9 Rekomendasi Channel Youtube untuk Self Development-Zaman sekarang kita harus menyadari bahwa self development merupakan hal penting yang bisa membuat pembaharuan dalam hidup. Mengembangkan diri tentu ada banyak jalannya. Salah satunya yakni dengan menonton channel youtube.

Saat ini banyak sekali channel youtube yang bisa kamu tonton dan ikuti. Namun, sebelumnya kamu perlu mengetahui apa itu self development.

Apa Itu Self Development?

Self development adalah kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan identitas diri terhadap bakat maupun potensi yang ada. Melalui self development, seseorang dapat meningkatkan kualitas hidupnya sebagai seorang individu.

Biasanya orang yang sedang dalam proses self development akan berusaha untuk mengubah, memperbaiki hingga meningkatkan kualitas pribadi maupun lingkungan yang dalam kendalinya.

Baca Juga: 15 Financial Influencer Terkenal di Indonesia

Rekomendasi Channel Youtube Untuk Self Development

Berikut adalah beberapa rekomendasi channel Youtube untuk self development yang bisa kamu tonton:

1.   Lavendaire

IDN Times

Channel ini dikelola oleh Aileen Xu. Dia adalah konten kreator dan juga pengusaha. Pada channel ini kamu akan melihat video-video praktis, inspiratif dan bijaksana untuk menjadikanmu versi terbaik dari dirimu.

Ada beberapa playlist video yang bisa kamu tonton, seperti: How to Stay Postive, Self Care, Overcoming Fear, Empowering, Self Love, Worksheets dan sebagainya.

2.   Menjadi Manusia

IVOOX.id

Bagaimana sih menjadi manusia itu? Dalam channel Menjadi Manusia, kamu akan mendengar cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang. Akan ada banyak kisah inspiratif untuk kamu yang terkadang merasa sendirian dan kesulitan dalam menjalani hidup.

Melalui channel ini juga kamu akan merasa lebih utuh dan percaya diri terhadap impian-impian kamu selama ini.

3.   Aida Azlin

ALAMI Sharia

Aida Azlin merupakan seorang penulis, pengusaha dan juga Youtuber. Dia aktif memberikan semangat seputar kisah wanita. Aida juga mengkombinasikan self development dengan nilai-nilai islami. Namun, kamu tidak perlu khawatir.

Aida biasanya bercerita dengan ringan, namun snagat insightfull. Video-videonya juga banyak yang memiliki ilustrasi lucu dan menggunakan bahasa inggris.

4.   Thomas Frank

NoxInfluencer

Mahasiswa merupakan makhluk tuhan yang mempunyai banyak sekali masalah. Mulai dari banyak tugas, salah jurusan, sistem belajar kacau, dan masalah lain yang akan berdampak buruk bagi pencapaiannya.

Dalam channel ini, Thomas akan memberikan banyak tips meningkatkan kualitas diri. Tak hanya itu, Thomas juga sering membagikan tutorial-tutorial penting yang bisa kamu aplikasikan dalam hidup.

5.   Pick Up Limes

NoxInfluencer

Seorang ahli nutrisi asal Kanada, Sadia Badel, membuat channel Youtube berdasarkan pengalamannya dalam manajemen waktu, mempertahankan habit, hidup sederhana serta masih banyak lagi. Dia juga menyediakan printable guides yang bisa kamu cetak setelah melihat videonya. Menarik, bukan?

6.   TED

TED

Apakah kamu pernah tahu organisasi media asal Amerika Serikat bernama TED? Organisasi ini didirikan oleh Richard Saul Wurman. Semula TED hanya mengadakan konferensi dengan mengundang berbagai tokoh yang menginspirasi.

Namun, dengan channel youtube-nya, TED mulai membagikan rekaman-rekaman tersebut secara gratis. Tokoh yang diundang TED sangat beragam, mulai dari penulis, musisi, aktor sampai politisi.

7.    Crash Course

PBS Learning Media

Channel Crash Course diisi oleh John Green, Hank Green dan juga Emily Graslie. Dalam channel ini mereka memberikan informasi seputar ilmu pengetahuan, mulai dari kimia, biologi, matematika, data science, filosofi dan sejarah dunia.

Video-video dalam channel ini juga dikemas dengan menarik melalui ilustrasi-ilustrasi yang diberikan.

8.   Hujan Tanda Tanya

Youtube

Syarif Rousyan Fikri dan dua rekannya, Mohammad Ikhsan serta Firman Azhari, menderikan channel bersama yang berjudul Hujan Tanda Tanya. Dalam channel ini, kamu akan menemukan ketertarikan dunia sains dan pendidikan.

Walaupun temanya berat, tapi pengemasan video tetaplah ringan dan analogi yang digunakan juga sangat  sederhana loh!

9.   Kok Bisa?

Youtube

Rasa penasaran manusia adalah hal alamiah. Dengan memanfaatkan rasa penasaran itu, channel ini dibuat. Mereka juga menyediakan konten dalam bentuk animasi menarik dan mudah dipahami.

Bahkan, channel ini juga menyelipkan humor-humor menarik di setiap pembahasannya loh!

Baca Juga: 14 Rekomendasi Buku Self Development, Bisa Bikin Kamu Makin Atraktif!

Itulah sembilan channel video yang bisa kamu tonton sembari mengembangkan diri. Jika kamu ingin membaca novel-novel dengan genre  inspirational untuk meningkatkan kualitas hidupmu, maka kamu bisa berkunjung ke Cabaca.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lolos kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini.

Baca novel Indonesia di Cabaca