7 Film Tentang Penulis-Pernahkah kamu merasa bahwa sudah banyak novel yang kamu tuliskan, tapi kenapa kehidupanmu begini-begini saja? Kenapa kamu tidak seperti mereka yang bisa meraup puluhan juta dari novel-novelnya?

Menjadi penulis memang tidak semudah membalikan telapak tangan, apalagi di negara yang tingkat membacanya masih minim sekali. Setiap orang mempunyai perjalanan kepenulisannya masing-masing.

Ada dari satu novel langsung melejit. Ada pula yang menulis banyak novel, tapi tidak kunjung mendapatkan seperti yang diinginkan. Oleh karena itu, belajar kepenulisan dari film sepertinya juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan!

Rekomendasi Film yang Harus Penulis Tonton!

Berikut adalah beberapa rekomendasi film tentang penulis yang bisa kamu tonton!

1.      Vita & Virginia (2019)

The New York Times

Film tentang penulis ini menceritakan tentang dua novelis yang bertemu dan persahabatan mereka semakin intens. Mereka membuat buku berjudul Orlando: A Biography. Film ini menggambarkan proses mereka dalam menyusun buku, sekaligus menceritakan latar tahun 1920.

2.      Can You Ever Forgive Me? (2018)

The Guardian

Can You Ever Forgive Me terinsipirasi dari catatan harian Lee Israel. Dalam karier kepenulisan, Israel merupakan penulis biografi, tapi pada tahun 1993, sebuah kasus menyandungnya.

Israel diduga telah melakukan pencurian dan perdagangan gelap antarnegara bagian. Film ini menceritakan tentang bagaimana Israel bangkit dari kasus tersebut.

Baca Juga: 8 Film Tentang Kehidupan Penulis yang Menginspirasi
3.      Colette (2018)
Time

Film tentang novelis ini menceritakan tentang Prancis Sidonie-Gabrielle Colette. Konflik utamanya yakni pengalaman Colette dalam menikahi Willy. Suatu hari Willy ingin Colette menuliskan tentang dirinya sewaktu kecil.

Buku pertama ini laris manis. Lalu dimulailah prahara itu, Willy menghendaki Colette menulis sekuel novelnya. Karena hal tersebut pulalah, Colette dikunci dalam kamar supaya tulisannya itu cepat selesai.  

4.      Mary Shelley (2018)

Storgy Magazine

Mary Shelley menceritakan tentang kisah seorang perempuan bernama Mary Godwin. Suatu ketika, Mary Godwin menuliskan novel fenomenal tentang meletusnya Gunung Tambora di Indonesia. Namun, perjalannya tidaklah mudah, terlebih sikap skeptis Eropa terhadap anggapan perempuan tidak bisa menulis.

5.      Queen of the Desert (2015)

Variety

Gertrude Bell merupakan seorang pengelana, penulis, arkeolog, penjelajah, fotografer, dan pejabat politik Inggris. Suatu hari dia berkenalan dengan pegawai kedutaan.

Mereka pun menjadi sepasang kekasih, tapi sayangnya hubungan keduanya ditentang oleh keluarga. Karena hal tersebutlah, sang kekasih bunuh diri. Bell yang patah hati, menjelajah ke berbagai tempat.

6.      Testament of Youth (2014)

Liputan6.com

Perang membuat segalanya menjadi sulit, termasuk Vera Brittain. Suatu ketika, Vera yang juga merupakan seorang penulis, perawat, sosialis dan feminis menuliskan kisahnya dalam Perang Dunia I, menjadi sebuah memoar. Kemudian dari memoar itu, diadaptasi menjadi film berjudul Testament of Youth.

7.      Kill Your Darling (2013)

The New York Times

Beat merupakan komunitas penulis. Pada suatu ketika, terjadi pembunuhan yang dilakukan Lucien Carr, aktor kunci dari terbentuknya Beat. Kemudian Allen Ginsberg, Carr, Kerouac dan Buroughs pun menguraikan segala peristiwa yang terjadi.

Baca  Juga: 8 Drakor tentang Penulis, Penulis Wajib Nonton!

Itulah 7 film tentang penulis yang bisa kamu tonton dikala merasa betapa susahnya dunia kepenulisan ini. Jika kamu memang tertarik dalam dunia kepenulisan, kamu bisa mencoba menulis naskahmu di Cabaca! Saat ini Cabaca memiliki Fitur Karya!

Fitur Karya merupakan fitur terbaru Cabaca yang memungkinkan user untuk menulis cerita apapun secara bebas dan memiliki kesempatan untuk di monetisasi. Caranya juga sangat mudah! Kamu tinggal masuk di aplikasi Cabaca lalu klik tombol plus (+) di bagian pojok kanan bawah, dan kamu sudah bisa mulai menulis deh!

Baca novel Indonesia di Cabaca