7 Hal Mencengangkan yang Bisa Terjadi Kalau Semua Orang Pakai Aplikasi Love Alarm - Apa jadinya kalau ada aplikasi yang bisa mendeteksi perasaan orang? Kayak di serial drama Netflix, Love Alarm. Diceritakan ada sebuah aplikasi yang bisa mengetahui siapa saja orang yang menyukaimu dalam jarak 10 meter. Aplikasi tersebut bernama Love Alarm (Joalarm). Dengan aplikasi tersebut, penggunanya bisa mengungkapkan perasaan secara otomatis tanpa perlu menyatakan.

Love Alarm berkisah tentang seorang gadis tanpa orang tua, Kim Jojo (Kim So Hyun), yang hidupnya begitu menderita. Ia memiliki seorang kekasih tapi tak pernah benar-benar paham bagaimana rasanya dicintai. Sampai suatu hari aplikasi Joalarm memberi tahunya bahwa ada lelaki yang menyukainya. Ia bernama Hwang Sun Oh (Song Kang), model sekaligus anak artis dan pejabat.

Keadaan itu justru menimbulkan konflik di kemudian hari. Kim Jojo dihujat banyak orang karena memutuskan kekasihnya dan berpacaran dengan idola sekolah. Kehidupannya yang miskin juga seolah memberi dampak buruk bagi Sun Oh. Ditambah lagi, sahabat Sun Oh, Lee Hye Yeoung (Jung Ga Ram) ternyata lebih dulu menyukai Kim Jojo diam-diam.

Official Trailer Love Alarm (Netflix)

Dari sinopsis Love Alarm tersebut, sepertinya aplikasi yang disebut-sebut dalam serial yang diangkat dari webtoon Daum tersebut sangatlah menarik. Namun, pernahkah kamu membayangkan apa jadinya kalau Love Alarm dipakai oleh semua orang? Nih, Cabaca membayangkan bakal gini jadinya.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Novel Bumi Manusia yang Harus Kamu Ketahui

1. Perasaan Kita Jadi Mudah Diketahui

Jika semua orang di sekitar kita menghidupkan aplikasi Love Alarm-nya, kita bisa mengetahui perasaan orang lain dengan cara yang mudah. Kita bisa tahu dalam jarak dekat, siapa saja orang yang menyukai kita. Sebaliknya, apabila ada orang yang kita sukai dalam jarak 10 meter, orang tersebut dapat mengetahui perasan kita. Jadi, gak perlu repot-repot menyatakan cinta deh!

2. Merasa Risih untuk Menolak

Sumber: khophimhan.com

Memang menyenangkan kalau tahu ada orang lain yang menyukai kita. Namun, ada saat di mana kita merasa risih dengan kehadiran orang tersebut, entah karena orang itu bukan tipe kita atau kita punya hubungan yang rumit. Kalau sudah gitu, gimana caranya menolak? Mau menolak pun, orang lain bisa jadi udah terlanjur tahu...

3. Biasa Menikung? Kamu Akan dengan Mudah Ketahuan!

Sumber: kdramacrazy.com

Misalnya nih, kita suka sama seseorang yang udah jadi pacar orang lain. Kalau di novel teenlit pada umumnya kita bisa aja terus diam-diam suka. Tapi gimana kalau semua orang pakai aplikasi Joalarm ini? Salah-salah, walau kita gak melakukan apa-apa, kita bisa dianggap tukang nikung atau pelakor! Wah wah wah, apakah aplikasi ini bisa diterima di Indonesia?

Baca Juga: 6 Acara TVRI yang Diingat Anak 90-an

4. Proses Pedekate Jadi Terasa Singkat

On a very cold, cloudy day, I was just enamored by the beauty of the mountain with its peak obscured by the clouds.  The lake had frozen over just enough to reflect this incredible view.  Lots of images of Kirkjufell exist, but most are shot from the same perspective, so I ventured out onto the lake to see just how close I could get and if there was a different way to display its beauty.  I stood here for over an hour, in awe.
Sumber: kdramacrazy.com

Aplikasi ini tentu beda dengan aplikasi dating atau aplikasi blind date yang butuh proses. Kamu gak perlu basa-basi tanya makanan kesukaannya apa, sekolah di mana, dst. Cukup nyalakan aplikasi, tring tring tring, kamu bisa tahu perasaan satu sama lain! Proses pendekatan bisa dilakukan setelah menyatakan. Jadi terbalik gak sih?

5. Bagaimana dengan Perasaan yang Berubah?

Sumber: soompi.com

Hati orang siapa yang tahu. Suatu saat bisa jadi hati kita bisa berubah. Celaka dua belas jika pasangan kita tahu bahwa Love Alarm-nya tak lagi berbunyi (yang menandakan bahwa kita sudah tidak mencintainya). Iya kalau masih pacaran, kalau sudah menikah? Bahaya juga kalau angka perceraian meningkat hanya karena pakai aplikasi semacam ini.

Sumber: khophimhan.com

6. Merasa Desperate Kalau Aplikasi Love Alarm Kita Tidak Berbunyi

We were on our medical mission trip in Sitio Linyama, Bongabong, Oriental Mindoro, Philippines when I saw this family arrive to the place where they dump all the bananas they have collected from the mountains. They sell these for P20.00 ($0.40) per bundle of bananas. They will use the money to buy rice to feed their stomachs for the day. What stirs me in this photo is how happy they still look after a long day of hard work. That just melts my heart.
Sumber: www.dramabeans.com

Melihat notifikasi aplikasi Joalarm yang dipakai orang lain berbunyi terus, sementara HP kita terasa sunyi, bisa membuat kita harap-harap cemas. Padahal bisa jadi memang belum waktunya untuk bertemu dengan seseorang yang kita cintai dan mencintai kita juga. Nah, sayangnya, ada orang-orang yang berpotensi depresi bahkan bunuh diri karena merasa sendiri dan tak dicintai lho!  

7. Penyuka Sesama Jenis Harus Siapkan Mental!

lancaster pride 2017
Photo by Joshua Stitt / Unsplash

Di beberapa negara lesbian, gay, bisexual, dan transgender (LGBT) mungkin sudah dapat diterima oleh masyarakatnya. Seandainya aplikasi ini ramai digunakan pun rasanya tak akan jadi masalah. Yang gawat adalah jika aplikasi ini digunakan dalam lingkungan masyarakat yang agamis dan anti-LGBT. Pengguna yang menyukai sesama jenis rasanya tidak dapat menggunakan aplikasi ini secara terang-terangan.

Baca Juga: Lomba Menulis Novel Cabaca 2019: Kontes K-Pop Fanfiction

Kurang lebih begitulah analisis singkat dari Cabaca jika aplikasi Love Alarm benar-benar dipakai semua orang di dunia! Yang baru baca sinopsis Love Alarm, ada baiknya kalau kamu nonton serialnya juga di Netflix, karena telah tayang perdana pada 22 Agustus 2019 lalu.

Kalau aplikasi baca novel gratis yang aman dan legal ya cuma Cabaca.id! Gak bakalan deh bikin kamu waswas! Gak punya kerang gratis pun bisa tetap baca sepuasnya dengan fitur Happy Hournya Cabaca di Jam Baca Nasional. Buruan install aplikasi Cabaca di Play Store!

Jam baca nasional bisa baca novel gratis sepuasnya!