Mudik bisa dibilang merupakan momen istimewa yang hanya terjadi di Indonesia. Setiap orang yang tinggal di perantauan akan pulang ke kampung halaman begitu hari raya Idulfitri tiba. Mudik dilakukan baik dengan perjalanan darat, laut, maupun udara. Bagi sebagian orang, mudik identik dengan kemacetan. Merasa bosan? Pastinya. Mudik banyak kecelakaan? Semoga kita senantiasa dihindarkan.

Nah, berikut ini tips mudik lebaran aman dan gak membosankan terutama yang akan menempuh jalur darat, yang telah dirangkum oleh Cabaca.

1. Periksa Kondisi Kendaraan

sumber: https://otomania.gridoto.com

Bagi kalian yang ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, hal utama dan pertama yang harus kalian periksa adalah kondisi kendaraan. Lakukan cek mobil atau motor ke bengkel terdekat. Bagi yang memakai mobil, jangan lupa periksa mesin, rem, oli, air bag, dan roda. Sedangkan untuk motor, periksa mesin, rem dan ban.

2. Bawa Makanan, Air Minuman dan Cemilan

sumber: https://phinemo.com

Terkadang dalam perjalanan, kita merasa haus ataupun kelaparan, tapi di sepanjang perjalanan, pasti banyak sekali toko yang tutup. Untuk itulah gunanya kita membawa semua ini.

Apabila berangkat mudik saat bulan Ramadhan, camilan terbaik adalah kurma karena bisa jadi sumber energi dan tidak repot dibawa.

Hal yang perlu diperhatikan dalam sesama pemudik adalah jangan mudah menerima makanan/minuman dari orang lain. Karena modus perampokan dengan cara membius (mencampurkan obat bius di makanan atau minuman) kerap terjadi. Kalian tidak mau, kan, kerampokan saat mudik?

3. Bawa Obat-obatan Sendiri

sumber: https://wanita.me

Saat berada di perjalanan, kita tidak akan tahu apa saja yang akan terjadi, termasuk kondisi kesehatan kita sendiri. Salah satu untuk mengantisipasinya adalah dengan membawa obat-obatan sendiri, seperti: minyak angin, obat anti mual, koyo, dan lain sebagainya.  

Baca Juga: 3 Penyelenggara Mudik Gratis 2019

4. Dengarkan Musik atau Membaca Buku

sumber: https://squline.com

Kalau kalian sedang terjebak macet, salah satu cara untuk menghibur diri sendiri adalah melakukan hal yang kalian suka, seperti mendengarkan musik atau membaca buku.

Eits, apabila kalian hobi membaca buku dan membawa buku fisik di kala mudik merupakan hal tidak praktis, kalian tidak perlu khawatir. Sekarang ada aplikasi Cabaca yang bisa dibaca di mana dan kapan saja, langsung dari ponsel kalian.

5. Berhenti di Rest Area

sumber: https://merdeka.com

Bagi kalian yang mengunakan kendaraan pribadi, apabila merasa bosan ataupun lelah selama perjalanan, kalian bisa berhenti di rest area terdekat. Kalian bisa beristirahat sejenak dengan tidur, atau berburu oleh-oleh, foto selfie atau hanya menikmati pemandangan sekitar.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman

sumber: https://honestdocs.id

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam mudik adalah menggunakan pakaian nyaman. Pilih bahan pakaian yang bisa menyerap keringat. Jangan lupa bawa jaket juga, siapa tahu malam harinya cuaca berubah dingin.

Baca Juga: 6 Novel Islami di Cabaca yang Cocok Jadi Teman Ngabuburit!

7. Jangan Gunakan Perhiasan Mencolok

sumber: https://tribunnews.com

Apabila kalian mudik dengan memakai pesawat, kapal laut, bus antarkota maupun kereta api, sebaiknya kalian tidak menggunakan perhiasan yang mencolok maupun berlebihan. Tempat-tempat ramai seperti itu biasanya banyak mengundang perhatian para pencopet.

8. Bawa Perlengkapan Otomotif

sumber: https://www.tokootomotif.com

Ban serep, obeng, kunci dan berbagai perlengkapan otomotif lain, bisa membantu untuk melancarkan mudik kalian karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti dalam perjalanan, kan?

Baca Juga: Cabaca: Cara Baru Baca Novel Gratis!

Itulah beberapa tips untuk mudik lebaran kalian. Semoga tips mudik lebaran tadi bikin perjalanan kalian gak membosankan. Apapun itu, yang lebih penting adalah utamakan keselamatan agar selamat sampai kampung halaman.

Kabar gembira! Kamu bisa baca novel secara offline di Cabaca.id. Yuk segera install aplikasi Cabaca di Play Store.

Unduh novel dulu, baca offline kemudian!