8 Tips Berkomunikasi Online Selama Pandemi – Pada masa pandemi seperti ini, berkomunikasi virtual merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Namun, ada banyak orang yang tidak memperhatikan etika berkomunikasi online.

Padahal komunikasi adalah syarat utama dalam bersosialisasi. Berikut cara berkomunikasi online yang bisa kamu terapkan mulai sekarang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Zoom Fatigue Saat Pandemi Covid 19

8 Tips Berkomunikasi Online Selama Pandemi, Apa Saja?

Ada beberapa tips berkomunikasi online yang bisa kamu lakukan selama pandemi. Berikut adalah beberapa hal diantaranya!

1. Memperlakukan Seseorang dengan Selayaknya

Apa yang ada di dunia nyata juga merupakan apa yang ada di dunia maya. Dengan demikian, kita harus memperlakukannya sama sebagaimana kita berbicara pada dunia nyata baik pergaulan maupun keseharian. Gunakan bahasa sopan dan selalu tekankan tone bicara yang baik.

2. Sadar Posisi

Dalam berkomunikasi, kamu harus menempatkan di mana posisimu berada. Apakah itu berada di forum diskusi? Ataukah itu grup mengobrol biasa? Apakah itu berada di meeting perusahaan? Ketiganya jelas memiliki aturan sendiri-sendiri. Dari sanalah, kita diharuskan bisa sadar diri dan pandai menempatkan diri sendiri.

3. Menghormati Privasi Orang Lain

Setiap orang memiliki privasi. Kita harus menghormatinya. Ada yang bisa kita bagikan ke dunia luar dan ada juga yang hanya bisa kita simpan sendiri, termasuk rahasia orang lain yang kebetulan kita ketahui. Intinya, jangan menyebarkan gosip.

4. Menghormati Forum

Pada suatu forum biasanya kita dilarang untuk membahas forum lainnya. Di situlah yang dinamakan menghormati forum. Menghormati forum ini juga bisa berarti tidak menjelekannya. Apabila kita tidak menyukai forum itu, cukup dengan meninggalkan saja.

Baca Juga: Apa itu Resume? Ini Bedanya Resume dan CV

Hiba for Good Faces.
Photo by Good Faces / Unsplash

5. Memaafkan Orang Lain

Berkomunikasi dengan banyak orang, akan ada banyak yang ditemui, salah satunya mungkin orang yang berbuat salah atau menyebarkan berita buruk tentang kita. Itu mungkin tidak mudah.

Namun, seperti halnya kehidupan nyata, kita juga bisa memberikannya kesempatan kedua dan memaafkan perbuatan orang-orang yang berbuat kesalahan, karena bagaimanapun tidak ada manusia yang lepas dari salah.

6. Mengendalikan Emosi

Bersosialisasi dengan orang banyak akan menimbulkan presepsi yang berbeda. Maka dari situlah kita harus pandai-pandai mengendalikan emosi. Jangan biarkan karena amarah, membuat diri sendiri menjadi orang bodoh dan tidak terkendali. Ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan, selain meladeni orang ngeyelan, misalnya.

7. Berkepribadian Baik

Walaupun kita selalu berkata, "Aku adalah orang baik", tapi hal itu tidak serta-merta menjadikan kita orang baik, karena yang berhak menilai kita adalah orang lain.

Apa yang kita tulis dan tuangkan akan dinilai orang lain. Maka, berhati-hatilah dalam bertindak, karena apa yang kita ucapkan dan tuliskan akan mencerminkan diri kita sendiri.

8. Pelajari Penggunaan Tanda Baca

Berkomunikasi online membuat kita mau tidak mau harus mempelajari tanda baca, apalagi kalau kita harus berkomunikasi secara profesional. Kamu tidak bisa keseringan memakai tanda seru atau huruf balok karena hal tersebut mencerminkan amarah atau makna perintah. Kamu tidak ingin kehilangan teman hanya karena kesalahpahaman seperti ini, kan? Jadi, mari belajar lagi.

Baca Juga: 8 Soft Skill yang Harus Kita Miliki di Era New Normal

Selain memahami tips berkomunikasi online, diatas dalam rangka menambah kemampuan berkomunikasi, kamu bisa mempelajarinya dari dialog-dialog antartokoh dalam novel lho!

Sekarang membaca novel tidak perlu ribet lagi. Cukup install aplikasi Cabaca. Kamu bisa membaca novel-novel keren langsung dari gawaimu, di mana pun dan kapan pun. [Lisma]