8 Film Tentang Kehidupan Penulis yang Menginspirasi – Menjadi penulis, memanglah tidak mudah. Kamu capek-capek nulis, kemudian tidak ada yang baca. Kamu lelah-lelah mencari bahan riset, eh, naskahnya malah diplagiat. Belum lagi naskah yang tidak kunjung diterbitkan. Rasanya pasti nyesek banget.

Gak perlu khawatir karena Namjoon BTS saja pernah bilang, "Segala harapan pasti ada cobaan." Dari situlah, menyemangati diri sendiri adalah kewajiban untuk kamu yang ingin sukses di bidang kepenulisan.

Sebagai upaya menumbuhkan rasa semangat, berikut direkomendasikan film tentang kehidupan penulis.

1. The Happy Prince

Film ini dirilis pada tahun 2018, bercerita  tentang biografi Oscar Wilde dalam membacakan karya The Happy Prince and Other Tales kepada anak-anaknya. Oscar Wilde merupakan sastrawan legendaris asal Irlandia. Dia sudah menuliskan banyak cerita, beberapanya memenangi penghargaan bahkan seorang Morrissey terinspirasi oleh karyanya.

2. The End of the Tour

David Foster Wallace adalah penulis legendaris asal Amerika yang menelurkan sejumlah fiksi maupun nonfiksi. Pada awalnya, penulis kelahiran 21 Februari 1962 ini dikenal garang karena penampilannya seperti geng motor. Namun, sebelum film usai, Wallace menunjukan sisi lembut yang dia miliki.

3. Sylvia

Film ini rilis di tahun 2003, mengisahkan seorang Sylvia Path, yang mana adalah penulis wanita kelahiran Inggris. Dia dikenal karena puisi-puisi yang ditulisnya. Pemeran penyair dalam film ini adalah Gwyneth Paltrow.

4. Following

Dalam film ini tokoh utamanya adalah rekaan, yaitu penulis eksentrik bernama Bill. Untuk mencari inspirasi menulis, Bill menguntit orang-orang. Pada suatu ketika, dia bertemu dengan maling, yang kemudian menjadi tangan kanannya.

Baca Juga: 15 Serial Netflix Terbaik Sepanjang Masa

5. Midnight in Paris

Kota Paris pernah melahirkan penulis-penulis ternama, seperti Ernest Hemingway, Gertrude Stein, dan Scott Fitzgerald. Ketiga orang itu disebut dengan the lost generation. Film yang rilis tahun 2011  ini merangkum aktivitas mereka. Hmm, sepertinya menarik, ya.

6. Ruby Sparks

Calvin Weir-Fields adalah penulis muda sukses yang pada suatu hari sedang berjuang melawan writer's block. Namun, tokoh utama wanita dalam karyanya, Ruby Sparks, tiba-tiba saja menjadi sosok nyata. Film menarik ini bisa kamu tonton untuk menemani hari-hari gabutmu.

7. The Help

Film ini berdasarkan judul sama karya Kathryn Stockett. Dikisahkan bahwa Eugenia Phelan merupakan penulis kolom majalah, yang suatu hari menulis buku kontroversial. Buku itu berisi tentang para asisten rumah tangga berkulit hitam yang mengalami masalah rasisme ketika bekerja dengan keluarga kulit putih.

8. Capote

Capote rilis pada tahun 2005, berkisah tentang Truman Capote, penulis terkenal asal Amerika Serikat. Truman Capote sedang melakukan penyelidikan untuk menulis novelnya yang berjudul In Cold Blood. In Cold Blood memiliki konflik terbunuhnya seluruh keluarga di kota Kansas. Karena film ini, banyak sekali penghargaan yang diraih oleh pemeran utamanya, Philip Seymour Hoffman.

Baca Juga: 10 Film yang Diangkat dari Novel dan Laris Manis!

Itulah 8 film tentang penulis yang bisa kamu tonton di waktu luang. Agar bisa menulis dengan baik, usahakan juga banyak membaca, ya. Sekarang membaca tidak perlu susah lagi. Kamu hanya perlu install aplikasi Cabaca dan dapatkan novel baru setiap harinya. [Lisma]