8 Rekomendasi Buku dan Novel Tentang Guru - Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang harus kita hormati. Tanpanya, kita bukan siapa-siapa. Maka dari sanalah, kita diwajibkan hormat kepadanya. Salah satu cara itu adalah dengan menghargai seluruh pengorbanannya, seperti para penulis di buku ini. Karena berterima kasih kepada guru, mereka membuat buku tentang guru. Berikut rekomendasi bacaan tentang guru untuk dibaca pada Hari Guru Nasional.

1. Botchan

Sumber: goodreads.com

Novel ini ditulis oleh Natsume Soseki.

Botchan merupakan guru muda yang keras kepala. Dengan sikapnya itu, dia mencoba meluruskan sistem sekolah yang dianggapnya melenceng jauh. Sikap ini didasarinya dari peristiwa semasa kecil. Sewaktu kecil, Botchan adalah anak nakal. Namun, suatu hari seorang asisten rumah tangga bernama Kiyo, selalu menyanjung dan mempercayai kalau Botchan akan berubah. Karena hal itulah, Botchan menjadi guru yang bisa diandalkan murid-muridnya.

2. Guru, Hidupmu Hanya untuk Kami

Sumber: kubusmedia.co.id

Buku tentang pendidikan ini berisi 37 cerita pendek yang ditulis berdasarkan kisah nyata dari perjuangan para guru untuk murid-muridnya. Dengan buku ini, kamu bisa melihat kalau menjadi guru bukanlah hal mudah. Buku ini direkomendasikan untuk semua guru karena penuh motivasi.

3. Up the Down Staircase

Sumber: amazon.com

Novel tentang guru selanjutnya berjudul Up the Down Staircase. Novel ini masuk ke dalam cerita klasik terbaik, yang diterjemahkan ke dalam 16 bahasa. Dalam novel Up the Down Staircase, kamu bisa melihat upaya para guru demi muridnya yang masuk kategori kalangan bawah di sebuah kota besar. Terbayang kan betapa susah dan beratnya mereka?

4. Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela

Sumber: id.wikipedia.org

Buku ini adalah buku favorit banyak orang. Membaca novel ini membuat kita bisa meneteskan air mata. Buku Totto Chan ditulis oleh Tetsuko Kuroyanagi, yang merupakan kisahnya sewaktu kecil. Dikisahkan Toto dikeluarkan dari sekolah lamanya karena memiliki tingkah laku nakal khas anak-anak.

Syukurnya, Mama Totto Chan tidak berhenti menemukan sekolah yang cocok untuk anaknya. Sekolah itu bernama Tomoe Gakuen, yakni sekolah yang dibangun di atas enam gerbong kereta api. Di sekolah itu, setiap anak dibebaskan memilih pelajarannya sendiri.

Baca Juga: 7 Buku untuk Dibaca Saat Hari Pahlawan Nasional

5. Guru Aini

Sumber: goodreads.com

Guru Aini ditulis oleh Andrea Hirata. Novel ini berkisah tentang Aini yang tidak menyukai matematika, akhirnya harus berjuang menjadi kampiun matematika dan pejuang FK. Bagaimana perjuangan Aini untuk menaklukkan kehidupan guru?

6. Kasmaran Berilmu Pengetahuan

Sumber: gerai.kompas.id

Kasmaran Berilmu Pengetahuan ditulis Iwan Pranoto. Dalam buku ini dibahas mengenai pendidikan di Indonesia dan bagaimana penyerahan masyarakat terhadap perubahan. Namun, tidak ada sesuatu yang bisa berubah apabila kita tidak mengubahnya sendiri. Dari buku ini, kita bisa belajar untuk mulai mengambil langkah dalam perubahan pendidikan di Indonesia.

7. Sokola Rimba

Sumber: insistpress.com

Butet Manurung adalah seorang antropolog dan pecinta alam. Buku ini berisi catatan harian Butet dalam mengajar Orang Rimba, suku nomaden yang tinggal di hutan wilayah Jambi. Dari buku ini kita belajar bahwa semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

7. Moondance

Sumber: cabaca.id

Novel ini mengusung kisah guru tari. Eran memiliki misi khusus, yaitu menghapus stigma toksik bahwa "penari laki-laki itu tidak keren". Novel yang ditulis oleh Istoria ini merupakan terbitan Penerbit Koru dan dapat dibaca juga di Cabaca.

Baca Juga: 8 Novel Korea yang Wajib Dibaca

Itulah delapan buku dan novel yang direkomendasikan untuk memperingati hari guru nasional. Kamu juga bisa membaca novel lainnya di Cabaca. Setiap harinya, akan di-update novel terbaru khusus untuk para pembaca di Indonesia. Pakai aplikasi Cabaca dan nikmati banyak novel dari berbagai macam genre, GRATIS. [Lisma]

Pakai aplikasi Cabaca jika suka baca novel gratis. Dijamin legal!