9 Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Paling Mudah - Pernah mendengar istilah mental health? Apa sih sebenarnya kesehatan mental itu?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah keadaan sejahtera di mana setiap individu bisa mewujudkan potensi mereka sendiri. Artinya, mereka dapat mengatasi tekanan kehidupan yang normal, dapat berfungsi secara produktif, bermanfaat dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitas mereka.

Kesehatan mental ini erat kaitannya dengan mental illness, yakni penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya.

Kesehatan mental tidak selalu dikaitkan dengan gila. Sama halnya dengan penyakit fisik, penyakit mental pun ada tingkatan (mulai ringan sampai berat) dan obatnya. Dan yang bisa menentukan apakah kamu sakit parah ataukah tidak, adalah psikolog atau psikiater. Jadi, jangan pernah melakukan diagnosis untuk diri sendiri, ya. Apabila dirasa ada yang salah dengan mental kalian, segera meminta bantuan kepada orang yang mengerti.

Kamu bisa membaca artikel ini untuk menambah wawasan terhadap kesehatan mental, terutama  kesehatan mental saat pandemi. Berikut cara menjaga kesehatan mental yang bisa kamu lakukan.

1. Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri

If you would like to support my work, visit https://www.paypal.me/viktorforgacs (20% goes to charities)
Photo by Viktor Forgacs / Unsplash

Mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Jadi, mulai hari ini, kamu harus membiasakan diri memandang segala sesuatunya dari sisi positif.

2. Tuliskan Hal-Hal yang Patut Disyukuri

A new Day has Come
Photo by Joseph Rosales / Unsplash

Pernah mendengar pepatah rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri? Membandingkan hidupmu dengan orang lain, tidak akan pernah ada habisnya. Alih-alih membuat pikiran tenang, itu hanya akan membebani dan menghilangkan rasa syukur.

3. Olahraga

Sanctuary Cove exercise
Photo by Christopher Campbell / Unsplash

Olahraga melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Disarankan utuk olahraga di luar rumah juga, supaya paparan sinar matahari bisa membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang berfungsi meningkatkan serotonin di otak.

4. Makanlah Makanan yang Enak

Healthy Paleo Salad
Photo by Nielsen Ramon / Unsplash

Kamu juga harus mulai mengatur pola makanan. Lengkapi nutrisi tubuhmu dengan banyak makan sayur serta buah-buahan.

5. Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Out of Focus
Photo by Caleb Woods / Unsplash

Jangan biarkan pikiranmu terbang, sampai kamu overthinking. Hal demikian, dapat membuat kecemasan maupun pikiran-pikiran negatif. Jadi, belajarlah untuk menikmati kehidupan, sekalipun itu aktivitas sederhana, seperti makan, mandi, mengerjakan PR, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Lagu Korea yang Membuat Kita Peduli Kesehatan Mental

6. Tidur Tepat Waktu

I always wake before she does and this is what I first see in the morning.
Photo by Gregory Pappas / Unsplash

Selain mengatur pola makan, kamu juga harus mengatur pola tidur. Dengan tidur tepat waktu, dapat membuat pikiranmu segar.

7. Istirahat

L’envant Sauvage
Photo by kevin laminto / Unsplash

Jika dirasa sudah sangat lelah, jangan paksakan dirimu. Kamu perlu istirahat dari segala pekerjaan yang menumpuk. Perlu diingat bahwa hidup hanyalah sekali, kamu pantas untuk menikmatinya.

8. Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Man handing a woman a heart shape
Photo by Kelly Sikkema / Unsplash

Dengan menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain, bisa memberikan rasa senang. Lakukan kebaikan untuk kesehatan mentalmu, ya, gaes.

9. Terbukalah pada Seseorang

Pink sunset couple
Photo by Harli Marten / Unsplash

Memendam segala sesuatunya sendiri tidak akan menjadikanmu lebih kuat. Hal itu akan menggerogoti dirimu dari dalam, sedikit demi sedikit. Ceritakan masalahmu kepada orang terpercaya atau kamu bisa menuliskannya di buku harian.

Photo by Calista Tee / Unsplash

Jadi, bagaimana kalau kamu terganggu kesehatan mentalnya? Ya, tidak apa-apa. Itu bukan aib kok. Ibarat sederhananya, kamu habis terjatuh dari sepeda motor terus kakimu patah, nah, kamu pasti disuruh istirahat tuh. Begitu pula dengan kesehatan mental. Termasuk sekarang sedang ada pandemi Covid-19, terus kamu panik dan mulai bermikiran macam-macam, tidak apa-apa. Kamu tidak sendiri. Wabah seperti ini bisa menjadi momok pikiran kok.

Ikuti protokol berlaku seperti memakai masker, jaga jarak, tidak perlu keluar rumah apabila tidak penting, dan lain sebagainya. Baru, apabila kamu terus mengalami kepanikan semakin parah serta berkelanjutan, itu artinya kamu butuh bantuan psikolog atau psikiater.

Baca Juga: 7 Sisi Positif Tidak Mudik

Kamu juga bisa merilekskan pikiran dengan membaca novel langsung dari gawaimu. Install Cabaca dan temukan beragam genre dari penulis-penulis Indonesia. Kebetulan saat ini juga sedang ada lomba menulis novel 2020di Cabaca yang diberi nama "Kontes Unbreakable Me" dengan TOTAL HADIAH Rp10 juta, bekerja sama dengan Ibunda.id. Yuk, ikutan! [Lisma]

Lomba Menulis Novel bertema mental health yang wajib kamu ikuti!