7 Rekomendasi Penyalur Qurban Online-Pada tahun 2022, Hari Raya Idul Adha diperingati hari Sabtu tanggal 09 Juli. Biasanya setelah salat, kita akan menyembelih hewan qurban, baik sapi, kambing, unta maupun lainnya.

Biasanya saat itu, banyak orang berlomba-lomba untuk berqurban. Nah, berikut adalah beberapa penyalur qurban online yang bisa kamu coba. Namun, sebelumnya kamu sudah tahu apa sih sebenarnya hukum  qurba itu?

Ihatec

Bagaimana Hukum Qurban?

Hukum qurban adalah Sunnah Muakkad bagi mazhab Syafi’I dan Maliki. Sedangkan bagi mazhab Hanafi dan Hambali, hukumnya wajib bagi yang mampu dan bermukim atau menetap di suatu tempat dalam kuran beberapa waktu.

Seringnya di Indonesia melakukan qurban sapi dan kambing. Harga sapi qurban 2022 sekitar Rp 17.000.0000, sementara harga kambing qurban 2022 sebesar kurang lebih Rp 1.250.000 – Rp 2.000.000.

Baca juga: 10 Tradisi Idul Adha Unik, Apakah di Daerahmu Ada?

Rekomendasi Penyalur Qurban Online

Biasanya pembelihan qurban dilakukan melalui masjid maupun badan terkait, tapi di zaman yang kian maju ini, ada banyak penyalur qurban online yang bisa kamu gunakan jasanya.

Cara qurban online umumnya yakni dengan memilih hewan kurban. Kemudian mengisi form yang diberikan. Sebelum membayar, baca niat qurban terlebih dahulu. Setelah itu, baru lakukan pembayaran. Berikut merupakan beberapa penyalur qurban yang bisa kamu coba:

1.   Rumah Zakat

Republika

Kamu bisa melakukan pembelian hewan kurban di situs https://www.rumahzakat.org/I/superqurban/. Rumah Zakat memberikan opsi menarik bagi peminatnya, yakni Superqurban. Dengan adanya program ini, hewan qurbanmu akan diolah menjadi kornet ataupun rendang.

Hal ini sangat berguna untuk mendistribusikan bagi orang tidak mampu ataupun membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19.

2.   Dompet Dhuafa

Kitabisa

Kamu bisa mengunjungi https://kurban.dompetdhuafa.org untuk membeli hewan qurbanmu. Situs ini sudah ada sejak tahun 1994 dan terdiri dari berbagai macam hewan kurban.

Kamu bisa menjadikannya salah satu opsi untuk menyalurkan hewan kurban kamu loh!

3.   Global Qurban

globalqurban.com

Situs https://globalqurban.com menyediakan daftar hewan qurban yang bisa kamu pilih. Dalam situs ini, juga disertai dengan laporan hewan yang telah disembelih. Global Dhuafa telah menjangkau 49 negara dan 34 provinsi di Indonesia.

Tak hanya penyalur hewan qurban, Global Qur'an juga bisa memberikan layanan aqiqah, tabungan qurban, qurban progresif, dll.

4.   Rumah Amal

Kumparan

Website https://kurban.rumahamal.org juga menyediakan fasilitas penyalur hewan qurban. Selain bisa berqurban sapi atau kambing, kamu juga bisa berqurban unta yang nantinya akan disembelih di luar negeri.

Dalam website ini pula, kamu bisa melakukan tabungan qurban loh! Namun, kamu harus membaca ketentuan layanan qurbannya dulu ya!

5.   Qurban Kitabisa

kitabisa.com

Selain membantu fakir miskin, kitabisa juga menyalurkan hewan kurban lewat website https://qurban.kitabisa.com Hewan kambingnya mempunyai rentang harga sekitar Rp 1.500.000 sampai Rp 1.800.000, sedangkan kurban sapi mulai dari harga Rp 12.600.000.

Dengan kurban di Kitabisa, segala prosesnya dilakukan secara syariah, tepat sasaran dan transparan.  Sangat cocok untuk dijadikan penyalur  qurban bukan?

6.   Syamil Aqiqah

syamilaqiqah.com

Penyalur hewan kurban lainnya yaitu https://syamilaqiqah.com/g-ads-tebar-qurban Program ini mempunyai moto Menebar Daging Qurban dari Kota ke Desa, yang mana penyalurannya akan dilakukan sampai ke pelosok.

Situs ini menjanjikan hanya memberikan hewan sehat, langsung dari peternaknya. Selain itu, kamu juga mendapatkan banyak bonus, seperti sertifikat, boneka, ongkir dan kandang.

7.   Baznas

pikiran-rakyat.com

Pada website https://baznas.go.id/kurban kamu bisa memercayakan hewan kurbanmu. Situs ini langsung dikelola oleh pemerintah Indonesia. Baznas sendiri singkatan dari Badan Amil Zakat Nasional. Segalanya akan dikelola dengan baik mengingat pengolahannya berasal dari pemerintahan.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Idul Adha 2021

Itulah tujuh badan penyalur kurban yang bisa kamu pilih untuk hewan qurbanmu nanti. Biasanya saat qurban kamu akan memperoleh banyak inspirais  cerita karena akan ada banyak tradisi unik saat perayaannya. Kamu bisa menuangkan ide cerita itu dalam Fitur Karya di Cabaca.

Fitur Karya merupakan fitur terbaru Cabaca yang memungkinkan user untuk menulis cerita apapun secara bebas dan memiliki kesempatan untuk di monetisasi. Caranya juga sangat mudah! Kamu tinggal masuk di aplikasi Cabaca lalu klik tombol plus (+) di bagian pojok kanan bawah, dan kamu sudah bisa mulai menulis deh!

Baca novel Indonesia di Cabaca