8 Olahraga Cardio Simpel Saat WFH-Pandemi sudah berakhir apa belum, sih? Entahlah ya, makin kesini kok nambah terus virusnya. Hingga akhirnya sampai sekarang beberapa kantor masih banyak yang memperlakukan WFH atau Work From Home bagi karyawannya.

Baca Juga : 12  Cara Meningkatkan Imun Tubuh Untuk Lawan Corona

Duduk seharian di rumah tentu tidak baik untuk kesehatan. Tubuh kita butuh bergerak. Untuk itulah kamu bisa melakukan olahraga cardio yang merupakan kegiatan olahraga termudah untuk dilakukan.

Selain mudah dilakukan, olahraga kardio juga bisa mengubah karbohidrat di tubuh menjadi energi sehingga bagus untuk menurunkan berat badan. Nama lain dari olahraga kardio adalah aerobik atau kardiorespirasi.

8 Olahraga Cardio Simpel Saat WFH

Berikut adalah rekomendasi beberapa olahraga kardio simpel saat WFH untuk kamu:

1.      Jogging di Tempat

img.sportstars.id/

Jogging menjadi olahraga yang umum untuk melepaskan karbohidrat. Kamu bisa jogging di tempat tanpa perlu keluar dari rumah. Olahraga kardio terbaik ini dapat menjadi pemanasan untuk lanjut ke jenis olahraga lain. Kamu dapat melakukan jogging di tempak selama 10-30 menit.

2.      Naik Turun Tangga

asset.kompas.com

Kalau rumahmu ada tangga, kamu bisa menggunakannya untuk berolahraga. Naik turun tangga dapat memacu detak jantung. Naiklah tangga dengan kecepatan setinggi mungkin dan turun secara perlahan. Kamu bisa mengulanginya selama 10-20 menit sesuai kemampuanmu.

3.      Lompat Tali

cdn-2.tstatic.net

Sewaktu kecil kamu pasti sering memainkan lompat tali. Sembari nostalgia sama masa lalu, kamu bisa berolahraga dengan tali. Olahraga ini akan membakar 100 kalori dalam waktu 10 menit saja. Lompat tali memang susah. Kamu tidak perlu membebani dirimu dengan target. Lakukan sesuai kemampuan saja.

4.      Lompat-Lompat

grid.id

Apabila kamu tidak punya tali skipping, kamu dapat melompat-lompat sebagai olahraga. Untuk hasil maksimal, lompatlah 20-30 kali dalam satu set. Tidak perlu melompat terlalu tinggi, yang terpenting adalah kamu menggunakan otot kaki untuk menaikan tubuh ke atas dalam waktu yang cepat.

5.      Berenang

cloudfront.net

Berenang mempunyai banyak sekali manfaat. Selain sebagai olahraga kardio, berenang juga dapat mengoptimalkan kinerja paru-paru, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otom, sampai memperbaiki kepadatan tulang orang dewasa.

Tapi bagaimana kalau di rumah tidak mempunyai kolam renang? Ya, berenang saja di bak mandi. Eh, bercanda gaes. Kalau tidak punya, kamu bisa melakukan olahraga lain saja, kan masih banyak jenis olahraganya.

6.       Burpees

asset.indosport.com

Jenis olahraga ini memadukan banyak gerakan, seperti  lompat, squat, plank dan push up. Kamu bisa melakukan keempat gerakan tersebut secara berurutan, lalu mengulanginya beberapa kali selama 10 sampai 20 pengulangan.

7.       Circle Hop Squat

keepoo.me

Olahraga ini memadukan gerakan squat dengan melompat sembari berputar 180 derajat di udara. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa melakukannya berulang-ulang.

8.       Step Up

gstatic.com

Pertama, persiapkan bangku sebagai pijakan, usahakan memilih yang kokoh. Letakan kaki kanan di bangku dan gunakan otot pantat untuk mendorong tubuh ke atas sehingga kaki lurus dan kaki kiri terangkat dari tanah.

Baca Juga : 5 Novel Tentang Olahraga  Yang Harus Kamu Baca

Secara perlahan turunkan tubuh, dengan urutan kaki kiri menjejak tanah, lalu kaki kanan. Ulangi latihan tersebut selama 30 sampai 60 detik.

Itulah 8 olahraga kardio simpel saat WFH yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Untuk membunuh waktu gabutmu setelah bekerja, baca saja novel di Cabaca. Install aplikasinya di google play dan dapatkan novel-novel keren setiap harinya. [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca