7 Hal Yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Buka Puasa

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Buka Puasa-Menunggu waktu berbuka tiba adalah hal yang umat muslim sering alami di bulan ramadhan. Sebenarnya banyak yang bilang bahwa menunggu waktu berbuka adalah hal nikmat karena sensasinya luar biasa.

Meski begitu, jika hanya menunggu sambil bengong dan tidur-tiduran, tentu kamu akan merasa bosan kan? Makanya kamu juga harus melakukan beberapa hal agar waktu  menunggumu lebih berfaedah dan menyenangkan

Baca Juga : Jadwal Imsakiyah 1443 H/2022 Lengkap 35 Kota Seluruh Indonesia

7 Ide Ngabuburit Sambil Menunggu Buka Puasa

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sambil menunggu  buka puasa tiba!

1. Jalan-jalan Berkeliling

st4.depositphotos.com

Jalan-jalan berkeliling sambil menikmati udara segar adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka. Kamu bisa jalan-jalan naik motor atau mobil dengan kaca yang terbuka.

Pastikan kamu bisa menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi. Nah, biasanya jalan-jalan kayak gini bikin kamu gak kerasa waktu sudah berjalan lama. Pas kamu pulang dari jalan-jalan, tiba tiba udah waktu buka aja deh.

2. Membaca Al-Qur'an

encrypted-tbn0.gstatic.com

Wah kalau ini  auto pahalanya dobel-dobel. Menunggu waktu berbuka adalah sebuah penantian yang bernilai ibadah, apalagi jika nunggunya dibarengi ibadah yang lain lagi.

Biasanya waktu yang diperlukan untuk membaca satu juz al-qur'an adalah 30-45 menit. Jadi, kira-kira kamu sanggup membaca berapa juz nih?

Baca Juga : Sambut Ramadhan, Apa Saja Keutamaan Salat Tarawih?

3. Membaca Novel Digital Islami

encrypted-tbn0.gstatic.com

Eits, kata siapa membaca  novel tidak bernilai ibadah? Kamu bisa membaca novel-novel islami yang akan banyak memberimu pelajaran dan cerita-cerita seru.

Apalagi membaca novel tidak membutuhkan  effort yang banyak untuk tenagamu yang terbatas saat berpuasa. Kamu juga gak perlu repot-repot mencari dimana novel islami yang bagus. Di aplikasi Cabaca, kamu bisa membaca banyak banget novel-novel islami yang seru loh! Asyik banget, kan?

winudf

Kamu juga bisa membaca novel-novelnya secara gratis. Tapi jangan lupa download dulu aplikasinya di playstore atau klik disini.

4. Ikut Kajian

gstatic.com

Saat ramadhan banyak sekali kajian yang bisa kamu ikuti,  baik secara  online maupun offline. Kamu bisa ikut salah satunya untuk mengisi waktu sambil menunggu saat berbuka tiba.

Jika beruntung, saat mengikuti  kajian offline biasanya disediakan juga takjil dan menu berbuka gratis yang bisa kamu nikmati.

5. Berkebun

gstatic.com

Nah, kegiatan satu ini bisa bikin kamu healing juga loh! Penelitian dari Priceton Environmental Institute menyatakan bahwa berkebun bisa membuat seseorang bahagia dan tenang.

Sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka, kamu bisa merawat tanamanmu. Mulai dari menyiram, memotong daun kering, membersihkan tanahnya, merapikan penataannya, dan masih banyak lagi!

6. Recook Resep Kekinian

img.freepik.com

Saat ramadhan tiba, pasti banyak resep-resep baru bermunculan. Kamu bisa memilih salah satu menu yang paling kamu suka dan mulai me-recook-nya. Apalagi jika masakan mu matang pas saat waktu berbuka tiba, bisa auto santap deh.

Jika tidak ingin recook masakan yang ribet, kamu bisa mulai recook masakan yang sederhana  seperti cookies atau dessert tertentu. Seru, kan?

7. Menelfon Teman

live.staticflickr.com

Silaturrahim gak harus menunggu idul fitri tiba, ya. Kamu bisa mulai  menelfon teman-temanmu untuk bersilaturahim sejak ramadhan loh. Bahkan kamu bisa menelfonnya sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka tiba.

Kamu bisa mengobrol banyak hal, mulai dari ide outfit lebaran, membahas buka bersama, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 6 Ide Outfit Lebaran Tahun 2022

Nah, kira kira ide ngabuburit mana yang ingin kalian lakukan? 7 hal tadi bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Baca novel Indonesia di Cabaca