Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan nama Arswendo Atmowiloto. Selain dikenal sebagai wartawan, pria bernama asli Sarwendo tersebut juga dikenal sebagai penulis yang telah banyak menerbitkan buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Pada 19 Juli 2019 lalu Arswendo diberitakan meninggal dunia pada usianya yang ke-70 lantaran kanker prostat yang dideritanya.

Untuk mengenang beliau, Cabaca akan memberikan rekomendasi bacaan yang merupakan karya penulis kelahiran 26 November 1948 di Surakarta tersebut. Simak 7 Karya Arswendo Atmowiloto yang Wajib Dibaca berikut ini.

Baca Juga: 7 Tipe Pembaca Berdasarkan Karakter Disney Princess Favorit

1. Keluarga Cemara

Bisa dibilang, ini adalah karyanya yang paling dikenal. Serial yang juga pernah dimuat di majalah Hai, dijadikan sinetron, bahkan diangkat ke layar lebar ini berkisah tentang Abah dan keluarga intinya dalam menghadapi berbagai persoalan.

Sumber: entertainment.kompas.com

Film Keluarga Cemara sendiri telah tayang pada tahun 2018 lalu dengan menampilkan sejumlah artis kenamaan seperti Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT 48, Asri Welas, dan masih banyak lagi.

2. Canting

Belum lengkap rasanya kalau kalian belum pernah baca novelnya yang ini. Canting berkisah tentang Ngabehi Sestrokusumadan putri bungsunya Ni alias Subandini Dewiputri Sestrokusuma dalam menghidupkan usaha batik tradisional di masa sebelum dan sesudah kemerdekaan.

Sumber: goodreads.com

Sebelumnya, novel ini diterbitkan pertama kali sebagai cerita bersambung "Sebuah Roman Keluarga" di harian Kompas.

3. Senopati Pamungkas

Suka dengan cerita pendekar? Mungkin kamu akan menyukai serial yang satu ini.

Sumber: bukalapak.com

Berlatar zaman Majapahit, Senopati Pamungkas akan membawamu pada petualangan senopati pilihan dalam usahanya mencapai pangkat sebagai mahapatih, jabatan tertinggi di kerajaan sesudah raja.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Novel Beranda Kenangan Layak Dibaca untuk Mengenang Kerusuhan Mei 1998

4. Dua Ibu

Sebuah kisah dari Arswendo Atmowiloto yang mengharu biru. Novel ini bercerita tentang kisah kasih seorang ibu yang membesarkan sembilan orang anak yang berasal dari orang tua yang berbeda-beda. Anak itu tidak lahir dari rahimnya, tidak pula anak suaminya dari perempuan lain.

Sumber: goodreads.com

5. Menghitung Hari

Arswendo Atmowiloto pernah masuk bui pada tahun 1990. Saat itu sedang menjabat sebagai pemimpin redaksi tabloid Monitor. Tabloid Monitor menampilkan hasil jajak pendapat atau survei tentang tokoh yang paling dikagumi pembacanya. Kala itu, hasil surveinya menunjukkan bahwa Soeharto mendapat urutan pertama. Arswendo sendiri rupanya menjadi tokoh dengan urutan ke-10, satu tingkat di  atas Nabi Muhammad yang terpilih menjadi tokoh ke-11. Karena dianggap sebagai salah satu bentuk 'penistaan' agama, Arswendo pun divonis hukuman lima tahun penjara.

Sumber: amazon.com

Arswendo menceritakan pengalamannya, yang juga dibumbui humor, ke dalam buku ini dan beberapa karya anekdotnya.

6. Mengarang Itu Gampang

Apakah kamu sedang mencari buku panduan menulis dalam bahasa Indonesia? Karya Arswendo Atmowiloto ini bisa jadi salah satu jawabannya.

Sumber: goodreads.com

Dalam edisi terbarunya disebutkan,  buku ini merupakan buku mengarang yang paling sering dicetak ulang (lebih dari  cetakan ke-10), paling banyak dikomentari, atau disebut dalam pembicaraan. Selain Mengarang Itu Gampang, ia juga merilis Mengarang Novel Itu Gampang dan edisi Mengarang Itu Gampang (+Menulis Skenario dan Laku).

7. Barabas

Ada satu karya terakhir yang sedang dipersiapkan oleh Arswendo Atmowiloto, tetapi hingga tulisan ini dibuat, belum resmi diterbitkan sampai akhirnya maut mendahuluinya. Judulnya Barabas. Barabas sendiri diambil dari cerita dalam Alkitab. Ceritanya tentang seorang narapidana bernama Barabas, yang lalu dibebaskan dari hukuman mati saat kehadiran Yesus Kristus. Belum diketahui pasti apakah drafnya akan diterbitkan. Namun, jika ternyata terbit, maka novel Barabas akan menjadi karya Arswendo Atmowiloto yang paling ditunggu.

Sumber: tirto.id

Baca Juga: Jam Baca Nasional: Cara Baca Novel Gratis di Cabaca Gak Pakai Mikir!

Demikianlah ketujuh Karya Arswendo Atmowiloto yang Wajib Dibaca. Dari ketujuh karya yang direkomendasikan Cabaca tersebut, mana nih yang bikin kalian tertarik?

Kalau suka nulis novel dan ingin jadi penulis hebat seperti Arswendo Atmowiloto, yuk gabung di Cabaca.id yuk! Soalnya selain bisa baca novel gratis yuk di Cabaca kamu juga bisa menulis dan mendapat penghasilan!

Install aplikasi Cabaca di Play Store!

Download aplikasi Cabaca di Google Play untuk baca gratis!