Apa Itu Overthinking dan Cara Ampuh Menghilangkannya!-Kayaknya makin kesini istilah overthinking makin sering dipakai. Tapi kamu udah tau belum apa itu overthinking yang sebenarnya? Biasanya overthinking direpresetasikan sebagai keadaan galau atau pikiran lagi semrawut. Heem, apa benar arti overthinking begitu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Baca Juga : 10 Ide Journaling Untuk Kesehatan Mental

Apa Itu Overthinking?

detik.net

Sering sekali kita mendengar istilah overthinking. Jadi, sebenarnya apa itu overthinking? Overthinking adalah keadaan di mana seseorang berpikir berlebihan terhadap masa lalu, kenangan buruk maupun hal-hal yang belum terjadi di masa depan.

Overthinking sering menghantui pemikiran orang dewasa. Contoh overthinking yang kadang menyerang adalah pertanyaan seputar akan menjadi apa kita sepuluh tahun yang akan datang? Kapan menikah? Kenapa keuangan tidak stabil?

Bagaimana kondisi anak-anak apabila kita tinggalkan? Dan masih banyak sekali ketakutan yang terkadang membuat hari-hari menjadi begitu melelahkan dan pemikiran seperti itu terus menghatui sepanjang hari, bahkan minggu.

Apakah Overthinking Termasuk Gangguan Mental?

cloudinary.com


Tidak. Overthinking menurut psikologi bukanlan gangguan mental, tapi bisa menjadi gejala penyakit mental, semisal PTSD atau depresi.

Overthinking berkelanjutan akan menimbulkan masalah bagi kesehatan, yaitu menganggu metabolisme tubuh, gangguan pencernaan, merusak organ jantung dan merusak kesehatan kulit. Kamu tidak mau hal demikian terjadi kepadamu, kan?

Maka dari sekarang, cobalah menghilangkan overthinking. Awalnya pasti tidak mudah, tapi kalau kita mau berusaha, tidak ada yang tidak mungkin. Mari menyingkirkan overthinking bersama Micin, karena Micin juga sering overthinking.

Baca Juga : 9 Cara Menjaga Kesehatan Mental Yang Paling Mudah

Cara Menghilangkan Overthinking!

Nah, berikut adalah beberapa cara menghilangkan overthinking:

1.  Sadarkan pikiran

Kalau pikiranmu sudah menunjukan tanda-tanda overthinking, yaitu berpikir suatu peristiwa secara berulang, mengkhawatirkan hal yang tidak dapat dikendalikan, dan sebagainya, segeralah untuk menyadarkan pikiranmu sendiri. Akuilah bahwa pikiran tersebut tidak memberikan manfaat dan menghalami keproduktifanmu.

2.  Hadapi pikiran negatif

Setelah mengakui bahwa pikiran yang tiba-tiba datang itu adalah overthinking, kini saatnya bagi kamu untuk menghadapinya. Katakan kepada dirimu bahwa pikiran negatif tidak perlu dipikirkan.

Kendalikan pikiranmu sendiri supaya terlepas dari bayang-bayang pikiran negatif. Tanamkan juga kalimat bahwa pikiran tersebut terlalu berlebihan untuk dipikirkan.

3.   Fokus pada Pemecahan Masalah

Terkadang kita terlalu menyesali sesuatu yang telah terjadi sehingga kita tidak fokus kepada pemecahan masalah. Mulai sekarang, cobalah mengubah pola pikirmu dengan senantiasa mencari solusi terhadap suatu masalah, alih-alih membiarkan diri sendiri tenggelam kepada rasa sesal.

4.   Luangkan waktu untuk refleksi dan intropeksi diri

Luangkan waktumu seminggu sekali untuk melakukan refleksi dan intropeksi diri. Kamu cukup meluangkan waktu selama 20-30 menit saja. Ketika merenungkan, usahakan tidak menyalahkan diri, tapi bagaimana mencari solusi dan mengubah sikap untuk lebih baik lagi.

Ketika waktu sudah habis, jangan biarkan dirimu larut, tapi segeralah bangkit dan kerjakan aktivitasmu. Kamu perlu mengingat bahwa tidak ada manusia yang tidak melakukan kesalahan di dunia ini. Namun, jangan biarkan dirimu jatuh ke permasalahan yang sama untuk kedua kalinya.

5.   Berlatih Mindfulness

Berlatih mindfulness sangat bermanfaat dalam menghadapi overthinking. Seperti yang sudah diketahui bahwa pikiran negatif tiba-tiba saja datang. Untuk menanggulanginya kamu harus membiasakan berlatih mindfulness.

Contoh mindfulness adalah nikmati makanan tanpa melakukan hal lain, hindari akses pekerjaan di luar jam kerja, jalan-jalan sembari memerhatikan lingkungan sekitar, dan sebagainya.

6.   Mencari Distraksi

Dalam mencegah overthinking kamu bisa mencari kegiatan baru. Lakukan hal-hal yang membuat dirimu senang, seperti membaca novel. Kini membaca novel tidak perlu susah lagi.

Kamu hanya perlu download Cabaca di Google Play dan nikmati cerita-cerita seru setiap harinya. Kamu juga  bisa membaca novel gratis di Cabaca loh!

Nah, udah paham kan apa itu overthinking dan  cara mengatasinya? Jangan kebanyakan overthinking, ya! [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca