8 Menu Lebaran Sehat yang Wajib Dicoba

8 Menu Lebaran Sehat yang Wajib Dicoba-Sehabis berpuasa selama satu bulan, pasti kamu ingin makan ini dan makan itu, kan? Apalagi kalau makannya bersama keluarga besar. Dijamin pasti kamu makin lahap.

Namun, perlu diingat bahwasanya tidak semua hidangan lebaran itu sehat, ya! Kamu perlu memilah untuk memastikan tetap mengonsumsi menu yang sehat saat lebaran.

Baca Juga : 6 Ide Outfit Lebaran dan Ramadhan Tahun 2022

8 Menu Lebaran Sehat, Apa Aja?

Berikut adalah beberapa menu lebaran sehat yang harus banget kamu coba!

1.  Balado Telur Kemangi

cookpad

Pecinta telur pasti suka jenis makanan yang satu ini. Kamu bisa menghidangkannya selagi hangat. Kamu juga tidak memerlukan banyak bahan. Cuma telur ayam dan daun kemangi. Lalu bumbu halusnya bisa memakai bawang merah, bawang putih, cabai dan sedikit terasi bakar.

2.  Ikan Bakar

Tastynesia

Segala jenis bakar-bakaran dan hidangan lebaran tanpa santan adalah kesukaan banyak orang. Kamu hanya perlu menyiapkan ikan, entah itu gurame, bandeng, mujair, patin, dan sebagainya sebagai lauk utama.

Untuk bumbu halusnya kamu hanya memerlukan bawang putih, bawang merah, cabe, jahe, garam, kunyit dan kemiri. Setelah itu, lumuri ikan dengan bumbu halus tersebut.

3.  Sup Sayur

cookpad

Makanan segar lebaran berikutnya adalah sup sayur. Kamu bisa memasukan segala jenis sayuran ke sini, seperti wortel, kubis, kentang, buncis, dan lain-lain.

4.  Sambal Goreng Kentang

selerasa.com

Menu lebaran sehat berikutny adalah sambal goreng kentang. Makanan yang tidak mengandung santan ini pasti disukai oleh banyak kalangan. Baik anak kecil maupun dewasa. Cara membuatnya pun tidak susah. Kamu hanya perlu bahan pokok, yakni kentang. Lalu bumbu-bumbu halus lainnya.

Baca Juga: 10 Resep Buka Puasa Sederhana dengan Bahan Gampang Dicari

5.  Tumis Sawi Daging

selerasa.com

Memakan banyak serat juga bagus untuk tubuh, apalagi setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Daging bisa kamu olah dengan menumisnya dan menambahkan sawi. Jangan terlalu pedas, ya. Supaya perutmu tidak merasa kaget.

6.  Udang Saus Tiram

selerasa.com

Banyak sekali para  pecinta udang. kabar baiknya, udang masih masuk dalam kategori menu makanan sehat untuk lebaran loh! Jadi kamu bisa berbahagia tentunya.

Cara membuatnya pun mudah. Kamu hanya perlu bahan utama, yakni udang. Kemudian dicampur dengan bawang putih, bawang merah, jahe, bawang bombai, cabai hijau, cabai merah, saus tiram, kecap manis, garam dan gula pasir.

7.  Bakso Kuah

cookpad.com

Nah, kalau ini favorit seluruh penduduk Indonesia, bakso. Cara membuatnya kamu hanya perlu daging sapi giling, bawang merah, bawang putih, baking powder, garam, gua, lada, tepung sagu, telur dan penyedap rasa. Bakso kuah paling nikmati dinikmati dengan segelas es degan.

8.  Sambal Goreng Ati Petai

cookpad.com

Kalau kamu tidak sukai petai, kamu bisa menyingkirkan bahan itu. Membuat sambal goreng ati petai sangat mudah, selain dua bahan bakunya, kamu hanya perlu menyiapkan bahan halusnya saja, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam dan kedap.

Selain perut, pikiran juga harus diberi asupan yang menyehatkan. Contohnya dengan membaca buku. Dengan membaca buku (apa pun jenisnya) akan membuka wawasan serta menghibur kita dalam ketidakpastian hubungan percintaan.

Baca Juga: 7 Resep Kue Kering DEBM Buat Lebaran

Membaca sekarang tidak sukar lagi. Install saja aplikasi Cabaca di Google Play. Kamu bisa membaca novel keren setiap harinya. Kamu juga bisa menyelamatkan pohon dengan mengurangi kertas.

Mengapa harus Cabaca? Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lulus kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca disini [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca