8 Skill yang Harus Kita Miliki di Era New Normal - Tanpa bisa dipungkiri, karena pandemi, tatanan hidup mulai berubah. Pada saat seperti ini, skill menjadi penting di era new normal. Salah satu skill yang harus kita kuasai, yakni soft skill. Soft Skill adalah kemampuan bersosialisasi dengan orang lain, yakni berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, keterampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan rasa optimisme. Berikut merupakan soft skill penting di era New Normal yang bisa diterapkan.

1. Manajemen Waktu

Kamu harus bisa memanajemen waktu agar dapat menjaga keseimbangan kehidupan kerja. Manajemen waktu yang baik dapat membuat kehidupanmu berjalan lancar. Jika kamu kesulitan, mulailah membuat jadwal. Tuliskan seluruh jadwalmu dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dan berdisiplinlah dengan jadwal itu.

2. Online Skill Communication

Karena pandemi, kegiatan kita akan banyak dilakukan secara online. Dari sanalah, kita harus belajar cara berkomunikasi secara online, salah satu contohnya adalah dengan tidak bercanda di saat keadaan sedang serius membahas sesuatu.

Photo by Nathan Dumlao / Unsplash

3. Mempelajari Hal Baru dengan cepat

Teknologi sudah semakin berkembang. Kita dituntut untuk beradaptasi dan mempelajari semua itu dengan cepat supaya tidak ketinggalan. Kamu harus membiasakan diri, terus belajar dan kurangi mengeluh.

4. Kreativitas

Pernah mendengar sebuah pepatah, orang bisa mencari uang dari kreativitasnya? Ya, kamu bisa menggali kreativitasmu untuk bersaing di dunia kerja. Cara menumbuhkan kreativitas adalah dengan banyak membaca buku, berdiskusi, menonton film, pergi ke tempat wisata, atau mencari berbagai informasi penting.

Baca Juga: 9 Platform Kursus Online Gratis Selain Prakerja dari Pemerintah

5. Berinovasi

Kamu tidak perlu malu atau ragu dalam menyampaikan ide dan gagasanmu dalam kemajuan perusahaan. Dengan berinovasi kamu bisa bertahan di era new normal seperti ini.

6. Komunikasi Interpersonal

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja berikutnya adalah komunikasi interpersonal. Kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan tim, terlebih dalam menangani konflik. Konflik dalam tim bisa membuat perpecahan kekompakan. Hal ini  merupakan masalah krusial yang harus ditangani. Dari sanalah, kamu harus mempelajarinya.

7. Problem Solving

Permasalahan dalam dunia kerja sangat banyak. Lebih banyak daripada sewaktu kamu menjadi mahasiswa atau berorganisasi. Dari sanalah, perusahaan biasanya mencari orang-orang yang bisa memecahkan masalah. Perusahaan suka dengan orang yang jeli dalam melihat akar permasalahan serta mencari solusinya. Kamu harus belajar untuk bersikap pantang menyerah, berpikiran positif dan selalu mementingkan kepentingan bersama.

8. Etos Kerja

Anak milenial dan generasi Z menyukai segala sesuatunya serba instan. Namun, dalam dunia kerja, kamu tidak bisa seperti itu. Dalam dunia kerja kamu harus berusaha keras, bersungguh-sungguh, insiatif, memenuhi deadline, dan melakukan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: 10 Aplikasi yang Berguna untuk Work From Home

Untuk meningkatkan soft skill kamu harus berlatih dan sering-sering melihat perilaku orang lain. Salah satu cara untuk melihat perilaku orang yang beragam adalah dengan membaca novel (buku). Dari sana, kamu bisa menganalisis para tokoh dan perbuatan-perbuatannya. Bagi kamu, orang yang tidak menyukai keribetan dalam membaca novel, install aplikasi Cabaca saja. Akan ada cerita baru setiap harinya, yang akan mengajarkanmu banyak hal dalam kehidupan. Dan tentu saja, selalu ada novel gratis untukmu di Cabaca. [Lisma]

Banyak novel GRATIS yang menunggu untuk dibaca, download yuk!