8 Tips Menulis Ala JK Rowling, Penulis Wajib Tahu!

Tips Menulis Ala JK Rowling-Tips menulis ala JK Rowling ini wajib diketahui oleh para penulis. Tentunya kamu sudah tahu bahwa JK Rowlinng adalah salah satu penulis legendaris yang tak diragukan lagi kiprah dan karyanya. Tentu JK Rowling punya beberapa trik menulis  yang bisa kamu pelajari,  bukan?

Tips Menulis Ala JK Rowling, Apa Saja?

Berikut adalah beberapa trik menulis ala JK Rowling yang bisa kamu ikuti!

1. Jangan biarkan ada yang mengganggu hari menulis kamu

Menulis adalah hal yang membutuhkan fokus. Oleh karena itu, jika kmau tidak memberikan waktu khusus untuk menulis, tentu akan banyak distraksi yang bisa menghancurkan konsentrasi kamu. Pastikan punya hari tetap dalam menulis dan biarkan hari itu menjadi milik naskah kamu, ya!

2. Jangan menulis hal yang kamu tidak suka

Tulislah hal-hal yang benar-benar bikin kamu tertarik saja menulis itu perjalanan panjang jika kamu tidak suka dengan apa yang kamu tulis pasti kamu akan lelah dalam prosesnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir jika genre tulisan yang kamu suka terkesan aneh atau anti mainstream. Hal ini karena menulis yang kamu suka akan  membuat tulisan aneh itu menjadi bagus dan unik. Asal, kamu tahu market tulisan kamu ya!

3. Bacalah banyak buku

Jika mau punya tulisan bagus pastikan juga untuk banyak membaca agar tulisanmu kaya akan imajinasi wawasan dan tidak mainstream. JK  Rowling adalah tipikal  penulis yang mengonsumsi banyak buku.

Tentu membaca banyak buku akan membantumu untuk berfikir kritis dan out of the box. Dalam buku,  banyak sekali referensi yang bisa kamu ulik atau sekedar memberikan referensi  ide padamu.

Baca Juga: 17 Tips Menulis Kreatif, Dijamin Ampuh Menarik Pembaca!

4. Definisikan dirimu sebelum menulis

What you right become Who You Are jadi pastikan kamu menulis hal yang bagaimana kamu ingin dikenal. Jika kamu mendengar kata  JK Rowling, hal pertama yang kamu fikirkan mungkin adalah  Harry Potter, sihir, atau Hogwarts bukan?

Segala  karya akan merepresentasikan pembuatnya. Oleh karena  itu, pastikan kamu mendefinisikan dirimu dengan jelas sebelum menulis yah!

5. Buatlah plot maju mundur

Agar imajinasi cerita lebih mudah dikembangkan maka cobalah buat plot maju mundur. Cara ini juga digunakan JK Rowling saat menulis novel Harry Potter. Plot maju mundur akan membuat pembaca menjadi lebih tertarik dan masuk dalam cerita kamu.

Tentunya membuat plot maju mundur juga memiliki tantangan khusus dalam teknik kepenulisannya. Kamu bisa mencoba untuk membuat plot maju mundur dengan melihat referensi-referensi  dari novel-novel  JK Rowling.

6. Riset mendalam

Siapa sangka jika riset Novel Harry Potter membutuhkan waktu selama 5 tahun. Menurut jika JK Rowling baik naskah non fiksi maupun fiksi tetap membutuhkan riset mendalam agar tulisan bisa dipertanggungjawabkan.

Pastikan untuk riset dengan matang agar tulisan kamu bisa masuk dan diterima, setidaknya tulisan kamu tidak dianggap mencemari karena riset yang buruk.

7. Coba menulis ulang

Butuh 15 kali bagi JK Rowling untuk menulis naskah pembukaan Harry Potter. Banyak bukan?  Sebenarnya kamu tidak perlu langsung mengedit saat menulis loh!

Bahkan menurut JK Rowling kamu hanya perlu menulis semua yang ada dalam pikiranmu dulu dan jangan langsung melakukan self editing. Self editing bisa kamu lakukan setelah mengendapkan karya kamu.

8. Hati-hati menulis hal yang kamu  tidak pahami

Setiap tulisan harus bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai kamu menulis hal yang salah atau merugikan banyak pihak. Oleh karena itu pasti kan kamu benar-benar menulis apa yang memang kamu pahami.

Bukan berarti kamu tidka bolh menulis  hal  yang tidak kamu pahami, ya! Hanya saja menulis  hal yang belum kamu pahami sebelumnya membutuhkan riset yang lebih lama dibandingkan menuliskan hal  yang kamu emmang telah pahami sebelumnya, bukan?

Baca Juga : 10 Tips Menulis Keren Ala Raditya Dika, Langsung Best Seller

Itulah 8 tips menulis ala JK Rowling yang kamu harus tahu! Kamu bisa mulai mempublikasikan karya kamu secara bebas di Cabaca loh! Bahkan, kamu juga bisa mengajukan monetisasi secara mandiri di Aplikasi Cabaca menggunakan Fitur Karya.

Caranya juga sangat mudah! Kamu tinggal masuk di aplikasi Cabaca lalu klik tombol plus (+) di bagian pojok kanan bawah, dan kamu sudah bisa mulai menulis deh!

Baca novel Indonesia di Cabaca