8 Cara Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Dini-Seiring berjalannya waktu, para ibu semakin menyadari bahwa literasi baca tulis anak usia dini sangatlah penting. Karena hal tersebutlah, banyak ibu yang mulai membelikan buku untuk anak mereka.

Salah satu tantangan dari literasi anak adalah bagaimana ibu mampu meningkatkan minat baca anak. Sebenarnya anak-anak merupakan makhluk yang suka mendengarkan cerita.

Apabila mereka tidak menyukai sebuah buku, berarti alasannya bisa karena ada dua, yakni bacaan tersebut tidak cocok atau cara penyampaian yang membosankan.

Edukasi Kompas

Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca Anak

Membaca adalah salah satu hal primer dalam kehidupan manusia. Tentunya dengan membaca ada banyak manfaat yang bisa didapat. Tidak hanya sekedar menambah wawasan,  aktivitas membaca juga bisa meningkatkan daya ingat seseorang.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan baha membac amampu meningkatkan kualitas hidup  manusia. Sayangnya, hingga saat ini minat  baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah.

Menurut penelitian dari Program for International Student Assessment (PISA), tingkat literasi Indonesia ada di nomor 62 dari 70 negara. Tentu hal ini terlihat memprihatinkan dan mengidentifikasikan bahwa Indonesia memang darurat literasi.

Membangun Kebiasaan Membaca

Sebenarnya kebiasaan membaca bisa dimulai dari usia belia.  Pendidikan keluarga menjadi aspek penting untuk menentukan  apkah  anak akan suka membaca atau tidak. Apalagi harus kamu pahami bahwa pada fase anak-anak, fisik dan psikologis mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Pada masa ini, usia perkembangan anak disebut sebagai usia emas (golden age) yang mana masa ini dimulai sejak usia lahir hingga anak berusia enam tahun. Apalagi mengingat penelitian yang menyebutkan bahwa anak yang berumur 4 tahun sebenarnya telah memiliki kapasitas intelektual otak mencapai 50%, sedangkan di usia 8 tahun, intelektualitasnya meningkat menjadi 80%.

Adapun untuk rentang optimal ada di  umur 18 tahun (Jamaris, 2013). Oleh karen itu,  upaya untuk meningkatkan  minat  baca anak merupakan suatu hal  yang  harus diprioritaskan para orang tua.

Cara Meningkatkan Minat Baca Anak

Meskipun menumbuhkan minat baca pada anak usia dini bukanlah hal yang mudah, namun para ibu bisa mencoba strategi berikut ini:

1.  Sesuaikan Jenis Bacaan dengan Umur Maupun Kemampuan Berliterasi Anak

Bagaimana mengembangkan minat baca anak yang pertama harus ibu tahu adalah jenis-jenis buku serta kemampuan berliterasi anak. Seorang anak berumur di bawah lima tahun, cocoknya membaca pictures book, bukan novel anak yang mempunyai banyak teks.

Saat ini banyak penjual toko buku online untuk anak. Orang tua bisa memilih segala jenis buku yang tentunya harus disesuaikan dengan umur dan minat anak.

2.  Biarkan Anak Memilih Buku yang Ingin Dicoba

Ajaklah anak ke toko buku atau perpustakaan untuk memilih buku bacaaan yang ingin mereka baca. Apabila buku tersebut sesuai prinsip yang keluarga kalian usung, biarkan anak membacanya.

Namun, jika ada satu atau dua hal alasan yang membuat ibu merasa jenis bacaan tersebut tidak sesuai prinsip Anda, buku boleh tidak diberikan kepada anak. Tentunya ibu harus menjelaskan alasannya, ya.

Baca juga: 7 Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler untuk Dibaca Saat Hari Anak Nasional

3.  Menjadi Contoh

Bagaimana pengembangan minat baca anak di keluarga didasari dari memberikan contoh. Apabila orang tua menyukai membaca, hal tersebut akan ditiru anak. Begitu pula sebaliknya. Dengan keluarga yang suka membaca, akan menumbuhkan minat literasi baca tulis pada anak.  

4.  Menciptakan Tempat yang Nyaman

Ciptakan sebuah tempat di rumah yang menyediakan akses buku kepada anak supaya mereka betah membaca. Misalnya dengan menyediakan kamar khusus atau menyediakan sofa dan minuman hangat. Tempat nyaman akan membuat pikiran anak-anak kita menjadi tenang.

Para orang tua juga bisa membuatkan perpustakaan pribadi untuk anak. Dalam perpustakaan tersebut tak hanya berisi buku-buku namun juga ruang bermain yang untuk anak bersenang-senang.

5.  Bacakan Cerita untuk Anak

Apabila anak belum bisa membaca, bacakan cerita untuknya. Orang tua bisa membacanya sebelum tidur atau ketika ada waktu luang. Dengan membacakan cerita akan mendorong untuk meningkatkan kegemaran membacanya. Apabila anak sudah besar, orang tua masih bisa membacakan buku cerita apabila anak mau.

6.  Berikan Stimulus

Orang tua seharusnya melakukan stimulus kepada anaknya. Contoh yang bisa menjadikan stimulus adalah dengan mengatakan betapa pentingnya sebuah buku. Ibu atau Ayah juga bisa memamparkan manfaat dari membaca buku serta nilai positif lainnya. Dengan demikian diharapkan anak-anak bisa mencintai buku.

Stimulus tersebut tidak hanya diberikan untuk membaca buku fiksi, melainkan untuk membaca buku pelajaran maupun buku lainnya.

7.   Pahami Minat Baca Anak

Buku mempunyai banyak sekali ragam. Sedangkan anak mempunyai kecenderungan masing-masing. Orang tua harus mengetahui kecenderungan tersebut untuk memilihkan bacaan anak.

Secara umum, buku terdiri dari visual, auditori dan kinestetik. Apa pun bacaannya, asalkan tema tidak menyimpang dari prinsip keluarga, belikan saja buku tersebut. Membaca tidak harus buku yang punya banyak teks, komik pun merupakan bagian dari kegiatan membaca.

8.  Sediakan Bahan Bacaan di Rumah

Menyediakan bahan bacaan memang memerlukan banyak sekali uang. Ayah dan ibu bisa mengantisipasinya dengan mencicil buku-buku. Apa yang dibaca hari ini akan berpengaruh terhadap masa depan. Membaca buku akan memberikan banyak sekali manfaat untuk diri anak tersebut.  

Baca Juga: 6 Jenis Buku Anak yang Unik dan Direkomendasikan untuk Orang Tua

Itulah beberapa strategi atau tips yang bisa orang tua lakukan untuk meningkatkan minat baca anak. Tentunya, minat baca anak harus dimulai dari orang tua. Nah, bagi kamu yang ingin meningkatkan minat baca dengan membaca novel, maka aplikasi Cabaca bisa menjadi solusi.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, Cabaca memberikan jaminan novel kurasi untuk setiap  novel  yang diterbitkan! Novel terkurasi akan membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan dan berkualitas. Temukan novel-novel digital terkurasi  di aplikasi Cabaca! Coba baca aja dulu novel-novelnya disini.

Baca novel Indonesia di Cabaca