8 Novel Tentang Pernikahan yang Wajib Dibaca di Cabaca - Hadiah apa yang paling bagus untuk kado pernikahan? Ada banyak hal yang bisa kamu berikan kepada teman tersayangmu, pastikan sesuai dengan budget dan keperluannya, ya.

Ngomong-ngomong perihal pernikahan, pernakah kamu tertarik menggali lebih dalam tentang pernikahan, seperti bagaimana mempertahankan rumah tangga yang di ujung tanduk, memaafkan masa lalu pasangan, dan mencoba bangkit dari kematian orang tersayang?

Sisi dari pernikahan memang asyik untuk dikulik. Berikut delapan novel bertema pernikahan yang akan menambah wawasan sekaligus menghibur dirimu yang ditinggal teman nikah.

1. Love Like Puzzle

Follow Instagram @laurellisma

Novel tentang perselingkuhan pasangan ini ditulis oleh Ratna Dks. Diceritakan bahwa suami Agni, berselingkuh. Setelah itu, Agni meminta bercerai, tapi Yudha malah mengajaknya berlibur ke Negeri Ginseng dan meminta Agni untuk memaafkannya. Yudha berjanji tidak akan mengkhianati Agni lagi.

Akankan rekonsiliasi mereka berhasil? Atau bagaimana kalau sakit hati Agni tidak terobati? Bagaimana kalau di sana, Agni bertemu pria yang lebih baik dan memutuskan untuk mengkhianati juga? Kamu bisa melanjutkan kelanjutan novel ini di Cabaca.

2. My Dna Love’s

Bagaimana kisahnya dua orang yang mempunyai perbedaan gaya hidup, umur, dan prinsip, diikat dalam satu bahtera rumah tangga? Itulah yang terjadi kepada Bintang Mahendra dan Sienta Azadirachta. Karena dijodohkan, mereka harus menjalani pernikahan yang tidak mereka inginkan. Bisakah keduanya mempertahankan pernikahan? Bagaimana cara mereka untuk mendapatkan kebebasannya kembali?

3. Happily Ever After

Apakah arti kebahagiaan dalam pernikahan adalah hidup menua bersama? Tidak. Semua orang memiliki ukuran kebahagiaannya sendiri. Begitu pula yang terjadi dalam pernikahan Ares dan Raina. Pernikahan mereka yang seumur jagung dilewati dengan pertengkaran-pertengkaran. Lalu hubungan mereka semakin memburuk ketika masa lalu datang silih berganti. Bisakah keduanya tetap mempertahankan pernikahan? Atau berpisah adalah pilihannya?

4. Sepotong Hati Lelaki

Kematian selalu menimbulkan luka, air mata dan kesedihan. Begitu pula yang dirasakan oleh Samo. Setelah istri dan anak perempuannya meninggal dalam kecelakaan, Samo merasa kehidupannya hampa. Dia sulit bahagia. Dia tidak punya gairah hidup.

Namun, suatu hari, datanglah seorang anak kecil bernama Noni yang membuat hidupnya lebih berwarna lagi.

Baca Juga: 8 Novel Tentang Ayah untuk Dibaca Saat Hari Ayah Nasional

5. Krama

Ada banyak hal yang tidak bisa dijelaskan mengenai pernikahan, seperti mengapa harus menikah? Sampai kapan kita menikah? Sanggupkah kita mempertahankan pernikahan? Inilah kisah tiga orang, Shalindra, Vera dan Kalya, dalam berjibaku dengan pernikahan serta segala alasan yang hanya bisa dijawab diri mereka sendiri. Novel Krama karya AlineLaksmi ini juga banyak mengulas filosofi pernikahan dalam adat Jawa.

6. Save Me Mr. Cool

Karena sebuah kontrak pernikahan, hidup Xeena bagaikan berada di roller coaster, dijungkar-jungkir sampai membuat hatinya terasa berkecamuk. Xeena pun dihadapkan pada pilihan: memilih kebebasan atau selamanya terkurung dalam sangkar emas Raiden?

7. You’re Expired

Apakah rahim seorang wanita bisa mengalami expired? Orang-orang selalu mengatakan hal demikian kepada Arani karena dia tak kunjung menemukan tambatan hati.

Karena tekanan yang selalu datang itu, Arani tidak sengaja bertemu Biru. Lelaki yang baru dikenalkannya itu, melamar Arani. Hanya saja, menikah tanpa cinta terasa begitu sulit dijalani. Arani sukar menemukan kebahagiaan. Apa selanjutnya yang akan dilakukannya kepada pernikahannya?

8. Tsabita Ilana

Sumber: IG @laurellisma

Kita tidak pernah tahu bagaimana Tuhan membolak-balikan hati manusia. Awalnya, Tsabita tidak ingin pacaran, tapi dia malah terjebak hubungan dengan mahasiswa sombong bernama Arsa. Pernikahan pun akhirnya diikrarkan. Namun, ada satu masalah sulit lainnya, yakni menikah dengan pria yang lebih muda darinya membuat ego Tsabita dipertanyakan. Apakah Tsabita bisa mempertahankan pernikahan seperti itu?

Baca Juga: 6 Cerita Tentang Kesehatan Ini Bikin Kita Jadi Bersyukur

Itulah delapan rekomendasi novel bertema pernikahan yang bisa kamu baca di cabaca. Download aplikasi Cabaca di Play Store yuk, gratis kok! Salah satu cara baca novel gratis adalah dengan melakukan misi kerang. Cari tahu caranya di Cabaca ya!

Aplikasi baca novel di Indonesia dengan konsep yang menyenangkan dan beda!