8 Film Indonesia yang Terkenal di Festival Internasional - Setiap tahunnya, terselenggara festival-festival film internasional, mulai dari Toronto International Film Festival (TIFF) sampai Cannes Festival Film. Festival Film ini biasanya akan diikuti oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Berikut adalah film Indonesia yang ada di festival internasional yang bisa ditonton saat hari film nasional.

1. Gundala

Sumber: imdb.com

Gundala merupakan film besutan Joko Anwar. Film ini terinspirasi dari karakter pahlawan super Indonesia tahun 1969. Di dalam negeri sendiri, Gundala berhasil meraup satu juta penonton dalam satu pekan.

Sedangkan prestasi film ini di kancah internasional, tidak kalah banyak pula. Gundala berhasil masuk ke kategori Midnight Madness di Festival Film Toronto 2019, yang penayangannya bersama film bergengsi lainnya, seperti The Capote Tapes, The Cave, Citizen K, hingga Joker.

2. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Sumber: imdb.com

Ini dia film Indonesia yang go international. Film yang disutradarai Mouly Surya ini berhasil tayang di Toronto International Film Festival dan Singapore International Film Festival. Sebanyak 18 negara di dunia melirik film ini untuk ditayangkan di negara mereka. Lewat menjadi pemeran utama Marlina, Marsha Timothy meraih gelar aktris terbaik di ajang festival film di Spanyol

3. Ziarah

Sumber: imdb.com

Peperangan menimbulkan banyak luka, terlebih kepada seorang perempuan yang ditinggalkan suaminya.

Dari sanalah, BW Purbanegara membuatnya menjadi film. Ziarah merupakan sebuah film yang menceritakan pencarian seorang istri terhadap makan suaminya yang tak pernah kembali setelah pamit perang. Film epik ini meraup dua penghargaan di ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 201, yakni Best Screenplay dan Special Jury Award. Bahkan pemeran utamanya yang telah lanjut usia, masuk nominasi aktris terbaik AIFFA 2017.

4. Battle of Surabaya

Sumber: imdb.com

Indonesia juga menorehkan namanya di ajang Milan International Filmmaker Festival. Film animasi ini meraih kategori terbaik. Konon katanya, dalam pembuatannya melibatkan 180 animator. Sedangkan ide cerita dari filmnya adalah perjuangan 10 November 1945 di Surabaya.

Baca Juga: 10 Film Tentang Guru yang Inspiratif

5. Istirahatlah Kata-Kata

Sumber: imdb.com

Bagi seorang penulis (seperti kalian), apakah kalian tahu siapa Widji Thukul? Yups, dia adalah penyair dan aktivis hak asasi manusia. Dia diculik sekitar tahun 1998 (saat itu umurnya 34 tahun). Dicurigai, Widji Thukul diculik oleh rezim militer.

Film ini terinspirasi dari kisah Widji Thukul, yang dengan berani menyuarakan pemikirannya lewat puisi. Istirahatlah Kata-kata berhasil meraih penghargaan di ajang Film Festival Love is Folly di Bulgaria.

6. Kucumbu Tubuh Indahku

Sumber: imdb.com

Kucumbu Tubuh Indahku atau Memories of My Body karya Garin Nugroho ini, berhasil menjadi pemenang Asia Pasific Screen Award, menjadi film terbaik dalam Festival Des 3 Continents Nantes 2018.

Film ini bercerita tentang perjalanan Juno (Muhammad Khan), yang menjadi penari Lengger Lanang, yakni penari laki-laki yang menari tarian perempuan.

7. Hiruk-Pikuk si Al-Kisah

Sumber: imdb.com

Dari judulnya saja sudah antimainstream, kan?

Tema yang diangkat pun antimainstream. Bercerita tentang Siman (Gunawan Maryanto) yang tertangkap dan dipotong lidahnya saat dirinya melihat kru asing yang sedang melakukan shooting pendaratan di bulan. Karena hal itulah, hidup Siman berubah. Dia disebut gila dan hidupnya terasa begitu berat.

Film ini tayang perdana pada sesi kompetisi internasional (Concorso Internazionale) dalam Locarno Film Festival 2019.

8. Pengabdi Setan

Sumber: imdb.com

Seperti filmya yang lain, Joko Anwar berhasil membawa nama Indonesia ke kancah kompetisi internasional. Pengabdi Setan berhasil menyabet kategori film terseram dalam ajang Popcorn Frights Film Festival 2018 di Florida, Amerika Serikat dan Film Terbaik dalam Overlook Film Festival.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Menonton Film Gundala

Itulah delapan film Indonesia yang mendunia. Kalian sudah menonton yang mana saja? Tidak suka menonton film, tapi suka baca buku, eits jangan khawatir. Sekarang kalian bisa membaca buku langsung dari ponsel. Install aplikasi Cabaca di Play Store yuk! Cari tahu cara mendapatkan kerang gratis di sini. [Lisma]

Aplikasi Cabaca, cara mudah baca novel Indonesia!