9 Platform Kursus Online Gratis Selain Prakerja dari Pemerintah - Zaman sekarang, ijazah bukanlah tolak ukur satu-satunya. Kita diharuskan untuk memiliki banyak keterampilan supaya dapat bersaing dengan dunia luar. Untuk itulah, sedini mungkin kita harus mengasah diri sendiri dengan mencari link kursus online atau hal lainnya yang nantinya bisa menambah pemasukan atau pun menjadi pekerjaan utama.

Berikut merupakan kursus online gratis yang bisa kamu ikuti.

1. edX

This is one of the three photographs from a series that I clicked to portray “The three wise monkeys” in the modern era.
Sumber: blog.edx.rg

Platform ini bekerja sama dengan kampus kenamaan dunia, seperti Universitas Harvard, Institut Teknologi Massachusetts, Universitas Boston, Universitas California, dan lain sebagainya untuk memberikan kursus online gratis bagi semua warga dunia.

Di sini, kamu bisa memilih kelas kursus online yang kamu inginkan, misalnya programming, ilmu bahasa, dan desain.

2. Nikon

If you use this photo, I would be very appreciative if you would please credit in the caption or meta to "www.distel.co".

Untuk kamu yang suka fotografi, kamu bisa menikmati kursus online gratis dari Nikon ini. Materi yang ditawarkan juga beragam, mulai dari cara memotret objek hewan, anak-anak, dan masih banyak lagi.

3. Oracle

Platform ini menyediakan akses lebih dari 50 jam kursus online dan 6 ujian sertifikasi. Para pesertanya pun beragam, terdiri dari pengembang, teknik professional, arsitek, pelajar, sampai profesor.

4. Speaky

Zoom app on iPhone and laptop

Ingin belajar Bahasa Inggris? Kamu bisa memanfaatkan platform gratis ini. Di sini kamu bisa belajar berbicara Bahasa Inggris secara langsung dengan lawan bicara yang menggunakan Bahasa Inggris.

Baca Juga: 10 Aplikasi yang Berguna untuk Work From Home

5. Coursera

Sumber: coursera.org

Ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu pilih, dari kelas kesehatan, seni, bisnis, dan masih banyak lagi. Pengajarnya pun beragama, dari Universitas Pennsylvania hingga Universitas Stanford.

6. Class Central

Sumber: classcentral.com

Class Central disebut-sebut sebagai kursus online nomor satu di dunia. Pada platform ini, disediakan kursus online yang tidak ada habisnya, mulai dari seni, desain, sastra, bisnis dan masih banyak lagi.

7. Fender Play

Apart but still connected
Sumber: fender.com

Untuk kamu yang menyukai musik, Fender bisa dijadikan rujukan. Fender yang merupakan salah satu merek gitar ternama di dunia, menyediakan kursus online gratis yang bernama Fender Play.

Walaupun Fender menyediakan layanan gratis dalam tiga bulan pertama saja, tapi kamu bisa menggunakannya untuk belajar memainkan gitar, bass, dan ukulele.

8. Alison

Sumber: alison.com

Alison menyediakan tipe kursus yang bermacam-macam, mulai dari kursus bersertifikat, kursus diploma dan belajar secara bertahap.

Layanan gratis ini pun mencangkup banyak kategori, seperti kesehatan, bisnis, matematika, dan lain-lain.

9. Khan Academy

Seluruh kelas di Khan Academy bisa diikuti secara gratis. Platform ini termasuk dalam platform edukasi non-profit yang bertujuan menyediakan Pendidikan gratis bagi semua orang, yang bekerja sama dengan institusi terpercaya MIT, NASA, The Museum of Modern Art, dan The California Academy of Sciences.

Materi yang disediakan pun mencakup banyak kalangan, dari orang dewasa sampai anak-anak TK.

Seluruh materi disajikan dalam bentuk video interaktif dan latihan soal. Kamu bisa memilih bidang matematika, computer science, pemrograman, sejarah, science, dan engineering.

Baca Juga: 9 Aplikasi Video Call Gratis untuk Silaturahmi Online

Selain 9 platform di atas, ada satu platform gratis yang bisa kamu unduh. Namanya Cabaca. Di sana nanti, kamu bisa membaca novel yang terdiri dari beragam genre, yang akan menemani hari-hari gabutmu. Yuk, install Cabaca. [Lisma]

Platform baca dengan konsep menyenangkan di Indonesia!