Kamu anak kos yang sedang mencari menu sahur modal rice cooker? Berikut merupakan menu-menu yang bisa kalian coba.

1. Olahan Telur

sumber: https://selerasa.com

Kalian bisa menyetok banyak telur di kos. Selain harganya murah, telur bisa divariasikan ke banyak olahan makanan, seperti: telur ceplok, telur dadar, omelet, ataupun telur kukus.

2. Martabak Mie

sumber: https://selerasa.com

Mie bisa menjadi alternatif menu sahur kamu yang lagi sendiri, eits, maksudnya jauh dari rumah. Tapi memakan mie terus-menerus tidak sehat untuk pencernaan kamu, loh.

Kamu bisa mengkreasikan mie ini dengan telur dan menjadikannya martabak mie. Caranya mudah sekali, kalian perlu memasak mie instan goreng seperti biasanya, lalu tiriskan. Kemudian campurkan mie itu dengan adonan telur kocok. Setelahnya goreng telur di wajan, bukan rice cooker. Proses pembuatan makanan ini bisa dibilang cukup singkat dan mudah, kan?

3. Sop Ayam

sumber: https://selerasa.com

Sop ayam merupakan makanan yang berisi sayuran dan protein, cocok sekali bagi harimu yang penuh rutinitas. Makanan ini bisa kalian buat dari rice cooker.

Caranya, goreng potongan bawang putih beserta bawang merah dengan sedikit minyak hingga harum. Kemudian masukan air. Apabila sudah mendidih, masukkan ayam dan bumbu sop. Atau kamu bisa memasukkan garam, gula, dan lada secukupnya. Jangan lupa masukkan sayuran sesuai seleramu, seperti wortel, kentang, buncis, kol, tomat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa dan Imsak Ramadhan 1440 H

4. Frozen Food

sumber: https://resepkoki.id

Satu lagi makanan yang bisa didapatkan dengan mudah, yakni frozen food. Kalian tidak perlu mengkhawatirkan harga dari makanan yang terdiri dari beragam jenis ini. Kini frozen food sudah hadir dengan harga yang pas buat kantong sehingga dapat menjadi menu sahur anak kos. Bahkan di bulan Ramadhan, akan ada banyak diskon juga.

5. Abon

sumber: https://resepkoki.id

Cara termudah untuk mendapatkan abon dengan harga miring, yaitu dengan membelinya di toko yang menjual grosir. Kalian bisa simpan abon di suhu ruangan supaya bertahan sampai sepekan. Apabila ingin menyimpannya lebih lama, kalian bisa menyimpannya dalam lemari es.

Abon kini sudah memiliki beragam rasa, loh. Ada abon dari daging sapi, ayam, daging domba, ikan, dan udang. Kalian bisa membelinya sesuai selera kalian.

6. Nasi Goreng

sumber: https://fimela.com

Satu lagi menu sahur anak kos modal rice cooker, yakni nasi goreng. Apabila kalian malas untuk membuat bumbunya, kalian bisa membeli bumbu nasi goreng di warung terdekat ataupun di supermarket.

Baca Juga: 6 Sinetron Ramadhan Terpopuler yang Bikin Kangen!

7. Sarden

sumber: https://cookpad.com

Sarden merupakan makanan kaleng yang bisa didapatkan di mana pun dan harganya terjangkau untuk anak kos. Cara menghangatkannya pun mudah. Kalian hanya perlu menggorengnya di wajan atau rice cooker.

8. Bubur

sumber: https://resepkoki.id

Kalau kalian sedang bosan makan nasi sebagai sahur, kalian bisa memanfaatkan rice cooker untuk memasak bubur. Untuk topping-nya, kalian bisa menghemat dengan memakai abon. Gampang kok, pakai saja bubur instan!

9. Capcay

sumber: https://resepkoki.id

Untuk asupan gizi, kalian perlu memakan sayuran. Capcay bisa menjadi salah satu alternatifnya. Sayuran yang biasa dipilih adalah kol, buncis kacang panjang, tauge, wortel, dan sebagainya, kalian bisa menambahkan sayuran sesuai selera. Untuk tambahan protein, beri telur orak-arik.

Baca Juga: 7 Tradisi Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia

Gimana? Jadi kepikiran gak ingin masak apa untuk menu sahur anak kos modal rice cooker? Yang nge-blank gak tahu mau coba masak apa, cobalah mampir ke Cabaca! Ada bacaan Mastercheap dengan menu yang penting gak penting, hehehe. Kamu juga bisa berkontribusi mengirimkan resep lho!

Makanya, download aplikasi Cabaca di Play Store.

Ramadhan penuh berkah, isi dengan kegiatan bermanfaat!