Apa itu Domain Rating dan Domain Authority? Plus Cara Meningkatkannya!

Apa itu Domain Rating dan Domain Authority?-Jika kamu adalah seorang SEO Enthusiast, tentu kamu sudah tidak asing dengan istilah domain rating atau domain authority, bukan? Kedua aspek ini memang penting untuk menentukan apakah artikel atau website kamu bisa masuk page satu google atau tidak.

Namun, apa itu sebenarnya domain authority dan domain rating? Lalu, bagaimana cara meningkatkan keduanya?

Nusanet Medan

Apa Itu Domain Rating?

Domain rating (DR) merupakan peringkat metric  yang dibentuk oleh Ahrefs. DR bertujuan untuk melihat seberapa kuat backlink dari website. Tak berbeda dengan Domain authority, skala peringkat DR mulai dari 0 hingga 100.

Sebenarnya DR bukan menjadi faktor utama yang menyebabkan suatu website bisa muncul di page 1 google. Namun, DR masih menjadi tempat utama untuk mencari backlink yang kuat dari suatu website. Tentunya hal ini akan membuat traffic dari suatu website lebih tinggi.

Mengapa Domain Rating Penting?

Perlu diketahui bahwa saat mengukur tautan URL satu per satu, ternyata DR akan berbanding lurus dengan peringkat Google jika dibandingkan peringkat Domain dari semua situs web.

Oleh karenanya, DR tidak perlu dijadikan sebagai pertimbangan prioritas karena skor DR yang tinggi hanya bisa didapat dari backlink yang kuat.

Namun, tetap saja DR menjadi salah satu faktor yang bisa kamu manfaatkan untuk mengoptimalkan ranking di page 1 google. Strategi untuk mendapatkan link building yang kuat adalah dengan membandingkan rangking dari setiap website.

Ada  beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk mengecek DR dari suatu website, mulai dari

Baca Juga: Mengenal Domain Authority dan Pengaruhnya pada Ranking di Mesin Pencari

Apa Itu Domain Authority

Domain Authority (DA) merupakan peringkat search engine yang diinisiasi oleh Moz guna mengukur performa website pada SERP.

Mengapa Domain Authority Penting?

Tak berbeda dengan Domain Range peringkat atau skor DA dimulai dari 1-100. Tentunya, semakin tinggi skor maka semakin mudah pula website masuk di page 1 google.

Maka tak heran setiap praktisi SEO selalu berupaya agar DA dari website mereka memiliki ranking yang tinggi.Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari cara meningkatkan ranking domain authority seperti dengan memasukan link profile memiliki kualitas rangking yang bagus. Jika website link profile berkualitas, make website tersebut akan lebih dipercaya dan dianggap kredibel oleh google.

Tak hanya itu, kamu juga perlu membuat backlink yang berkualitas agar peringkat DA dari website meningkat. Adapun cara membuat backlink yang berkualitas misalnya dengan melakukan distribusi anchor text pada backlink dengan tepat. Tentunya link tersebut harus sesuai dan relevan dengan konten yang sedang kamu buat.

Itulah penjelasan mengenai apa itu domain rating dan domain authority yang perlu kamu tahu. Jadi, apakah websitemu sudah mengoptimalkan kedua hal ini?

Baca Juga: Gini Lho Perbedaan dan Cara Nulis Awalan "di-" dan Kata Depan "di" yang Benar

Selain hal-hal diatas tentu konten juga merupakan hal utama  yang bisa meningkatkan kualitas website. Jika kamu sedang mencari konten fiksi dalam bentuk novel, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi cabaca.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lolos kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini.

Baca novel Indonesia di Cabaca