6 Rekomendasi Sayur untuk Ketupat Lebaran-Ketupat dan lebaran rasanya tidak bisa dipisahkan. Keduanya adalah tradisi kita sebagai masyarakat Indonesia. Pada sebagian kota, ketupat disajikan ketika hari raya idul fitri, tapi sebagian lagi, baru membuatnya ketika lebaran ketupat.

Apa Itu Lebaran Ketupat?

Lebaran ketupat adalah lebaran yang biasanya dimulai pada tanggal 8 Syawal dan tidak mempunyai batas akhir selagi masih bulan Syawal. Umumnya, sebuah keluarga akan memasak ketupat.

Lalu ketupat itu akan disajikan dengan lauk atau sayur mayur. Setelahnya mereka akan membagikan kepada tetangga. Ketupat lebaran merupakan tradisi. Boleh dilakukan maupun tidak. Kamu juga tidak akan mendapatkan dosa apabila melanggarnya.  

Baca Juga: 10 Tradisi Lebaran di Dunia, Mana Paling Unik?

Rekomendasi Sayur Untuk Ketupat Lebaran

Untuk membuat ketupat lebaran hari raya yang lebih bervariasi, berikut merupakan rekomendasi sayur untuk ketupat lebaran:

1.  Sayur Labu Siam

Food Detik

Kamu bisa makan ketupat dengan membuat sayur labu siam. Caranya tidak rumit. Kamu hanya perlu membersihkan labu dan mengirisnya tipis-tipis. Lalu iris juga bahan pelengkapnya yang terdiri dari cabe, kacang panjang, tempe, udang dan sebagainya.

Setelah itu campurkan semua bahan tersebut dengan bumbu yang sudah disedikan. Tambahkan santan supaya tambah enak. Sangat mudah, bukan?

2.  Sayur Pepaya Muda

resepkoki.co

Selain labu siam, pepaya muda juga sangat enak untuk dijadikan sayur ketupat. Caranya cukup mengiris pepaya menjadi tipis-tipis. Untuk menambahkan cita rasa, kamu bisa menambah tetelan sapi. Kamu juga bisa menambahkan gorengan tempe. Campurkan semuanya ke dalam bumbu dan tambahkan dengan santan.

3.  Sayur Rebung

Liputan6.com

Ini nih sayur favorit Micin. Rebung. Cara masaknya juga sama dengan lainnya. Rebung bisa kamu iris tipis atau bundar besar-besar. Kalau Micin sih suka yang irisnya besar. Kalau dimakan supaya lebih terasa dan lebih kres, kres, gitu. Sayur rebung bisa dicampurkan dengan kacang muda, udang serta telur.

Baca Juga: 8 Menu Lebaran Sehat yang Wajib Dicoba

4.  Sayur Nangka

resepkoki.id

Ketupat dipadukan dengan sayur nangka adalah makanan khas orang Padang. Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu nangka muda, kacang panjang, dan daun kol.

Untuk bumbunya kamu bisa menghaluskan cabe merah keriting, cabe rawit, kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, kapulaga, kunyit, gula dan garam. Tumis seluruh bumbu dan masukan nangka muda serta kelengkapannya.

Kamu pun bisa menikmati ketupat sayur nangka dengan lauk lain, seperti rendang, telur balado, dan lain-lain.

5.  Sayur Kubis

Dijelas.in

Tahu enggak kalau kubis bisa menjadi sayuran yang nikmat untuk teman ketupat? Cara memasaknya pun tidak memerlukan banyak waktu.

Kamu hanya memerlukan kubis secukupnya, tahu putih dan ayam. Lalu campurkan semua bahan itu dengan kari. Rasanya akan sangat enak. Micin sudah coba dan suka sekali.

6.  Sayur Kacang Panjang

selerasa.com

Kacang panjang juga enak dimakan dengan ketupat. Terlebih dahulu siapkan bumbu yang terdiri dari bawang merah, terasi udang, cabe merah, kunyit, jahe, bawang putih, dan bahan lainnya. Haluskan seluruh bahan.

Lalu tumis dan tambahkan air. Setelah bumbu mendidih, masukan kacang panjang. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan irisan daging atau teluh puyuh.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Lebaran yang Unik dan Wajib Kamu Coba

Itulah 6 menu ketupat lebaran komplit yang bisa kamu coba. Sembari memakan ketupat, kita baca novel aja, yuk.  Install Cabaca dan dapatkan novel menarik setiap harinya. Tak hanya itu, Cabaca juga memberikan jaminan novel kurasi untuk setiap  novel  yang diterbitkan!

Novel terkurasi akan membuat pengalaman membaca lebih menyenangkan dan berkualitas. Temukan novel-novel digital terkurasi  di aplikasi Cabaca! Coba baca aja dulu novel-novelnya di sini. [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca