Pernah baca novel-novel karya Winna Efendi kayak Refrain, Remember When, Unforgettable, dan sebagainya? Kepikiran bisa nulis cerita bagus dan jadi penulis yang disukai pembaca seperti Winna Efendi? Bergembiralah, Cabaca mengajak Winna Efendi buat sharing pengalamannya sebagai penulis dalam sebuah kumpulan artikel bertajuk Moving Cursor. Kerennya lagi, di dalamnya ada banyak tips menulis novel yang bisa kamu praktikkan sebelum daftar jadi penulis resmi Cabaca, hehehe. Karena itulah, merupakan alasan kenapa harus baca kumpulan artikel Moving Cursor dari Winna Efendi.

Manfaatkan kesempatan belajar nulis bareng Winna Efendi!

1. Ditulis Berdasarkan Pengalaman Winna Efendi

Untuk bisa bertahan dalam dunia penulisan, tentu tidaklah mudah. Selalu ada masa-masa sulit menemukan ide, tulisan yang mandeg, bahkan penolakan. Dalam Moving Cursor, Winna Efendi bakal sharing soal jatuh bangunnya dalam melahirkan banyak karya.

pengantar dari Winna Efendi dalam artikel pertamanya di Cabaca.id

2. Disiapkan Secara Terstruktur Khusus Calon Penulis

Kalau sudah baca artikel pertama Moving Cursor, kamu pasti akan tahu bahwa artikel satu sama lain memang sengaja dibuat berkaitan. Hal ini penting sebagai teman bagi perjalanan kamu sebagai penulis. Secara rutin, Winna Efendi bakal ngebahas bagaimana 'menggerakkan kursor' dimulai dari hal yang paling mendasar, yakni mencari ide, menentukan karakter, menyusun plot, dan seterusnya.

Baca Juga: Cara Menjadi Penulis Resmi di Cabaca

3. Banyak Tips Menulis Menarik

Karena ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, Moving Cursor juga mengandung banyak tips menulis menarik yang dapat dipraktikkan. Misal, dalam 'memancing ide', kita harus menyiapkan kail dan umpan. Ide tidak datang dengan sendirinya. Ada beberapa hal yang dapat menjadi inspirasi dalam menulis, contohnya lagu-lagu yang kita sukai, tempat terfavorit yang pernah didatangi, dan masih banyak lagi.

Sssst... Nanti juga ada bakal banyak trik menulis novel yang membuka wawasan kita, termasuk di dalamnya membentuk karakter dan langkah menyusun plot!

4. Terdapat Rekomendasi Bacaan dan Film

words of knowledge
Photo by Christin Hume / Unsplash

Pada hampir semua media sosialnya, Winna Efendi memang kerap berbagi referensi buku yang dibacanya atau film yang telah ditontonnya. Hal serupa juga dilakukannya dalam Moving Cursor. Beberapa buku yang pernah disebutkannya di antaranya Fangirl-nya Rainbow Rowell, The Road karya Cormac McCarthy, dan lain-lain. Bagaimana dengan film atau serial? Sebaiknya baca langsung aja yuk di Cabaca.

5. Bacanya Praktis!

Seperti lumrahnya baca buku digital, baca artikel dari Winna Efendi juga jadi lebih mudah dan praktis di Cabaca. Kamu gak perlu jauh-jauh atau bermacet-macetan ke toko buku. Tinggal aktifkan internet atau terkoneksi WiFi, langsung bisa baca! Dibawa travelling pun mudah, sebab semuanya hadir dalam satu ponsel. Sebisa mungkin segera download aplikasi Cabaca ya.

6. Berinteraksi Langsung dengan Winna Efendi

tulis komentar di Cabaca bisa dapat kerang~

Hal yang paling menyenangkan dari terkoneksi secara daring atau online adalah kita bisa berkomunikasi dan tanya langsung dengan penulisnya--sesuatu yang sulit terjadi dahulu kala. Kalau dulu, kita harus menulis surat atau bertemu langsung jika ada pertanyaan, kini kita bisa menanyakan sesuatu dengan lebih mudah.

Oya, Winna Efendi juga terbuka lho dengan pertanyaan-pertanyaan dari calon penulis kece kayak kamu. Mana tahu bisa dijawab pada artikel berikutnya. Inilah alasan kenapa harus baca kumpulan artikel Moving Cursor dari Winna Efendi.

7. Bisa Dibaca Gratis!

Kalau kamu perhatikan dengan saksama, Moving Cursor di Cabaca dapat kamu baca secara langsung, GRATIS, tanpa perlu menukarkan stok kerangmu. Wah! Yang perlu kamu lakukan adalah berlangganan buku tersebut dan menantikan artikel barunya tiap bulan sekali.

Maka dari itu, manfaatkan kesempatan ini ya.

Baca gratis di Cabaca

Baca Juga: Jam Baca Nasional: Cara Baca Novel Gratis di Cabaca Gak Pakai Mikir!

Sudah tahu kan alasan kenapa harus baca kumpulan artikel Moving Cursor dari Winna Efendi? Kalau kamu tertarik baca bukunya, segera buka Cabaca baik melalui website ataupun aplikasinya. Bikin akun dulu, habis itu search Moving Cursor deh.

Selain tips menulis, di platform Cabaca kita juga bisa baca novel dengan berbagai macam genre. Tinggalkan tukarkan saldo kerang dengan bab-bab yang ingin dibaca. Kerangnya bisa dibeli dengan potong pulsa atau transfer. Eit, bisa dapat kerang gratisan juga lho! Cari tahu caranya di sini.

Install aplikasi Cabaca di Play Store untuk baca lebih mudah dan seru.

Jadilah yang pertama baca update Moving Cursor!