7 Sisi Positif Tidak Mudik - Pepatah mengatakan, ada hikmah di balik musibah. Begitu kiranya yang terjadi sekarang. Presiden sudah melarang mudik untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Daripada sedih, mari kita gali sisi positif tidak mudik ini. Apa sajakah itu?

1. Mengurangi Jumlah Kasus Positif Corona

Sumber: pixabay.com

Penyebaran Covid-19 sangat cepat. Kita juga tidak tahu, apakah di perjalanan nanti kita terbebas dari Corona. Karena untuk itulah, dengan ditiadakannya mudik, diharapkan masyarakat untuk tetap #dirumahaja dan membantu pemerintah atau petugas medis dalam mengurangi jumlah kasus positif Corona di Indonesia yang terus mengalami lonjakan.

2. Tidak Perlu Nyiapin Amplop Lebaran

Sumber: my-best.id

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu tradisi lebaran adalah dengan memberikan amplop, baik kepada keponakan, sepupu bahkan anak tetangga pun dikasih. Dengan tidak mudik, kamu bisa menyimpan uang saku itu untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat atau disedekahkan juga tidak apa-apa.

3. Tidak Khawatir Ditanya Kapan Lulus/Wisuda

Sumber: palingbrilian.com

Salah satu hikmah tidak mudik adalah kamu tidak akan khawatir ditanya kapan lulus atau wisuda. Jadi, kamu juga tidak perlu mencari tahu bagaimana jawaban yang tidak menyakiti hati keluarga besarmu.

4. Tidak Dapat Pertanyaan Kapan Nikah

Sumber: fabelio.com

Pertanyaan kapan nikah, pasti akan membuat jomblo sejagad raya terasa teriris sembilu. Sudah, jangan sedih. Pandemi ini mungkin membuatmu tidak mendapatkan pertanyaan semacam itu.

Baca Juga: 7 Hal untuk Dilakukan Jika Tidak Mudik Lebaran

5. Pertanyaan-pertanyaan Lain yang Membuat Hatimu Terasa Perih

Sumber: parenting.dream.co.id

Tidak bisa dipungkiri kalau mulut manusia adalah hal yang tidak bisa kita kendalikan. Kalau belum lulus kuliah, pasti ditanya, kapan mau lulus? Terus sudah lulus, akan ditanya lagi, kenapa belum menikah juga? Terus kalau sudah menikah, akan ditanya lagi, kapan mau punya momongan? Terus sudah dapat satu anak, akan ditanya lagi, kapan tambah momongan? Dan banyak lagi pertanyaan, yang rasanya tidak akan pernah ada putusnya. Jadi, mari rehatkan pikiranmu sejenak dari pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Anggaplah tahun ini, Tuhan menolongmu lewat tangan Presiden, yang tidak memperbolehkan untuk mudik.

6. Tidak Perlu Pamer Baju Baru

Sumber: m.fimela.com

Lebaran kali ini mengajarkan kita pada kesederhanaan. Karena Covid-19, perekonomian sulit, PHK di mana-mana dan kita harus menghemat uang. Uang yang seharusnya dibuat beli baju baru, bisa kita simpan untuk membeli keperluan pokok, seperti beras, sayur, ikan, buah-buahan, dan masih banyak lainnya.

7. Bisa Menghabiskan Waktu untuk Diri Sendiri

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Bagi yang pekerjaannya super padat, inilah saat yang tepat bagi kita untuk meluangkan waktu demi diri sendiri. Kamu bisa melakukan hobi, mengasah bakat dan minat, atau sekadar duduk-duduk untuk membaca buku atau menonton film.  

Baca Juga: Cara Membatalkan Tiket Kereta untuk yang Batal Mudik Karena Corona

Itulah tujuh sisi positif yang bisa kita dapatkan dari larangan mudik di tahun ini. Bisakah kamu menambahkan sisi positif lainnya? Di masa pandemi ini, kita diharuskan untuk meningkatkan imun. Dengan berpikir positif, insya Allah imun kita tidak akan menurun. Bahagiakan dirimu juga dengan membaca novel via daring. Install aplikasi Cabaca dan dapatkan novel beragam genre dari penulis-penulis kebanggaan Indonesia. Tunggu apa lagi? Yuk, baca-baca aja dulu di Cabaca! [Lisma]

Baca novel GRATIS 100% pada jam baca nasional, hanya di Cabaca!