8 Ide Lomba Agustusan Online yang Menarik Buat Diadain – Kita masih menghadapi pandemi Covid-19. Maka dari itu, kita harus menjaga jarak dan mengurangi kerumunan. Namun, rasanya pasti tidak menyenangkan kalau agustusan tanpa ada lomba, kan?

Sebenarnya, sekarang segala sesuatunya bisa dilakukan dengan online. Kamu pun bisa membuat lomba online menarik. Lomba online di masa pandemi pasti bisa menghibur kita semua. Berikut macam-macam lomba online yang direkomendasikan untukmu.

1. Charades Online

Ide lomba Agustusan online yang pertama berupa tebak kata. Hanya saja, kata yang ditanyakan diperagakan dengan gerak tubuh, bukan diucapkan dengan mulut. Mulut kamu harus tertangkup rapat. Ada banyak situs yang bisa jadi generator dan memilihkan secara random kata-kata yang harus diperagakan, seperti misalnya PlayCharades.net, Pantoparty, dan sebagainya.

2. Lomba Tebak Padanan Kata

Kamu bisa membuat lomba online tebak kata. Kalau biasanya salah satu orang hanya menggerakkan bibir dan yang lain menebak kata yang diucapkan, yuk buat lomba dengan sedikit berbeda. Caranya ajak beberapa temanmu untuk bergabung di Zoom atau video call. Pilih seseorang yang akan menjadi moderator. Moderator lalu memilih kata tertentu dari bahasa Inggris. Sementara yang lain harus mencari padanan kata dalam bahasa Indonesianya. Selain asyik, game ini juga mampu menambah wawasan perbendaharaan kata kita.

3. Lomba Makan Cepat dan Pedas

Kamu bisa mengumpulkan orang-orang yang suka makan untuk mengikuti lomba mokbang ini. Supaya adil, kamu bisa memesan makanan berlevel pedas yang sama via aplikasi ojek online atau lainnya. Kemudian setelah makanan datang, hidupkan video call, Zoom, atau Google Meet. Pertandingan pun dimulai. Jangan lupa sediakan minuman juga, ya.

4. Lomba Kreasi Lukis Masker

Masker adalah benda yang harus selalu kita pakai untuk mencegah penularan virus Covid-19. Dari situlah, kamu bisa mengadakan lomba kreasi lukis masker. Peserta cukup mengunggah masker kreasinya di media sosial.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan untuk 17 Agustus

5. Lomba Foto Kemerdekaan

Lomba online selanjutnya yakni dengan mem-posting foto seputar kemerdekaan di media sosialmu. Kamu bisa memberikan tema bagaimana perjuangan para pahlawan demi mencapai kemerdekaan RI atau hal-hal berbau lokal lainnya, seperti baju adat, kebudayaan setempat, dan lain-lain. Para peserta bisa mengunggah foto tersebut di laman Facebook, Instagram, atau Twitter.

6. Lomba Video TikTok

Banyak video TikTok yang lucu dan menghibur. Kamu bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk lomba agustusan lucu. Perbolehkan peserta untuk membuat video sekreatif mungkin. Boleh membuat video lucu atau menginspirasi. Siapa saja yang berhasil mendapat like dan komentar terbanyak, dialah pemenangnya.

7. Permainan 3, 6, dan 9

Permainan ini asalnya dari Korea Selatan. Untuk memainkannya kamu harus fokus dan tidak boleh melamun. Cara main game ini cukup mudah. Kamu perlu mengumpulkan beberapa orang via online. Kemudian berhitung satu demi satu. Setiap orang yang mendapatkan angka 3, 6, dan 9, harus menggantinya dengan tepuk tangan atau mengucapkan pingpong atau kamu bisa menggantinya dengan kata yang kamu mau.

8. Lomba Menulis

Menulis adalah hobi atau pekerjaan yang terbilang tidak susah. Dengan di rumah saja, kamu bisa menghasilkan karya bagus. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan fee dari tulisanmu. Lomba menulis untuk agustusan, tidak selalu mengenai kepahlawanan, kamu bisa membuat tema beragam, semisal tema yang diusung untuk Lomba Terbaru Cabaca, Kontes Adulting Tales. Kamu juga harus mengategorikan lomba menulis apa yang akan kamu usung, apakah menulis puisi? Ataukah novel? Apa pun rencanakan dengan sebaiknya, ya, pun pertimbangkan hadiahnya juga supaya banyak yang ikut.

Baca Juga: 10 Lomba Agustusan Terunik untuk Acara Kampungmu!

Itulah 8 lomba agustusan online yang direkomendasikan untukmu. Di mana pun kalian berada, semoga tetap sehat, ya. Jangan lupa baca novel online dan dukung aplikasi baca novel Indonesia, aplikasi Cabaca, dan unduh di Play Store. [Lisma]