8 Drakor tentang Penulis, Penulis Wajib Nonton-Pada dasarnya menjadi penulis tidaklah mudah. Ada banyak sekali teori mengenai kepenulisan. Termasuk ada banyak lahan kepenulisan yang diisi oleh para penulis lama itu lagi, penulis itu lagi, sehingga penulis baru mengalami kesulitan untuk masuk.

Pentingnya Menonton Film Untuk Para Penulis

Tentunya setiap penulis memiliki cara masing-masing dalam proses kreatif kepenulisannya. Tak jarang penulis menjadikan film sebagai sumber inspirasi. Misalnya saja seorang penulis novel horor, akan mendapat beberapa inspirasi saat menonton film horor.

Oleh karena itu, jika sedang merasa stuck atau mengalami writer block saat menulis, ada baiknya untuk mencoba menonton film. Selain dapat dimanfaatkan sebagai aktivitas refreshing, kemungkinan untuk mendapat ide tulisan baru juga besar saat menonton film.

Baca Juga: 17 Tips Menulis Kreatif, Dijamin Ampuh Menarik Pembaca!

8 Drama Korea Tentang Penulis yang Wajib Kamu Tonton!

Berikut ini adalah rekomendasi drama korea yang wajib banget ditonton oleh para penulis! Apa saja? Simak daftarnya berikut ini!

1.      It’s Okay to Not Be Okay (2020)

Tirto

Pada masanya drakor It’s Okay to Not Be Okay menjadi favorit di kalangan pencinta drama Korea. Fokus cerita ini adalah kisah Ko Moon Young (penulis dongeng anak) dan Moon Gang Tae (perawat) yang menyingkapkan sebuah pembunuhan beserta segala luka masa lalunya.

Kamu bisa belajar juga mengenai gaya story  telling dari Ko Moon Young yang terbilang unik dan menarik.

2.      Radio Romance (2018)

Rakuten Viki

Song Geu Rim merupakan penulis program radio yang tidak terlalu bakat menulis. Suatu hari dia bertemu dengan direktur produksi stasiun radio bernama Lee Kang. Sebuah perjuangan pun harus Song Geu Rim lakukan supaya programnya tidak dihapus oleh perusahaan.

Namun, karena tekadnya yang kuat untuk menjadi seorang penyiar radio Geu Rim tidak menyerah. Ia berusaha keras untuk memenuhi persyaratan yang diajukan kepadanya jika ingin menjadi penyiar radio.

Kamu bisa juga ikut belajar bersama Geu Rim untuk menulis naskah atau script untuk penyiar radio yang bagus.

3.      Temperature of Love (2017)

Grid.ID

Menjadi penulis skenario bukanlah hal mudah. Lee Hyun Soo harus melakukan segala cara demi impiannya tersebut. Karena urusan kepenulisan pula, Lee Hyun Soo bertemu oleh beberapa pria yang akan mengisi hidupnya.

Kamu bisa belajar mengenai kepenulisan dari Hyun Soo yang berprofesi sebagai penulis naskah drama. Asyik dan insightfull, bukan?

4.      Chicago Typewriter (2017)

Dreamers.id

Drakor yang wajib dibaca penulis selanjutnya berjudul Chicaco Typewriter. Dalam cerita ini, kamu akan ditunjukan bagaimana perjuangan menjadi seorang penulis terlaris di masa kemerosotan, penggemar dan juga penulis bayangan. Segalanya memang tidak mudah, tapi segala cita-cita patut untuk diperjuangkan.  

Jika semangatmu dalam menulis sedang turun, drama ini cocok banget kamu tonton untuk meningkatkan motivasi menulismu.

Baca Juga: 10 Film Korea yang Paling Sedih, Siapkan Tisu Sebelum Menonton!

5.      Because This is My First Life (2017)

Detik

Dibintangi oleh pemain terkenal, Lee Min Ki dan Jung So Min, drama ini mengangkat perjuangan seorang asisten penulis skenario yang dihadapkan pada rentetan masalah.

Dia tidak sengaja berkenalan dengan Nam See Hee yang seorang desainer komputer dan melakukan segala cara demi membeli townhouse. Kamu bisa belajar mengenai beratnya berkarir sebagai seorang asisten penulis skenario melalui drama ini.

6.      She was Pretty (2015)

Medcom.id

Pada masanya pula, She was Pretty pernah menduduki posisi puncak. Drama ini menceritakan kisah cinta yang terjalin di perusahaan penerbitan majalah mode antara teman masa kecil.

Hal menarik dalam drama ini adalah bernuansa komedi, romantis dan perjuangan terhadap impian. Drama ini menceritakan tentang Min Ha Ri yang bekerja sebagai seorang jurnalis di salah satu majalah keren di Korea Selatan.

Namun, dia dianggap memiliki performa yang kurang bagus. Namun, Ha Ri tidak menyerah, hingga ia dipercaya untuk menulis artikel release dan script wawancara dengan penulis terkenal.

Melalui drama ini, kamu bisa belajar banyak hal, mulai dari kepenulisan novel, kepenulisan script wawancara, hingga kepenulisan artikel release.

7.      Kill Me, Heal Me

Rakuten Viki

Ada banyak sekali film Korea yang tokoh utama sebagai seorang penulis, tapi dalam drama ini, tokoh pendukungnyalah yang seorang penulis. Penulis itu bernama Oh Ri On.

Dia menjadi penulis misterius dan mempunyai latar belakang kelahiran yang bikin nyesek. Dalam Kill Me, Heal Me juga berfokus kepada Ri Jin (seorang residen  psikiatri) dan Cha Do Hyun (pewaris bisnis generasi ketiga, yang mempunyai gangguan identitas disosiatif atau kepribadian ganda).

8.      It’s Okay, That’s Love (2014)

Grid.ID

Dalam drama It’s Okay, That’s Love menceritakan tentang kisah seorang penulis novel misteri bernama Jang Jae Yeol dan segala latar belakang kehidupan pribadinya. It’s Okay, That’s Love akan mengajarkanmu bagaimana arti sebuah perjuangan. Segala kesedihan akan bisa dikurangi dengan menulis.

Baca Juga: 10 Tips Menulis Keren Ala Raditya Dika, Langsung Best Seller

Dari judul di atas, drama Korea apa saja yang sudah kamu tonton? Selain menonton drama, jangan lupa perbanyak baca novel atau buku, ya, supaya perbendaharaan katamu semakin luas lagi.

Baca novel sekarang sangat mudah. Kamu hanya perlu install Cabaca dan dapatkan novel-novel baru setiap harinya dengan gratis. Tak hanya itu, sekarang kamu bisa menulis secara bebas di aplikasi Cabaca loh! Jika ceritamu bagus, novelmu juga bisa di monetisasi!

Caranya gampang banget! Cukup masuk ke web atau aplikasi Cabaca pakai akun kamu, lalu cari tanda plus (+) dibagian bawah beranda. Udah deh, kamu bisa mulai nulis. Gampang banget kan. Coba aja buka website cabaca disini.

Baca novel Indonesia di Cabaca