13 Buah dengan Vitamin C Tinggi, Gak Perlu 1000mg Per Hari – Mengonsumsi buah, khususnya yang mengandung vitamin C, akan memberikan banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan kulit, untuk menambah kekebalan tubuh, sebagai sintesis kolagen, menjaga jaringan ikat, tulang, gigi dan pembuluh darah kecil.

Berapa mg vitamin C diperlukan sehari? Daily Values (DV) atau nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin C, yakni sekitar 90 mg. Berikut merupakan buah dengan vitamin C tinggi.

1. Jambu Biji

Photo by Juan Camilo Guarin P / Unsplash

Jambu biji mempunyai 126 mg vitamin C, atau 140% dari DV. Buah berdaging merah ini bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterolmu.

2. Pepaya

Photo by Pranjall Kumar / Unsplash

Bosan makan jambu biji terus, kamu bisa mengganti asupan buah dengan pepaya. Pepaya mengandung 87 mg vitamin C atau 97% dari DV. Pepaya juga bisa memperkuat otakmu.

3.  Stroberi

Photo by Irene Kredenets / Unsplash

Suka dengan buah satu ini? Stroberi memiliki 89 mg vitamin C atau setara 99% dari DV. Stroberi juga bisa membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia, dan diabetes.

4. Kakadu Plum

Organic and juicy plum growing on the tree
Photo by Lazar Gugleta / Unsplash

Buah apakah ini? Ternyata, jenis buah ini asli Australia. Kakadu Plum mengandung 481 mg Vitamin C atau 530% dari DV. Namun, per 100 gramnya, memiliki 5.300 mg. Buah ini merupakan sumber  vitamin C tertinggi.

5. Ceri Acerola

Photo by Olesia Bahrii / Unsplash

Per satu cangkir sekitar 49 gram, Ceri Acerola mengandung 822 mg vitamin C atau 913% dari DV.

6. Rosehip

Photo by Marina Khrapova / Unsplash

Buah kecil ini mengandung 119 mg vitamin C atau 132% dari DV. Rosehip bisa mengurangi kerutan, kekeringan, dan perubahan warna pada kulit kamu.

7. Cabai

Chilli Peppers
Photo by Steve Johnson / Unsplash

Bumbu yang sering ada di dapur ini pasti sudah tidak asing di telingamu. Cabai hijau memiliki 109 mg vitamin C atau 121% DV, sedangkan cabai merah mempunyai 65 mg atau 72% dari DV.

Baca Juga: Cara Dapat Obat Gratis Khusus Pasien Isoman Covid-19

8. Paprika Kuning

Colorful Bell Peppers
Photo by Gabriel Ghnassia / Unsplash

Semakin matang sebuah paprika, akan semakin naik vitamin C-nya. Paprika kuning mengandung 137 mg vitamin C atau sekitar 152% dari DV.

9. Blackcurrant

Blackcurant cake
Photo by Monika Grabkowska / Unsplash

Blackcurrant mengandung 101 mg vitamin C atau setara 112% dari DV. Diet dengan buah ini bisa mengurangi kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis, semisal jantung, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.

10. Kiwi

Slicing kiwis
Photo by K8 / Unsplash

Buah berdaging hijau ini memiliki 71 mg vitamin C atau setara 79% dari DV. Selain itu, kiwi juga bisa mengurangi stres, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

11. Lemon

Photo by Vladimir Gladkov / Unsplash

Lemon merupakan sumber vitamin C terbaik. Satu lemon utuh termasuk kulitnya, mengandung 83 mg vitamin C atau 92% dari DV. Konon, lemon sering dipakai pelaut untuk mencegah penyakit kudis.

12. Leci

Summer season is here!
Photo by Akshika Singh / Unsplash

Satu leci memiliki 7 mg vitamin C atau sekitar 7,5% dari DV. Leci juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Cocok sekali untuk kesehatan otak, jantung dan pembuluh darah.

13. Kesemek Amerika

Photo by Jade B. / Unsplash

Banyak sekali jenis kesemek. Namun, kesemek Amerika mempunyai 16,5 mg vitamin C atau 18% dari DV.

Baca Juga: 7 Sayuran yang Awet Disimpan Tanpa Kulkas

Di masa pandemi ini, selain menjaga imun tubuh, kamu juga harus menjaga kejernihan pikiran. Mari mengurangi membaca berita yang bikin cemas atau berspekulasi tidak jelas. Baca saja novel-novel yang menyenangkan, seperti novel gratis di aplikasi Cabaca. Download di Google Play Sekarang ya! [Lisma]