8 Daftar Komunitas Baca Buku, Bisa Tingkatkan Literasi Kamu

8 Daftar Komunitas Baca Buku di Indonesia-Saat ini tingkat literasi di Indonesia perlahan mulai mengalami kemajuan. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya komunitas diskusi buku, komunitas pegiat literasi, maupun komunitas baca bareng yang memiliki beragam kegiatan rutin dengan anggota yang terus bertambah.

Jika kamu tertarik bergabung menjadi salah satu anggotanya, mungkin komunitas-komunitas ini bisa jadi pilihan yang bagus.

Baca Juga : 11 Kafe Buku Di Jabodetabek, Jam Buka dan Alamat Lengkapnya!

8 Komunitas Baca Buku di Indonesia

Berikut adalah komunitas-komunitas literasi yang bisa kamu ikuti!

1. The Diversitea Book Club

The Diversity Book Club merupakan salah satu komunitas baca buku unik yang bisa kamu ikuti. Mengapa begitu? Karena klub ini didedikasikan untuk anggota yang ingin membaca buku-buku diverse.

Lalu, apa itu buku Diverse? Dilansir dari website We Need Diverse Books, sebuah buku disebut diverse jika buku tersebut mempunyai keragaman, seperti memiliki tokoh atau ditulis oleh penulis dengan latar belakang dan identitas marjinal. Asyik banget! Apa kamu tertarik bergabung grup ini?

2. One Week One Book

Gerakan One Week One Book merupakan komunitas yang dibentuk dengan tujuan agar anggotannya, dapat membaca minimal satu buku dalam kurun waktu satu minggu. GOWB merupakan komunitas pegiat literasi yang sampai saat ini masih aktif.

Aktivitas anggota OWOB terbagi menjadi dua media. Dengan Instagram, anggotanya bisa membagikan review buku yang telah mereka baca di setiap minggu.

Uniknya, jika anggotanya bisa mencapai target bacaan di tiap minggunya, maka OWOB akan memberikan sertifikat. Tak hanya itu, OWOB juga sering mengadakan diskusi melalui grup WhatsApp loh!

Baca Juga: 19 Kafe Buku di Yogyakarta, Jam Operasional dan Alamat Lengkapnya

3. Rak Buku

Rak Buku merupakan salah satu klub buku yang menawarkan banyak genre pembahasan, utamanya genre novel Asianlit dan Magical Realism.

Kamu bisa bergabung di kegiatan baca bareng rutinnya di setiap pekannya. Rak Buku juga sering mengadakan diskusi buku yang menarik loh!

4. Klub Buku Narasi

Klub Buku Narasi merupakan komunitas baca bagian dari Narasi TV. Klub ini sudah cukup besar dan popular  di kalangan bookworm yang bisa kamu ikuti jika mengikuti komunitas ini adalah bedah buku dan diskusi buku.

Narasi mendirikan klub ini agar para pembaca buku bisa saling menginformasikan mengenai buku-buku bagus yang kadang masih susah untuk diakses.

5. Midnight Reading Club

Midnight Reading Club merupakan klub buku untuk orang-orang yang suka membaca bersama di malam hari. Jika kamu tertarik membaca bersama sekaligus mendiskusikannya maka klub ini bisa jadi pilihan bagus untukmu.

Akun utamanya ada di Twitter, kamu bisa memfollownya untuk memperoleh informasi mengenai agenda rutinnya. Biasanya kegiatan Midnight Reading Club dilakukan via google meet.

6. BBBClub

Jika kamu pembaca perempuan, dan ingin bergabung Bersama para pembaca perempuan yang lain, maka komunitas ini sangat cocok untukmu. BBBClub memang dikhususkan untuk para reader perempuan, utamanya untuk kalangan ibu-ibu.

Tentunya, saat menjadi seorang ibu kegiatan membaca akan sedikit berkurang karena kesibukan pribadi.  Nah, komunitas ini mewadahi para ibu untuk tetap meluangkan hobi membacanya. Menarik, bukan?

7. Komunitas Pecandu Buku

Komunitas Pecandu Buku merupakan komunitas yang dibentuk oleh  Fiersa Besari dan Aulia Angesti yang mereka mulai pada 18 Juli 2015. KPB bertujuan agar masyarakat Indonesia lebih suka membaca, utamanya di era digital.

Jika kamu tertarik bergabung, maka kamu harus membuat tulisan mengenai  reviewbuku  terlebih dahulu.

8. Bookstagram Indonesia

Bookstagram Indonesia sebenarnya mempunyai model yang mirip dengan Komunitas Pembaca Buku Indonesia, utamanya di bagian kegiatan membaca bersama.

Komunitas ini juga sudah cukup besar dan memiliki kegiatan rutin yang aktif. Kamu bisa bertemu banyak bookworm didalamnya. Kesempatan bagus,kan?

Baca Juga : Cari Tempat Donasi Buku? Cek di Sini Yuk!

Jadi, kamu tertarik bergabung bersama komunitas Baca Buku yang mana nih? Jika kamu memang suka membaca, cobalah baca novel-novel digital seru di Cabaca. Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lulus kurasi.

Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca disini.

Baca novel Indonesia di Cabaca