promosimu supaya dapat diterima di perusahaan yang kamu lamar. Gunakan dengan setepat mungkin supaya rekruter lebih tertarik dengan kamu serta kamu bisa diterima kerja.

Jangan lupa, walaupun sudah bekerja, tetap istirahat. Selingi hari liburmu dengan membaca novel-novel keren karya penulis kesayangan Cabaca. Download aplikasi Cabaca di Play Store untuk baca novel Indonesia pilihan. [Lisma]