6 Alasan Perempuan Lebih Suka Novel Romantis-Perempuan biasa diasosiasikan sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang lembut dan mudah tersentuh, berharap punya segudang uang tanpa harus bekerja, dan tentunya yang tidak kalah penting adalah kebanyakan perempuan di muka bumi ini menyukai segala sesuatu yang romantis.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mayoritas perempuan memang lebih suka novel yang romantis jika dibaning genre yang lain. Tapi, ternyata ada alasan mengapa perempuan lebih suka novel romantis loh! Apa aja tuh? Simak artikel ini hingga selesai ya!

Baca Juga : 21 Aplikasi Baca Novel Gratis Paling Recommended Buat Kamu! Lengkap!

Alasan Perempuan Lebih Suka Novel Romantis

Penelitian dari EliteSingles mengemukakan bahwa ternyata 85% jomblo menilai bahwa kutu buku selalu lebih menarik daripada mereka yang tidak suka membaca. Bahkan ada 26 persen lpria yang menjadikan "kutu buku" sebagai kriteria wanita yang menurut mereka sangat menarik.

Jadi, suka baca novel genre apapun sebenarnya tidak masalah. Hal yan lebih utama adalah kamu suka baca. Lalu, mengapa perempuan suka novel romantis? Berikut merupakan alasannya:

1.   Cerita Romantis Bikin Hati Luluh

made-blog.com

Perempuan, entah itu ibu rumah tangga, wanita karir, pengangguran banyak acara kayak Micin, anak kuliah dan sebagainya, pasti luluh hatinya dengan sesuatu yang romantis.

Cerita romantis akan membuat diri perempuan merasa disayangi, sekalipun dunia ini terasa begitu melelahkan baginya.

Kebanyakannya cerita romantis akan membuat hati perempuan tersentuh. Apalagi ceritanya tentang pengorbanan karena cinta, laki-laki yang mencintai apa adanya, lalu ada bumbu-bumbu komedi.

Cerita seperti itu tidak akan pernah ada matinya, karena tema romantis akan membuat perempuan bahagia.

2.   Campur Aduk Emosi yang Bikin Gregetan

halodoc.com

Perempuan lebih cenderung menggunakan emosi daripada logika. Pernyataan ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh University of Basel di Switzerland, yang  menyatakan bahwa struktur otak laki-laki dan perempuan memang berbeda.

Jadi, tak heran jika perempuan lebih banyak menggunakan  hati atau emosinya. Hal itu pulalah yang membuat sebagian besar perempuan menyukai cerita romantis.

Hampir semua cerita romantis, setipe ini, selalu mempermainkan emosi, membuat tokohnya jadi orang tidak peka, dialog-dialog hangat, adegan yang bikin gemeush dan lain sebagainya.

3.   Akhir yang Membahagiakan

www.poskata.com

Kebanyakan cerita romantis mempunyai akhir bahagia daripada akhir sedih. Dua tokoh utama akhirnya dapat bersatu dan hidup bahagia selama-lamanya. Kisah berakhir bahagia ini membuat pembaca puas.

Lain halnya dengan sedih, kebanyakan perempuan akan menangis, lalu mengumpati penulisnya, kenapa mereka tidak bisa bersama? Dan kalimat pertanyaan lain.

Menurut salah satu aliran kepenulisan, sebuah cerita bisa dikategorikan romantis apabila berakhir happy ending. Dan meskipun di awal dan tengah sebuah novel berisi hal romantis, tapi jika akhirnya adalah sad ending, novel tersebut tidak dapat disebut sebagai novel romantis, melainkan novel tragedi.

4.   Cinta yang Panas

winnetnews.com

Alasan perempuan lebih suka novel romantis selanjutnya adalah konten cerita cinta yang panas. Berdasarkan segmen usia, cerita romantis untuk adult biasanya terdapat satu atau beberapa adegan "panas".

Pada perempuan dewasa, kebanyakan menyukai cerita seperti ini. Apalagi kalau penulisnya bisa menguraikan secara detail.

Walaupun demikian, pada beberapa novel tidak menyisipkan adegan panas, tapi tetap asyik untuk diikuti. Hal itu biasanya karena faktor penulisnya dapat meramu cerita dengan baik. Serta adegan dalam novel tidak mainstream.

5.   Tokoh Laki-laki dan Perempuan yang Sempurna

tribunwow.com

Siapa sih yang tidak ingin memiliki seseorang yang sempurna (atau mendekati sempurna)? Punya tampang oke, black card, penyayang, mau berkorban demi wanitanya, dan memiliki badan yang bagus. Tokoh seperti itu sangat disukai.

Karena apa? Karena realitas tidak seperti itu. Kalau ada pun, hitungnya sangat sedikit dan cerita cinderella tidak akan terjadi kepada semua orang. Namun, dengan novel romantis, pembaca bisa membayangkan bahwa yang ada di sana adalah dia.

6.    Bahasa Ringan dan Enak untuk Dibaca

Woob.id

Penulis romantis kadang dipandang sebelah mata karena sering dikatai hanya menjual keintiman tokohnya saja, tapi banyak juga  novel romantis yang tidak seperti itu.

Si Penulis memang mampu melarutkan pembaca dalam ceritanya. Bahasa yang dipakai pun ringan dan sangat interpretatif.

Baca Juga : 10 Novel Tentang Perselingkuhan di Cabaca yang Bikin Geregetan

Itulah 6 alasan perempuan lebih suka novel romantis. Kamu sendiri kenapa suka novel romantis?  Kalau mau baca banyak genre  novel, termasuk novel romantis mending kamu pakai aplikasi Cabaca. Banyak banget kisah seru dan semuanya sudah terkurasi! Jadi semua ceritanya dijamin asyik dan mindblowing!

Udah punya aplikasinya belum? Yuk download disini.  Kamu bisa baca gratis bab 1-3 dan membaca gratis seluruh bab di Jam Baca Nasional loh! [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca